Umbul Ponggok, Snorkeling di Sumber Mata Air Tawar

TravelTodayIndonesiaTidak jauh dari Yogyakarta atau tepatnya di Klaten Provinsi Jawa Tengah terdapat kolam besar yang dibuat sejak jaman belanda yang merupakan sumber mata air. Dahulu biasa digunakan sebagai sarana pengairan lahan tebu dan aktivitas warga sehari – hari.

Setelah lama tidak digunakan lagi oleh masyarakat sekitar dijadikan tempat wisata yang saat ini terkenal dengan nama Umbul Ponggok. Namanya sendiri diambil dari kata Umbul yang berarti Sumber Mata Air dan Ponggok ialah nama desa setempat.

LokasiJl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
Jam Buka08.00 – 16.00 WIB
Harga Tiket MasukRp 5.000 per orang
Peta Rute WisataGoogle Maps

Snorkling Air Tawar di Umbul Ponggok

Tujuan utama wisatawan datang ketempat ini salah satunya untuk Snorkeling, karena selain airnya yang jernih, Umbul Ponggok juga memiliki kolam bawah air yang indah, pasir, bebatuan dan ikan yang beraneka ragam melengkapi keindahan ditempat ini. Memiliki kedalaman 1,5 – 4 meter membuat kolam ini menjadi tempat ideal bagi pengunjung yang ingin ber-snorkeling.

Sebagai penunjang aktivistas snorkeling di tempat ini juga disediakan peralatannya yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau, mulai Rp 5.000. Jika tertarik untuk mengabadikan kegiatan selama di bawah air menggunakan smartphone, ditempat ini juga menyediakan peralatan seperti kantong anti air untuk smartphone. Jika lupa tidak membawa  smartphone maka ada kamera under water yang siap disewa dengan harga mulai Rp 60.000.

Umbul Ponggok 2

Aksesoris seperti televisi, kursi taman, sepeda, hingga kendaraan bermotor juga disewakan di tempat ini sebagai aksesoris didalam air, keren bukan? jasa prewed pun menjadi salah satu yang favorit. Dengan tarif mulai dari Rp 1,500,000 calon pengantin bisa membuat foto prewed yang tidak biasa.

Banyaknya ikan yang ada di kolam ini memberi sensasi seperti berada di dasar laut sungguhan, namun tidak perlu kuatir bagi yang ingin bermain air di umbul ini takut badannya ber-bau amis karena sumber mata air yang mengalir deras dari dasar kolam membuat air bersikulasi dengan baik sepanjang waktu. Ditengah Umbul Ponggok terdapat mata air yang sampai sekarang masih menyemburkan air bersih, bila kita menyelam akan terlihat semburan pasir yang tidak lain adalah sumber mata airnya.

Umbul Ponggok 3

Selain sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkelling bisa naik perahu kayuh dan mengelilingi umbul. Sedangkan bagi anak-anak tersedia kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air.

Bagi pengunjung yang ingin melakukan pemotretan atau memanfaatkan Umbul Ponggok sebagai obyek photograghy sebaiknya datang pada hari Senin – Jumat mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB atau jika tidak ingin pagi hari maka bisa datang saat pukul 14.00 – 16.00 WIB. Pengambilan gambar pada waktu itu memungkinkan untuk mendapat hasil yang maksimal, selain tidak banyak pengunjung pada waktu tersebut cahaya yang dihasilkan oleh matahari dapat memperindah hasil jepretan. Berbeda jika diambil pada saat jam 12.00 selain terik cahaya yang tepat di atas kepala dapat merusak kejernihan air dan membias.

Umbul Ponggok Klaten

Fasilitas di Umbul Ponggok Klaten

Beberapa fasilitas yang ada di Umbul Ponggok Klaten ini, yaitu:

1. Tempat duduk dan Ruang Ganti

Umbul Ponggok menyediakan fasilitas seperti kursi untuk pengunjung duduk dapat kita jumpai di sekitaran bibir kolam. Selain itu juga ditempat ini juga disediakan banyak ruang ganti atau kamar mandi yang bisa kita gunakan untuk ganti pakaian maupun untuk buang air. Namun masing tempat ini dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga untuk mengguanaknnya wajib membayar.

2. Mushola

Di Umbul Ponggok ini juga juga sudah tersedia Mushola untuk kita melakukan ibadah. Tempatnya sendiri lebih ke belakang, sehingga jauh dari karamaian.

3. Tempat Makan

Untuk tempat makan dapat kita temukan di sekeliling kolam. Banyak tempat yang memberiakn sajian yang berbeda, dari Nasi, Gorengan, Minuman Panas, Minuman dingin, makanan sea food, ayam goreng / bakar, dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat makan, karena di dalam kawasan Umbul Ponggok itu sendiri sudah tersedia banyak pilihan yang apat kita pilih sesuai dengan selera kita.

4. Sewa Kamera

Salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Bagi wisatawan yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir, karena di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan Jika ingin pemotretan yang berkonsep, di tempat ini juga terdapat jasa pemotretan underwater dengan harga relatif murah.

5. Paket Prewedding

Tempat wisata Klaten Umbul Ponggok ini juga menyajikan paket prawedding . Di mana sesi dapat dilakukan di dalam air. Pastinya dengan melakuakn foto Prawedding di Umbul Ponggok akan memunculkan kesan dan kenangan yang berbeda dan menarik. Untuk harga dan harinya Anda dapat datang ke sini untuk kesepakatannya.

Lokasi Umbul Ponggok

Bila ditempuh dari Yogyakarta, maka rute yang harus dilalui adalah lewat jalan Solo ke arah Klaten. Terus hingga menemukan Terminal Penggung. Dari terminal belok kiri dan ikuti jalan hingga menemukan papan petunjuk arah jurusan Cokro-Solo-Boyolali. Ikuti arah tersebut hingga sekitar tiga kilometer jauhnya dan masuk di daerah desa Ponggok, ikuti jalan utama hingga menemukan Umbul Ponggok yang tepat berada di pinggir jalan. Lama perjalanannnya sekitar satu setengah jam dengan menempuh jarak sekitar 45 KM.

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok

Untuk masuk ke Umbul Ponggok wisatawan wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang.

Jam Buka Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Jelajahi indahnya alam Indonesia. Cari beragam spot wisata, kuliner, tips dan pengalaman liburan tak terlupakan di traveltodayindonesia.com.

Leave a Comment