Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Terbaru

TravelTodayIndonesiaJakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama saat libur akhir pekan dan libur panjang. Di balik image ibu kota negara yang sibuk dan padat, nyatanya ada banyak tempat wisata di Jakarta yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Ada berbagai macam tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi dan jelajahi. Mulai dari wisata keluarga yang ramah anak, wisata kuliner, wisata sejarah dan seni, hingga wisata anti-mainstream dan instagramable tentunya akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja destinasi liburan terbaik di Jakarta? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Barat

Bila Anda sedang ada di wilayah Jakarta Barat, dan ingin liburan sesaat melepaskan capek karena kegiatan setiap hari tidak perlu cemas karena ada beragam tujuan menarik yang bisa Anda datangi. Bukan hanya mall, kota ini tawarkan wisata sejarah yang sayang untuk dilewati.

Jakarta Barat mempunyai daya tarik tertentu untuk menarik wisatawan untuk tiba bertandang. Kota ini pernah jadi pusat pemerintah VOC pada periode penjajahan Belanda, hingga tidaklah heran bila di sejumlah tempat ada bangunan yang monumental.

Untuk Anda yang mempunyai hobi photografi tidak ada kelirunya berkunjung kota ini untuk diteruskan dengan beragam spot yang menarik. Berikut daftar tempat wisata yang harus didatangi bila ada di Jakarta Barat.

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Salah satunya museum paling besar di Jakarta ialah Museum Fatahillah atau dikenali Museum Sejarah Jakarta. Museum ini dibuat di tahun 1707 dengan arsitektur berpenampilan neo classic yang paling menarik seperti Istana Dam di Amsterdam.

Beragam jenis koleksi yang bisa Anda cicipi ialah beragam tiruan warisan sejarah Jakarta, koleksi kerajinan seperti gerabah, keramik dan batu prasasti. Sarana yang disiapkan di Museum Fatahillah yakni Taman Fatahillah, ruangan pertemuan, perpustakaan, Masjidh, kantin,dan toko souvenir.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

2. Museum Wayang

Museum Wayang

Sama sesuai namanya, museum ini mempunyai beragam koleksi wayang baik dari Indonesia atau luar negeri. Koleksi tipe wayang dari Indonesia salah satunya wayang kulit, wayang mainan, wayang kedok, wayang golek, dan wayang klitik.

Bila Indonesia mempunyai keunikan wayang, di museum ini Anda pun disuguhi beragam koleksi wayang dan boneka yang dari luar negeri seperti Thailand, India, dan beragam negara yang lain. Disamping itu, di museum ini Anda dapat menemui koleksi piring sebagai pertanda batu nisan Jan Pieterszoon Coen dan teater wayang yang diselenggarakan secara periodik.

Lokasi: Jl. Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

3. Chinatown

Chinatown jakarta barat

Anda bisa rasakan kental akan suasana etnis Tionghoa di China Town wilayah Glodok, Jakarta Barat. Di kawasan ini, Anda akan dimanja dengan beragam hal yang sama dengan suasana di China dari arsitektur, makanan sampai pernak-pernik ciri khas etnis Tionghoa.

Saat masuk kawasan China Town Anda akan menemui beragam lampion bergantungan menghias sejauh jalan dan dan bangunan yang berada di wilayah sekitaran. Pada petak 9, Anda bisa bertandang ke Klenteng Vihara Dharma Bakti yang ada disitu.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, RT.2/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

4. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Jembatan yang dibuat pada periode pemerintah Belanda ini mempunyai wujud yang unik seperti jungkit yang berkonstruksi dari kayu sebagai injakan jembatan dan besi sebagai penyangganya. Di tahun 1629, jembatan ini sempat hancur karena gempuran tetapi diperbarui oleh Belanda.

Jembatan Kota Intan mempunyai daya tarik sendiri untuk pencinta photografi karena ada beragam spot photo yang memikat. Lokasinya tidak jauh dari Kota Tua hingga beberapa wisatawan jadikan tujuan opsi yang tidak bisa dilewati demikian saja.

5. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Kota Tua sebagai salah satunya tempat wisata favorit untuk beberapa wisatawan yang tiba ke Jakarta Barat. Anda di sini akan menemui bangunan-bangunan warisan Belanda yang tetap sama dan masih orisinal.

Beragam titik di kawasan ini ada penyewaan sepeda onthel untuk lengkapi serunya Anda dalam berkeliling-keliling rasakan suasana periode lalu. Karena keelokan arsitekturnya, Kota Tua jadi surga oleh fans photografi.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Koleksi di Museum Seni Rupa dan Keramik mempunyai koleksi dari beragam wilayah di Indonesia dan Luar Negeri. Museum ini seperti rumah untuk aktor seni, karena simpan beragam koleksi kreasi seni berkualitas internasional.

Awalnya pembangunan gedung ini di tahun 1870 oleh pemerintah Hindia Belanda dan di tahun 1990 resmi dipakai sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik yang di urus oleh Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta. Sarana yang dimiliki oleh museum ini ialah studio gerabah, perpustakaan, toko souvenir, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Pos Kota No.2, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

7. Museum Tekstil

Museum Tekstil

Museum tekstil dibangun sebagai salah satunya wujud usaha untuk melestarikan beragam tipe tekstil tradisionil yang berada di Indonesia. Bangunan ini memiliki keunikan Indonesia yang kental dari pintu sampai detil bangunan dengan ukir-pahatan-ukirannya.

Koleksi di museum ini ada beragam jenis kain tradisionil dari semua wilayah. Kain batik, kain jumputan, kain tenun, bahkan juga kain yang dibuat dari beragam jenis bahan satu diantaranya dari kulit kayu.

Lokasi: Jl. Ks. Tubun No.2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Selatan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat.

8. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia ialah museum dengan kelas internasional dan nyaman didatangi hingga jadikan Anda kerasan didalamnya. Koleksi yang berada di museum ini ialah segalanya yang terkait dengan sejarah keuangan Indonesia.

Sarana yang didapat di museum ini termasuk komplet yakni ruang dengan aturan rapi, management yang bagus dan ada pendingin ruang didalamnya. Dengan semua sarana dan pengalaman yang hendak Anda peroleh, tiket masuk ke museum ini ialah gratis.

Lokasi: Jl. Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

9. Museum Arsip Nasional

Museum Arsip Nasional

Gedung ini dibuat oleh Gubernur Belanda di tahun 1760 dan dijadikan gedung penyimpanan arsip oleh penjajahan Belanda. Di tahun 1951 sesudah Indonesia merdeka, beralih menjadi Kantor Arsip Nasional RI, dan tahun 1974 tempat ini dijadikan sebagai museum saat Kantor Arsip Nasional dipindahkan ke Jakarta Selatan.

Koleksi dalam jumlah 500 koleksi selainnya surat, koleksi khusus di museum ini ialah miniatur sejarah pada jaman VOC satu diantaranya peti uang sama ukuran besar. Nuansa style penjajahan terasa sangat dalam sekitaran bangunan ini, dengan kebun yang ada beragam tipe bunga.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.111, RT.1/RW.1, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

10. Museum Macan

Museum Macan

Museum of Modern and Contempotery Art in Nusantara ini dengan luas sekitaran 4.000 meter persegi ini mempunyai lebih kurang 800 koleksi seni kontemporer dan modern yang dihimpun oleh kolektor Haryanto Adikoesoemo sepanjang 25 Tahun. Museum ini sebagai museum insting pertama kali yang bisa dicicipi oleh warga umum.

Museum macan disahkan pada Tahun 2017, bukan hanya koleksi lukisan ada beragam kreasi seni kontemporer dengan seni instalasi, dan tehnik yang menakjubkan. Kreasi seni yang diperlihatkan di museum ini saat Anda tiba untuk ke-2 kalinya akan menyaksikan hal sama, karena museum ini terus akan memperlihatkan kreasi seni yang baru.

Lokasi: Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat.

11. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium

Tempat wisata yang harus didatangi yang paling akhir ialah Jakarta Aquarium, di tempat ini Anda bisa mengenali beragam jenis makhluk hidup yang hidup di laut. Bukan hanya terhibur tingkah lucu dari biota laut, di sini menjadi wisata mendidik untuk anak dengan tawarkan pertunjukan yang hebat.

Di Jakarta Aquarium ada pertunjukan yang difavoritkan oleh pengurus satu diantaranya atraksi teater dalam aquarium. Sarana yang dijajakan termasuk komplet dengan terdapatnya sarana locker untuk Anda yang ingin simpan barang, ada akses untuk pemakai bangku roda, dan toko souvenir yang sediakan beragam jenis oleh-olehan.

Lokasi: Tanjung Duren Selatan, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara

Jakarta Utara sebagai sisi dari wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Berdasar letak geografisnya, Kota Administrasi Jakarta Utara mempunyai lokasi vital yang bersebelahan langsung dengan Laut Jawa. Kota ini simpan kekuatan wisata yang cukup bermacam untuk nikmati liburan di tengah-tengah aktivitas kota yang demikian padat.

Pemandangan alam yang mengagumkan jadikan kota ini sebagai salah satunya arah object wisata yang banyak disukai. Banyak juga keelokan alam asri yang terselinap dan jarang-jarang dijumpai oleh beberapa wisatawan.

Jakarta Utara mempunyai bermacam object wisata seperti situs monumental, situs budaya, wisata bahari, wisata kulineran, wisata rohani, dan spot photo modern yang harus ditelusuri. Untuk Anda yang ingin habiskan waktu liburan di Jakarta Utara tak perlu cemas. Berikut daftar tempat wisata di Jakarta Utara yang pas untuk isi liburan Anda.

1. Suaka Margasatwa Muara Angke

Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke sebagai tujuan wisata rimba bakau yang berada di Jakarta Utara. Wilayah ini jadi salah satu rimba di Jakarta yang diproteksi oleh pemerintahan. Tempat wisata ini mempunyai jembatan kayu dengan panjang sekitaran 843 meter yang bisa menolong untuk mencari rimba alami yang cantik.

Disamping itu, Anda bisa juga naiki perahu untuk berkeliling-keliling nikmati suasana asri rimba. Di sini Anda dihidangkan panorama pohon-pohonan hijau dan beragam fauna seperti monyet, biawak, dan burung. Tidak boleh cemas bila Anda ingin menginap, karena tempat ini sediakan pemondokan yang berada di tengah-tengah rimba.

Lokasi: Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

2. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Tujuan satu ini sebagai tempat wisata terintegrasi dan paling lengkap yang berada di Jakarta Utara. Oleh karenanya, banyak wisatawan dari beragam wilayah yang tiba untuk sekedar habiskan liburan di tempat ini.

Objek wisata hebat di kawasan ini salah satunya yakni pantai, Sea World, Atlantis Water Adventure, Dunia Fantasi, Marina, Pasar Seni, Gelanggang Samudra, kereta menggantung, bowling, Padang Golf Ancol, kios souvenir, dan wisata kulineran. Beragam jenis object yang dijajakan bisa memacu adrenalin dan hilangkan capek.

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.

3. Waterboom Jakarta Utara

Waterboom Jakarta Utara

Waterboom Jakarta Utara sebagai object wisata yang sediakan sarana bermain air. Selainnya pantai, tujuan wisata air satu ini benar-benar hebat dan memberikan kepuasan. Anda bisa bermain air sepuasnya sekalian menyaksikan panorama pohon-pohonan hijau yang teduh.

Tempat ini mempunyai seluncuran untuk anak-anak atau dewasa yang bisa memacu adrenalin. Anda tak perlu takut terbenam, karena tempat wisata ini sediakan pelampung untuk setiap pengunjung. Beragam jenis sarana penuh rintangan harus dicoba jika Anda bertandang ke tempat ini.

Lokasi: Jl. Pantai Cantik Barat No.1, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

4. Dermaga Sunda Kelapa

Dermaga Sunda Kelapa

Dermaga Sunda Kelapa sebagai tempat monumental dan penting untuk kota Jakarta. Tempat ini jadi saksi bisu asal-usul terciptanya kota ini. Dermaga berikut yang jadikan Indonesia populer akan kekayaan rempah-rempahnya di mata dunia. Dermaga ini masih bekerja semestinya dermaga lain.

Tempat ini dipenuhi dengan beragam jenis kapal yang bertumpu di pinggir pelabuhan. Dermaga ini dijadikan wisata sejarah untuk beberapa pengunjung. Seringkali juga, ada beberapa photografer yang ambil photo beberapa kapal kreasi anak negeri.

Lokasi: Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

5. Daerah Marunda

Daerah Marunda sebagai daerah nelayan dengan suasana tenang dan damai. Untuk Anda yang ingin menganakemaskan diri dari hingar-bingar kota, tempat satu ini sangat pas. Hembusan angin pantai sejuk yang terhembus bisa sedikit hilangkan rasa capek.

Saat ada di daerah ini, Anda akan melihat tambak memiliki ukuran besar sebagai tempat tugas turun-temurun untuk masyarakat daerah. Anda bisa sewa alat pancing untuk memancing di tempat ini. Disamping itu, Anda bisa juga nikmati kulineran sedap yang dipasarkan di beberapa warung sekitaran tambak itu.

Lokasi: Daerah Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara.

6. Museum Bahari

Museum Bahari

Museum Bahari ialah museum yang mempunyai koleksi beragam benda yang kuat hubungannya dengan kelautan dan perikanan. Museum yang berada di muka Dermaga Sunda Kelapa ini dahulunya sebagai gudang rempah-rempah yang hendak dipasarkan ke Eropa punya VOC.

Museum ini benar-benar pas didatangi untuk Anda yang ingin tahu dengan perubahan kelautan dan perikanan bangsa Indonesia. Di sini anda bisa menyaksikan miniatur kapal tradisionil dan modern, meriam, jangkar, teropong, dan sebagainya.

Lokasi: Jl. Pasar Ikan No.1, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

7. Jakarta Islamic Center (JIC)

Jakarta Islamic Center (JIC)

Jakarta Islamic Center sebagai pusat pengajaran agama islam sebagai kebanggaan warga Jakarta. Tempat ini umumnya dipakai untuk peningkatan dan evaluasi agama islam. Jakarta Islamic Center sering dijadikan wisata religius untuk makin perdalam pengetahuan mengenai agama islam.

Dahulunya, Jakarta Islamic Center sebagai tempat hiburan malam yang populer. Tempat itu selanjutnya diganti jadi pusat pengajaran agama Islam yang mempunyai sarana komplet salah satunya yakni tempat beribadah, tempat pertemuan, dan perpustakaan. Jakarta Islamic Center dijadikan lambang kedatangan Islam yang baru.

Lokasi: Jl. Kramat Jaya Raya, Tugu Utara, Kec. Koja, Kota Jakarta Utara.

8. Amped Trampoline Park

Tempat wisata satu ini benar-benar pas untuk Anda yang ingin liburan sambil olahraga. Amped Trampoline Park sediakan trampolin-trampolin yang bisa dipakai oleh anak-anak atau orang dewasa.

Bermain trampolin tidak cuma sekedar melompat-lompat tetapi memberi dampak positif yang bagus untuk kesehatan badan. Disamping itu, Anda akan mendapatkan kesenangan tertentu saat melompat-lompat untuk hilangkan beban pemikiran.

Lokasi: Jl. Artha Gading Sel. No.8, Kelapa. Gading Barat, Kec. Kelapa. Gading, Kota Jakarta Utara.

9. Kampung Luar Batang

Kampung Luar Batang sebagai warisan monumental yang telah ada semenjak tahun 1630. Daerah yang berada ada di belakang Museum Bahari ini jadi alternative wisatawan yang ingin wisata religius di Jakarta Utara. Daerah ini dipercayai sebagai permukiman paling tua di Jakarta.

Daerah ini populer akan icon-nyasimbolnya yang unik, Mushola Luar Batang. Ada pusara Habib Husain yang berada pada bagian dalam mushola ini. Banyak wisatawan lokal atau luar negeri yang berziarah ke pusara ini.

Lokasi: Jl. Luar Tangkai V No.10, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

10. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung sebagai salah satunya rumah pentas Betawi yang sisa yang diprediksi dibuat pada era ke-20. Rumah monumental ini dijadikan museum dan terhitung dalam cagar budaya. Tempat wisata satu ini tawarkan keunikan berbentuk rumah kayu ciri khas Bugis.

Rumah ini dipercayai sebagai rumah Si Pitung, jawara legendaris pada periode penjajahan Belanda. Anda akan menemui dekor yang memiliki nuansa Betawi saat masuk rumah ini. Ada beberapa barang yang dipakai untuk menantang beberapa penjajah dan ada patung pria yang menggunakan baju tradisi Betawi.

Lokasi: Jl. Daerah Marunda Pulo, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara.

11. Taman Rimba Kota Penjaringan

Rimba Kota Penjaringan mempunyai luas 135.200 m2 yang diisi lebih dari 4.566 pohon perlindungan. Taman Rimba Kota Penjaringan atau kerap disebutkan daerah kebun pisang ini dibuat dengan bertahap dari awal tahun 2010 sampai tahun 2012.

Selainnya keelokan hutannya yang bisa dicicipi, Taman Rimba Kota Penjaringan ini mempunyai sarana umum yang lain seperti track jogging, taman yang luas, rumah makan, kamar mandi, tempat parkir, dan ada banyak sarana yang lain. Semua keelokan dan sarana yang ada di taman ini bisa dicicipi dengan gratis.

Lokasi: Jl. Kepanduan 2, Pejagalan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

12. Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum Rekor Dunia Indonesia berada di Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara. Museum ini sebagai tempat simpan dokumentasi rekor yang sukses diperpecahkan dan terdaftar oleh MURI. Rekor ini nanti akan di bukukan ke Guinness’ Book of World Record.

Untuk masuk Museum Rekor Dunia-Indonesia, Anda perlu bayar Rp 10.000 untuk orang dewasa, dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Lokasi: Jl. Boulevard Barat Raya Kelapa Gading, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

Itulah dia Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang bisa Admin rekomendasikan kepada kalian, kedepannya daftar tempat wisata di jakarta akan terus di update.

Jelajahi indahnya alam Indonesia. Cari beragam spot wisata, kuliner, tips dan pengalaman liburan tak terlupakan di traveltodayindonesia.com.

Leave a Comment