10+ Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Hits

TravelTodayIndonesiaYogyakarta atau Jogja, rupanya tidak cuma dikenali sebagai kota siswa, tetapi terkenal sebagai tempat wisata. Tempat wisata Jogja yang terbaru juga terus banyak muncul, dimulai dari wisata laut, pantai, hutan, sampai taman wisata.

Mayoritas tempat wisata di Jogja ini tawarkan panorama alam yang cantik dan spot foto yang menarik. Karena itu, tidak bingung jika wisata di Jogja selalu hits dan trending, karena tempatnya benar-benar instagramable.

Tempat Wisata di Jogja Terbaru

Bersebelahan langsung dengan provinsi Jawa tengah sisi selatan, Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata menarik. Apa tempat wisata di Yogyakarta yang harus didatangi?

1. Wisata alam Bukit Panguk Kediwung

Wisata alam Bukit Panguk Kediwung

Sudah pernahkah kamu dengar wisata negeri di atas awan yang berada di Yogyakarta? Tempat wisata itu ialah Bukit Panguk Kediwung. Untuk dapat ke tempat wisata itu, kamu langsung bisa datang ke Desa Kediwung.

Di tempat itu, akan kamu dapatkan kabut yang hebat pekat. Antiknya, bila kamu berdiri di salah satunya gardu pandang yang menjuru dengan tebing, kamu akan kelihatan betul – betul seolah tengah berdiri di atas awan. Terutama bila kamu nikmati panorama di Bukit Panguk bertepatan sama waktu matahari terbenam. Kamu dapat memfoto semua keindahan yang ada. Berpose ala-ala foto siluet bisa juga kamu coba.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan sebagai salah satunya tempat wisata di Yogyakarta yang harus didatangi karena Candi Prambanan sebagai kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Disamping itu, Candi Prambanan dihias relief yang dibuat melingkari candi dan bercerita cerita Ramayana dan Krishnayana.

Candi Prambanan berada sektiar 17 KM dari psuat kota Yogyakarta. Jika kamu tidak bawa kendaraan individu, untuk capai Candi Prambanan kamu hanya memakai bis dan turun di halte Prambanan, benar-benar gampang capai Candi Prambanan.

3. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

Jika kamu cari sebuah tempat wisata alam di Yogyakarta, kamu dapat menelusuri Embung Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat wisata di Yogyakarta yang ini menyajikan daya tarik telaga bikinan sama air warna biru jernih yang dikitari tebing dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Telaga bikinan ini sendiri sebetulnya bukan hanya berperan sebagai tempat wisata, tetapi mempunyai peranan khusus untuk mengairi kebun buah yang berada di sekitaran Gunung Api Purba Nglanggeran. Situasi yang sejuk akan kamu alami sepanjang berekreasi di tempat wisata yang ini.

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai yang cukup terkenal untuk orang yang ingin pelesiran ke Yogyakarta, berada lebih kurang 25 km dari Selatan pusat perkotaan Yogyakarta. Pantai ini wajib buat didatangi jika ke Yogyakarta.

Ombak pada pantai ini mempunyai karakter lumayan besar dan kuat. Hingga kamu tetap harus siaga saat berkunjung pantai yang ini. Pantai Parangtritis mempunyai beberapa bukit pasir di sekitar pantai yang membuat berlainan dari pantai lainnya.

Untuk kamu yang ingin coba pengalaman lain selainnya santai di tepi pantai, kamu bisa bermain paralayang di Bukit Parangndog di Pantai Parantritis.

5. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Malioboro sebagai nama sebuah jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini sangat populer dan telah menjadi satu diantara tempat wisata di Yogyakarta yang harus didatangi, bahkan juga untuk berpose di pertanda Jalan Malioboro saja kita kerap kali harus mengantre lebih dulu. Nama Jalan Malioboro ini datang dari bahasa Sansekerta dan memiliki makna karangan bunga. Apa yang membuat Jalan Malioboro begitu populer?

Jalan Malioboro tawarkan pengalaman wisata berbelanja dan wisata kulineran yang tidak ada selesainya. Di siang hari, di sejauh Jalan Malioboro kamu akan mendapati banyak penjual baju, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesori, dan beberapa barang unik yang lain yang bisa diperoleh dengan harga murah. Dan saat malam hari, kamu akan mendapati banyak penjual makanan lesehan ciri khas Yogyakarta di sejauh Jalan Malioboro.

Hal yang paling saya gemari di Jalan Malioboro ialah ada sebagian orang yang kenakan pakaian unik, misalkan kenakan pakaian seperti prajurit, pocong, zombie, dan sebagainya. Kita bisa berpose sama mereka dengan ongkos suka-rela.

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa Jomblang ialah sebuah goa wisata yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang sebagai goa vertikal yang memiliki sebuah hutan purba didalamnya. Disamping itu, jika kamu datang ke Goa Jomblang pada pukul 10 s/d jam 12 siang, kamu segera dapat menyaksikan sinar tembus goa yang kerap dikatakan sebagai sinar surga. Keindahan dan kekhasan Goa Jomblang membuat menjadi satu diantara tempat wisata di Yogyakarta yang harus didatangi.

7. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran

Tidak komplet rasanya jika berlibur ke Yogyakarta tidak singgah di tempat wisata pantai. Ada beberapa loh wisata pantai di Yogyakarta yang dapat kamu kunjungi selainnya Parangtritis. Satu diantaranya ialah Pantai Nguluran dengan daya tarik teras kaca super eksklusif yang perlu jadi spot foto kamu.

Teras kaca Pantai Nguluran masih barusan dibuat dan semenjak dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang lakukan pengambilan foto di Teras kaca Pantai Nguluran ini. Bahkan juga banyak yang lakukan sesion foto prewedding atau post wedding di sini.

Untuk dapat sampai ke teras kaca Pantai Nguluran, kamu perlu turuti jalur jalan ke arah Pantai Gesing. Selanjutnya seterusnya perjalanan yang penting dilewati cuma sekitaran 300 mtr. ke barat, baru kamu akan datang di pantai yang sedang hits ini.

Selainnya Pantai Nguluran dengan pemandangan cantik laut kebiruan dan teras kacanya yang instagenic, banyak wisata pantai lain di Yogyakarta yang pas menjadi tujuan wisata kamu. Satu diantaranya ialah Pantai Timang, populer dengan gondola yang dapat bawa wisatawan sampai di Pulau Timang. Seperti apakah tempat wisata yang ini?

8. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang berada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo ialah arung jeram yang terbaik untuk keluarga atau pemula karena arusnya yang tidak beresiko jika dibanding dengan sungai lain disekitaran Yogyakarta. Disamping itu Arung Jeram Citra Elo dapat dimainkan kapan pun, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang umumnya cuma bisa diarungi di saat musim penghujan saja.

9. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah tempat wisata di Yogyakarta yang ramai didatangi. Keraton Yogyakarta sebuah bangunan monumental kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh Sultan dan keluarganya. Selainnya bisa nikmati arsitektur kesultanan kuno, kamu dapat bertandang ke museum yang memiliki koleksi beberapa barang kesultanan Yogyakarta yang beberapa sebagai hadiah dari raja Eropa. Jika kamu ingin datang berkunjung tempat wisata ini, hadirlah cukup pagi karena Keraton Yogyakarta membuka dari jam 8 pagi s/d jam 2 siang saja.

10. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka ialah sebuah tempat wisata keluarga di Yogyakarta yang memiliki banyak koleksi hewan dari beragam tempat di dunia. Selainnya bisa menyaksikan dan berhubungan dengan beragam tipe hewan seperti semestinya kebun binatang secara umum, kamu dapat bermain di sejumlah sarana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka.

Sarana permainan yang berada di Kebun Binatang Gembira Loka yakni kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan sebagainya. Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka ialah 25,000 Rupiah per-orang.

11. Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi sebagai salah satunya gunung disekitaran Yogyakarta. Gunung Merapipakan gunung yang terpopuler di Yogyakarta, dan sebagai salah satunya lokasi favorite beberapa pencinta alam yang hoby mendaki gunung dan nikmati keindahan matahari keluar di pucuknya. Harga tiket masuk teritori wisata Gunung Merapi ialah 3,000 Rupiah per-orang.

12. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur yang berada di Magelang adalah bintang wisata disekitaran Yogyakarta. Populer sampai ke beragam penjuru dunia, Candi Borobudur sebuah candi Buddha yang terbesar di dunia. Berada sekitaran 40 KM dari Yogyakarta, Candi Borobudur sekarang ini masih didatangi biksu yang berziarah karena Candi Borobudur ialah sebuah monumen mode dari semesta alam yang disebut tempat suci.

Agar bisa masuk ke tempat Candi Borobudur, kamu diwajibkan memakai sarung yang hendak dipinjam di pintu masuk Candi Borobudur. Candi Borobudur sebagai candi yang memiliki relief dan patung Buddha paling banyak di dunia. Meskipun bukan ada di Yogyakarta, Candi Borobudur selalu dikunjungi oleh wisatawan yang bertandang ke Yogyakarta.

13. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari ialah sebuah tempat wisata dan meditasi untuk keluarga kerajaan Yogyakarta pada zaman dulu. Disamping itu, Istana Air Taman Sari berperan sebagai benteng pertahanan pada lawan yang serang.

Sekarang ini, Istana Air Taman Sari adalah tempat wisata di Yogyakarta yang populer karena keunikannya. Udara disekitaran Istana Air Taman Sari sejuk karena ada beberapa kolam bikinan dibarengi dengan kebun bunga yang bau wangi. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari ialah 5,000 Rupiah.

14. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Untuk yang suka dengan panorama alam yang alami dipadukan dengan kesegaran air yang jernih, bertandang ke Air Terjun Sri Gethuk ialah opsi yang akurat. Ini adalah air terjun yang ada di Dusun Bleberan, Playen, Gunungkidul. Terletak sekitaran 40 km dari pusat perkotaan Yogyakarta.

Ada dua opsi jalur untuk pengunjung yang ingin ke arah Air Terjun Sri Gethuk. Pertama, telusuri jalan yang bersebelahan dengan sawah-sawah dan jejeran pohon kelapa. Opsi ke-2 ialah melalui Sungai Oyo dengan rakit simpel memiliki tenaga mesin. Sepanjang perjalanan singkat ini, pengunjung akan dimanja dengan nuansa alami yang dari panorama disekitaran sungai.

Air terjun mengucur antara beberapa tebing karst. Ukuran memang tidak begitu tinggi. Tetapi, hal menarik yang kelihatan terang ialah warna batu-batuan yang tersusun benar-benar elok. Disamping itu, pengunjung bisa juga rasakan pijatan alami dari air yang mengucur. Selainnya beri kesegaran, rupanya bertandang ke Air Terjun Sri Gethuk sehat.

15. Museum Affandi

Museum Affandi

Object wisata seterusnya yang dapat didatangi di Yogyakartaadalah Museum Affandi. Berada di Jl. Laksda Adisucipto 167, Museum Affandi simpan koleksi lukisan pelukis Affandi saat dia hidup dan aktif berkreasi. Tidak cuma lukisannya, ada beberapa kreasi pelukis lain di museum ini. Bila dihitung, ada sekitaran 300 benda seni yang berada di Museum Affandi. Ada pula beragam benda dan koleksi foto yang memvisualisasikan perjalanan hidup si pelukis.

Untuk kamu yang suka melukis, tidak boleh terlewat tempat wisata di Yogyakarta yang ini. Akses transportasi termasuk sangatlah gampang karena Jl. Laksda Adisucipto terhitung salah satunya jalan khusus di Yogyakarta. Nah, untuk masuk ke museum, pengunjung perlu bayar tiket masuk dengan harga Rp20.000 per-orang. Jam operasional museum ialah dari jam 09.00 WIB sampai 14.00 WIB tiap hari. Sayang, di hari liburan nasional, museum ini tidak dibuka untuk umum.

16. Kali Oyo

Kali Oyo

Wisata Kali Oyo dikenal juga dengan panggilan Sungai Oya. Selainnya panorama alam yang kamu dapat temui, di Kali Oyo ini kamu bisa juga beraktivitas rafting yang paling hebat. Kamu dapat melingkari Sungai Oya yang panjang dengan kesan rafting yang pasti akan memicu adrenalin kamu.

Kamu yang datang ke Goa Pindul juga dapat membeli tiket terusan untuk nikmati rafting di Sungai Oya atau Kali Oyo juga. Kegiatan yang lain dapat dilaksanakan ialah berenang. Kedalaman Sungai Oyo disekitaran air terjun ialah sekitaran 10 m. Untuk yang tidak pandai berenang, ada pelampung. Untuk terhubung tempat wisata alam di Yogyakarta ini, kamu perlu bayar Rp5.000 per-orang. Dalam pada itu, sewa perahu ialah Rp10.000 per-orang.

Itu dia rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta terbaru yang lagi hits dan viral. Mana nih tempat wisata yang mau kamu kunjungi?

Jelajahi indahnya alam Indonesia. Cari beragam spot wisata, kuliner, tips dan pengalaman liburan tak terlupakan di traveltodayindonesia.com.

Leave a Comment