10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Pasuruan yang Lagi Hits

TravelTodayIndonesiaJawa Timur tidak cuma punya Malang dan Surabaya untuk jadi tempat wisata pilihan. Coba geser sedikit ke Pasuruan, yang berada 60 km di samping tenggara Surabaya.

Kota dengan luas wilayah sekitaran 36,58 km² ini dapat jadi tujuan wisatamu pada peristiwa liburan ini kali. Beberapa tempat wisata di Pasuruan mempunyai daya tarik tertentu yang sayang untuk dilewati begitu saja.

Sebetulnya, ada beberapa destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di Pasuruan. Dimulai dari Air Terjun Coban Baung, Taman Safari Indonesia II, Pantai Penunggul, Petik Kurma Pasuruan, dan ada banyak yang lain.

Daftar Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru yang Lagi Hits

Untuk anda yang tinggal di Jawa Timur dan tidak mau pergi ke tempat yang terlampau jauh, anda dapat bertandang ke Pasuruan. Sebagai salah satunya kabupaten di Jawa Timur, Pasuruan memiliki banyak objek wisata alam seperti air terjun dan bukit-bukit. Nah, berikut daftar tempat wisata di Pasuruan terbaru dan dan paling hits didatangi saat liburan:

1. Rumah Bunga Cafe Nongkojajar

Rumah Bunga Cafe Nongkojajar

Pasuruan tidak kekurangan lokasi kongkow instagramable dengan ide semi outdoor, satu diantaranya Rumah Bung Cafe Nongkojajar yang Trending tahun ini.

Destinasi yang dibuka di tanggal 9 Januari 2021 ini selalu ramai didatangi wisatawan. Suasana sejuk dan angin segar yang dikitari pohon pinus membubung tinggi jadi daya tarik khusus Tempat wisata di Pasuruan ini.

Nuansa vintage terasa sangat saat ada di tempat indoor yang dikuasai warna warm dan corak kayu, sesuai dengan tempat disekelilingnya.

Lalu di tempat outdoor dihias dengan ban sisa sebagai tempat duduk dan bola lampu teratur di pohon-pohonan. Menariknya harga menu masih reasonable sekitar antara Rp. 8.000-35.000.

Untuk kamu yang menyukai hunting photo instagramable, memburu kulineran sekalian kongkow hebat diakhir minggu cafe ini cukup rekomended.

  • Alamat : Jl. Nongkojajar Km No.3, Teratai, Karang Sentul, Gondang Wetan, Pasuruan, Jawa Timur 67174
  • Fasilitas : Tempat parkir, masjid, kantin, toilet
  • Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 – 17.00)
  • Tiket : Rp. 2.000/orang

2. Kedawung Agro Selfie

Kedawung Agro Selfie

Kedawung Agro Selfie (KAS) awalannya sebagai Pabrik Gula yang diperkembangkan jadi destinasi wisata agro dan spot photografi yang modern di Pasuruan.

KAS sebagai jujugan wisata agribisnis “jaman now” baru yang pantas untuk didatangi. Benar-benar recommended untuk kamu yang menyukai berselfie riang yang kaya berwarna-warni.

Silakan mengeksploitasi emplasement PG Kedawung, untuk hasilkan photo instagramable dengan beragam angel dan spot yang memikat.

  • Alamat : Kedawung Kulon, Grati, Pasuruan, Jawa Timur 67184
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, gazebo, warung
  • Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 – 17.00)
  • Tiket : Rp. 2.500/orang

3. Saygon Night Park Pasuruan

Saygon Night Park Pasuruan

Untuk kamu yang ingin menelusuri Pasuruan pada malam hari dalam suasana yang lebih hebat dapat bertandang ke Saygon Night Park yang berada di Kabupaten Pasuruan, sekitaran 45 menit dari pusat Kota Pasuruan.

Beragam wahana permainan hebat dapat kamu coba untuk memperoleh pengalaman liburan yang tidak terlewatkan.

Dimulai dari replikasi penerbangan pesawat, bombom car, dan wahana hebat yang lain.

  • Alamat : Sengon, Desa, Karanggondang, Pucangsari, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur 67162
  • Fasilitas : Tempat parkir, masjid, kantin, toilet, kamar ganti
  • Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 – 18.00)
  • Tiket : Hari biasa Rp. 20.000/orang dan Akhir pekan Rp. 30.000/orang

4. Sawahe Pak Budi Pasuruan

Sawahe Pak Budi Pasuruan

Wisata pembelajaran Kebun Pak Budi sebagai tempat bermain anak terbaik untuk keluarga kamu yang belakangan ini hits di sosial media, persisnya tahun akhir 2017.

Destinasi Bertopik Kembali ka Alam ini akan mendidik Angkatan Muda dalam pemrosesan bahan pangan hingga pantas dimakan.

Selain itu, ada tempat Peternakan Organik, Pertanian Organik, Kids House, Pembelajaran Kopi Luwak, Mini Market, Kolam Pancing, Gazebo, Restaurant, Cottage, Amphiteatre, dan Kulineran.

  • Lokasi: Sekar Mojo, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur.

5. Wisata Bhakti Alam

Wisata Bhakti Alam

Objek wisata dengan ketinggian sekitaran 500 mdpl dan memiliki jarak sekitaran 30 km dari pusat Kota Pasuruan menjadi satu diantara destinasi wisata yang banyak disukai oleh wisatawan.

Di kawasan wisata ini ada sekitaran 15 tipe buah-buahan yang diperbudidayakan, dimulai dari durian, kelengkeng, mangga, buah naga, jeruk dan tipe buah yang lain.

Baca Juga: Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Hits

Kamu dapat beli bermacam tipe buah dengan harga yang relatif murah. Beberapa fasilitas seperti camping ground, pemondokan, outbound, ATV, masjid dan fasilitas lannya akan membuat kamu makin nyaman liburan di tempat ini.

  • Alamat : Jl. Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Papar, Pasuruan, Jawa Timur 67165
  • Fasilitas : Tempat parkir, masjid, kantin, toilet
  • Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 – 18.00)
  • Tiket : Rp. 5.000/orang

6. The Taman Dayu

The Taman Dayu

Taman Dayu Pandaan merupakan objek wisata pembelajaran yang selalu hits didatangi di Pasuruan baik hari biasa atau hari liburan. Ada beberapa fasilitas selingan berlainan yang memikat dicicipi.

Walau dikuasai dengan Outbound Activity, ada The Pines Camping Ground, Waterpark, Golf Clubhouse, Golf Course, Hotel dan Villa, dan Driving Kisaran.

  • Alamat : Jalan Raya Surabaya – Malang KM 48, Pandaan, Prigen, Pasuruan
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, kantin, kamar ganti, dan lain-lain
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket : –

7. Pemandian Banyu Biru

Pemandian Banyu Biru

Cuma memiliki jarak sekitaran 25 km dari pusat Kota Pasuruan ke arah selatan. Atau dapat dilakukan dalam kurun waktu 30-40 menit kamu dapat berkunjung ke Pemandian Banyu Biru yang telah dikenali semenjak jaman penjajahan Belanda.

Destinsi wisata yang dahulu disebutkan Telaga Wilis ini mempunyai daya tarik tertentu yang memesona.

Selain fasilitas yang cukup lengkap dan suasana alam yang mempersejuk, di kolam ini ada ikan-ikan memiliki ukuran besar yang kabarnya dikeramatkan.

  • Alamat : Jalan Raya Banyubiru Rt/Rw 02/02 Sumber Rejo, Winongan, Pasuruan, Jawa Timur 67182
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, gazebo, kamar ganti, kantin
  • Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 – 18.00)
  • Tiket : Rp. 5.000/orang

8. Wisata Tretes Prigen

Wisata Tretes Prigen

Cukup hanya tempuh perjalanan sekitaran 1 jam dari pusat Kota Pasuruan, kamu akan dimanja oleh destinasi wisata alam yang sejuk dan menentramkan.

Keelokan alam yang terhidang dengan view pegunungan jadi Tempat wisata di Pasuruan favorit untuk isi waktu liburan.

Ada beberapa spot wisata bagus yang dapat kamu explore di kawasan wisata ini, dimulai dari air terjun, hutan, taman satwa, sampai wisata kulineran yang unik.

  • Lokasi: Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

9. Alun-Alun Pasuruan

Alun-Alun Pasuruan

Alun-alun Pasuruan menyuguhkan suasana taman yang asri dengan 2 buah gapura memiliki nuansa hijau pada segi timur dan barat.

Ide taman dengan pengaturan dengan rapi ditambahkan air mancur didalamnya membuat penampilan alun-alun kebanggaan masyarakat Kota Pasuruan ini makin memikat.

Kamu juga dapat nikmati suasana Kota Pasuruan di alun-alun ini sebagai destinasi wisata murah dan meriah yang dapat disinggahi.

  • Lokasi: Jl. Alun-alun Timur, Kebonsari, Pentasrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

10. Taman Pakuncen Pasuruan

Taman Pakuncen Pasuruan

Taman yang terurus dengan jejeran pohon-pohonan teratur rapi akan menyongsong kehadiranmu di Tempat wisata di Pasuruan ini.

Fasilitas seperti tempat bermain anak benar-benar pas untuk wisata keluarga dengan sang kecil di saat rileks. Kamu dapat santai nikmati suasana taman pada sore hari sekedar untuk melepaskan capek.

  • Lokasi: Jl. Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Pakuncen, Pentasrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

11. Taman Hayati Pasuruan

Taman Hayati Pasuruan

Untuk anda yang mempunyai anak dan kebingungan ke mana harus pergi di saat sore hari atau hari liburan, anda dapat ajak mereka ke Taman Hayati ini. Objek wisata Taman Hayati di Pasuruan memiliki taman yang cukup luas, selain itu di sekitarnya ada beberapa pohon dan beberapa tanaman yang tumbuh subur dan teduh. Untuk anak-anak, tempat permainannya asyik, ada seluncuran, jungkat-jungkit, ayunan, dan lain-lain. Ditanggung mereka akan kerasan.

Tempat wisata murah dan meriah ini pas untuk didatangi bersama keluarga atau rekan-rekan. Di Tempat wisata di Pasuruan ini kamu dapat santai sekalian menjelajahi internet atau bercakap asyik bersama rekan-rekan.

  • Alamat : Petahunan, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67136
  • Fasilitas : Gazebo, tempat parkir, toilet
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket : –

12. Taman GOR Untung Suropati

Taman GOR Untung Suropati

Anda tentu tahu menara jam yang berada di kota Bukit Tinggi di Sumatera Barat, nah di Pasuruan rupanya ada pula. Menara jam dengan tinggi 14 meter ini berdiri kuat di Taman Gor Untung Suropati atau yang juga dikenal bernama Taman Jam Agung.

Memburu spot keren untuk selfie atau wefie ramai-rame dapat kamu kerjakan di Taman GOR Untung Suropati dengan bangunan iconicnya yang terbaru, yakni menara jam gadang.

Tempat wisata di Pasuruan ini lebih banyak dikunjungi saat malam hari karena menyuguhkan suasana yang lebih semarak dengan gabungan lampu tamannya.

  • Alamat : Jl. Sultan Agung, Purutrejo, Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67127
  • Fasilitas : Gazebo, tempat parkir, toilet
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket : –

13. Taman Sekargadung

Taman Sekargadung

Dengan tempat taman yang lumayan luas dan fasilitas yang cukup ideal termasuk salah satunya free WiFi akan memberi kenyamanan untuk kamu yang ingin ngadem di tempat wisata di Pasuruan yang murah dan meriah ini.

Lingkungan yang asri dan teduh di taman ini sanggup menyuguhkan suasana yang semakin nyaman untuk peristiwa berliburmu di Kota Pasuruan.

  • Alamat : Jl. Sekarsono No.2, Sekargadung, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67127
  • Fasilitas : Gazebo, tempat parkir
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket : –

14. Hutan Mangrove Nguling

Hutan Mangrove Nguling

Tempat wisata di Pasuruan yang harus anda kunjungi yaitu Hutan Mangrove Nguling. Wisata hutan mangrove di Tambaan ini menjadi alternative memikat buat didatangi saat liburan.

Selain nikmati keelokan hutan mangrove, destinasi wisata alam ini sekaligus juga dapat mendidik kita agar semakin menyukai lingkungan hingga masih tetap lestari dan memberi banyak faedah.

  • Alamat : Desa Penunggul, kecamatan Nguling, Pasuruan
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, warung, gazebo
  • Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 – 18.00)

15. Bukit Flora Pasuruan

Bukit Flora Pasuruan

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya, yakni Bukit Flora. Bukit yang berada pada ketinggian 700 meter dpl ini memiliki suasana yang sejuk dan udaranya ditanggung bersih bebas dari pencemaran seperti pada perkotaan.

Objek wisata ini cocok sekali untuk anda yang ingin melepas capek dan refreshing karena di situ ada keelokan alam yang tak perlu ditanyakan lagi. Beragam jenis bunga dengan beberapa warna yang elok siap temani hari anda, selain itu di situ anda dapat lakukan aktivitas outbond yang hebat ditambah lagi bila anda tiba ramai-ramai bersama dengan rekan.

  • Alamat : Jl. Raya Papar, Krajan Satu, Papar, Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur 67165
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, kantin
  • Jam buka : Setiap hari
  • Tiket : Rp. 3.000/orang

16. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati

Cuma perlu waktu sekitaran 30 menit perjalanan atau sekitaran 20 km dari pusat Kota Pasuruan kamu dapat nikmati eksotisme danau yang menarik.

Dengan latar pegunungan Tengger, tidak boleh terlewat untuk mendokumentasikan peristiwa sunset yang romantis di danau ini. Untuk nikmati serunya di kawasan wisata ini kamu dapat coba beberapa aktivitas asyik seperti naik perahu, sepeda air atau memancing.

Untuk menuju ke Tempat wisata di Pasuruan Danau Ranu Grati anda dapat memakai kendaraan individu seperti motor atau mobil. Dari pusat perkotaan, waktu perjalanan ke sana cuma memerlukan waktu sekitaran 30 menit saja. Selain dapat nikmati angin segar dan view ciri khas pegunungan yang cantik, di situ anda bisa memancing, naiki perahu untuk telusuri danau dan naik sepeda air.

  • Alamat : Desa Ranu Klindungan, Sumber Dawesari dan Kalipang, Kabupaten Pasuruan
  • Fasilitas : Tempat parkir, warung, gazebo, wahana air
  • Jam buka : 24 jam
  • Tiket : –

So, dari daftar yang kami referensikan sekitar tempat wisata di Pasuruan, bisa tentukan akan liburan ke mana sesudah ini?

Jelajahi indahnya alam Indonesia. Cari beragam spot wisata, kuliner, tips dan pengalaman liburan tak terlupakan di traveltodayindonesia.com.

Leave a Comment