9+ Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi Untuk Liburan

TravelTodayIndonesiaDalam tahun-tahun ini ini, wisata Banyuwangi menjadi satu diantara tempat wisata meledak di Indonesia. Lokasi Banyuwangi ada di bagian timur pulau Jawa dan benar-benar terkenal.

Reputasi itu tidak ada tanpa argumen. Ini karena kehadiran Dermaga Ketapang sebagai lajur penyeberangan beberapa wisatawan dari pulau Jawa ke pulau Bali. Dari sini, Banyuwangi mulai terpampang beragam kekuatan tempat wisatanya.

Rekomendasi Tempat Wisata Banyuwangi

Nah bila kamu ingin tahu dengan apa tempat wisata di Kabupaten sisi timur pulau Jawa itu, berikut rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang sedang hits dan buat kamu semakin malas pulang.

1. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Kamu kemungkinan kenal dengan Taman Nasional Baluran yang ada di bagian utara Kabupaten Banyuwangi dan masuk ke Kabupaten Situbondo. Tapi, Banyuwangi samping selatan tawarkan salah satunya tempat wisata yang harus kamu datangi, yakni Taman Nasional Alas Purwo.

Begitu kamu memijakkan kaki di lokasi, kamu akan disuguhi dengan tempat savana seperti Afrika. Jika kamu saksikan secara langsung di peta, Taman Nasional Alas Purwo memiliki bentuk cukup unik. Terletak ada pada Semenanjung Blambangan di bagian ujung Tenggara pulau Jawa.

Selain Savana Taman Nasional Alas Purwo sebagai tempat di mana hutan bakau dan hutan luruh tropis selalu terlindungi. Bahkan juga Taman Nasional Alas Purwo pun tidak jauh dari beberapa lokasi pantai elok seperti pantai Plengkung. Apa yang bisa kamu kerjakan di taman nasional ialah menyaksikan beragam jenis spesies sangat jarang termasuk anjing hutan Asia, lutung kelabu, dan banteng Jawa.

Untuk menuju ke Taman Nasional Alas Purwo, kamu harus menuju ke Kutorejo, kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

2. De Djawatan

De Djawatan

Objek wisata Banyuwangi selanjutnya yakni De djawatan, sebuah kawasan hutan lindung punya Djawatan Perhutani. Di tempat wisata itu, ada sampai 50 pohon Trembesi besar dengan kemunculan unik.

Dahulu, tempat itu terlihat horor karena tidak terurus tapi faksi pemerintahan Banyuwangi lakukan pengaturan hingga jadikan lokasi itu sebagai salah satunya tempat wisata kece di Banyuwangi.

Ini karena hutan Trembesi diatur lebih rapi agar hilangkan kesan-kesan horor di De Djawatan. Apa lagi telah banyak fasilitas wisata termasuk papan nama beragam warna tempat beribadah.

Namun, tempat wisata ini cuma untuk beberapa pengunjung yang paling nikmati Wisata Alam Asri. Sisi menariknya ialah hutan De Djawatan mendapat panggilan sebagai hutan Lord of the Rings karena terlihat serupa dengan suasana hutan di film itu.

Untuk menuju ke De Djawatan, kamu harus menuju ke Purwosari, Benculuk, Celuring, Kabupaten Banyuwangi. Tempat wisata ini dibuka tiap hari Start pukul 8 sampai 5 sore terkecuali di hari Senin karena liburan.

3. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Ada di bagian utara di saat Bali, pulau kecil ini lepas dari Pulau Jawa. Walau begitu, Pulau Tabuhan masih jadi sisi Kabupaten Banyuwangi. Selain pulau yang cantik, tempat wisata Banyuwangi ini benar-benar terkenal.

Bila kamu punyai waktu bertandang dan nikmati tempat wisata Banyuwangi, karena itu Pulau Tabuhan sebagai salah satunya rekomendasi terbaik karena kamu dapat memperoleh photo liburan yang hebat dengan latar belakang laut dan langit yang biru.

Pulau Tabuhan tawarkan Spot snorkeling yang harus kamu coba dan pasir putih yang memikat buat tempat bermain. Bila ingin menuju ke Pulau Tabuhan, kamu bisa memakai kapal yang ada pada pantai Kampe yakni 40 menit dari pusat Kota Banyuwangi. Atau kamu bisa juga tergabung dengan travel agent untuk turut paket tur ke Pulau Tabuhan.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Opsi selanjutnya untuk tempat wisata Banyuwangi yang harus kamu datangi pada Tahun 2022 ini ialah pantai Plengkung. Ini karena tempat wisata di Banyuwangi itu sebagai lokasi terbaik untuk beberapa pencinta surfing bahkan juga dari beragam penjuru dunia.

Pantai Plengkung sanggup tawarkan ombak besar bergulung-gulung hingga jadi opsi pantai terbaik untuk surfing secara professional. Banyak yang menjelaskan jika ombak pada pantai Plengkung sebagai salah satunya ombak terbaik sesudah pantai di Hawaii.

Bila kamu benar-benar menyenangi berseluncur, ombak di Pantai Plengkung ialah ombak raksasa hingga beberapa surfer dapat coba tube riding, sebuah istilah untuk beberapa surfer saat berseluncur Dalam lingkungan ombak. Bahkan juga untuk beberapa peselancar internasional, pantai Plengkung masuk ke jejeran G-land dan kerap dipakai sebagai tempat untuk penyelenggaraan surfing internasional.

Untuk menuju ke Pantai Plengkung kamu harus menuju ke Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi. Ini karena lokasi Pantai Plengkung masuk ke kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Bila dari pusat Kota Banyuwangi kamu memerlukan perjalanan 74 KM yang bisa kamu menempuh memakai rental mobil atau sewa motor.

5. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade banyuwangi

Mencari tempat wisata pantai di Banyuwangi? Kamu pantas menimbang rekomendasi Pantai Sukamade sebagai salah satunya wisata Banyuwangi yang memikat. Pantai Sukamade sebagai tempat pelestarian penyu yang populer dengan lokasi yang tidak jauh dari Teluk Hijau dan sebagai kawasan tempat Taman Nasional Meru Betiri. Tiap malam, penyu dewasa selalu singgah ke pantai dan pilih memendam semua telurnya. Saat pagi hari, kamu dapat menyaksikan bayi-bayi penyu yang telah menetas dari telur-telur yang dipendam, bergerak menuju ke lautan.

Menyaksikan panorama semacam ini malah membuat kamu akan tertarik hingga jadi pengalaman tidak terlewatkan atau bahkan juga kamu bisa juga malas pulang. Apa lagi, tidak jauh dari lokasi pantai itu ada pemondokan atau homestay untuk bermalam beberapa pengunjung.

Bila dari kota Banyuwangi, lokasinya termasuk cukuplah jauh yakni 97 KM. Apa lagi jalan menuju kawasan Sukamade termasuk cukuplah melawan hingga bisa lebih bagus bermalam pada sekitaran pantai Sukamade.

Banyak travel agent sediakan paket tur dengan pilih Pantai Sukamade sebagai salah satunya sisi dari tur itu. Kamu dapat nikmati aktivitas pelestarian penyu saat di pantai ini sekalian singgah ke Pantai Pulau Merah dan Teluk Hijau.

6. Teluk Hijau

Teluk Hijau

Teluk Hijau atau Green Bay sebagai sisi dari kawasan Taman Nasional Meru Betiri, sebuah teluk hijau turquoise dipadukan dengan pasir putih halus.

Salah satunya tempat wisata Banyuwangi itu dijepit tempat hijau hingga membuat keelokan pemandangan disekitaran teluk itu benar-benar prima. Sebagai salah satunya sisi dari taman nasional, Teluk Hijau ada di Desa Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Bila kamu bertandang ke Teluk Hijau ini, seharusnya lihat barang bawaan. Ini karena disekitaran pantai itu ada beberapa monyet liar, hingga jauhi memberikan makan monyet.

Untuk menuju ke lokasi termasuk cukuplah jauh yakni sekitaran 86 km atau memerlukan waktu 2,5 jam. Akses menuju ke teluk itu termasuk sangatlah jelek hingga bisa lebih bagus bila kamu ambil paket tur dari Banyuwangi menuju ke Teluk Hijau, Pantai Sukamade, Pantai Pulau Merah.

7. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai di Banyuwangi ini memiliki pulau kecil yang tidak jauh dari lokasi pantai sisi sangat menarik dari pulau itu ialah karena keadaan tanah warna merah. Kamu bisa juga menuju ke lokasi dengan jalan kaki jika tertarik menelusuri Pulau Merah. Langkah ini bisa kamu kerjakan saat laut kering.

Bukan hanya juga merah yang membuat pantai makin unik, Pantai Pulau Merah memiliki pasir lembut hingga benar-benar bagus untuk nikmati waktu bermain di bentangan pasir pantai. Salah satunya argumen kenapa beberapa pengunjung pilih Pantai Pulau Merah ialah karena bisa dipakai untuk berseluncur atau surfing karena keadaan ombak yang bergulung cantik untuk berseluncur.

Hal itu masih termasuk berlainan dengan pantai Plengkung yang populer sebagai spot selancar beberapa peselancar dunia. Hingga bila kamu berasa jika pantai Plengkung memiliki ombak yang terlampau susah ditaklukan, karena itu kamu dapat belajar berseluncur lebih dulu di Pantai Pulau Merah. Bahkan juga kamu bisa juga memakai service sewa papan selancar.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Pulau Merah Banyuwangi yakni dengan menuju ke desa Pancer Sumberagung, Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Bila kamu ada di tengah kota Banyuwangi, karena itu kamu memerlukan jam untuk tempuh jarak 60 KM memakai kendaraan beroda 4. Atau kamu bisa juga bertandang ke Pantai Pulau Merah dengan membuat gagasan open trip sekalian berkunjung Pantai Sukamade dan Teluk Hijau.

8. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran banyuwangi

Opsi tempat wisata selanjutnya disekitaran Banyuwangi yang tidak kalah terkenal bila dibanding dengan tempat wisata yang lain yakni Taman Nasional Baluran. Bila kamu pernah menyaksikan video clip punya Raisa pada lagu dengan judul “Jatuh Hati”, karena itu lokasi shooting itu ada di Taman Nasional Baluran.

Kamu akan disuguhi dengan panorama savana Afrika di Jawa Timur itu. Meskipun secara tehnis, lokasi Taman Nasional Baluran ada di Kabupaten Situbondo, tapi Baluran benar-benar populer sebagai salah satunya tujuan wisata bila kamu bertandang ke Banyuwangi. Ini karena lokasi taman itu tidak jauh dari kawasan Banyuwangi.

Jika kamu ada di tengah kota Banyuwangi, karena itu kamu perlu memerlukan waktu sekitaran 1,5 jam saja. Bukan hanya savanna Afrika, tapi, kamu dapat menyaksikan beragam satwa liar. Misalnya ialah rusa-rusa lucu, atau berpose dengan lanscape magic pada Savana Bekol, atau bertandang ke Pantai Bama.

Lokasi Taman Nasional Baluran yakni ada di Gerbang Masuk Taman Nasional Baluran, Randu Agung, Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Kamu dapat menuju ke lokasi itu dengan memakai mobil individu, yakni dari Banyuwangi dan ambil arah menuju ke Jalan Raya Pantura. Jika kamu tidak merencanakan memakai kendaraan individu, kamu dapat coba ambil paket privat tur atau open trip ke Taman Nasional Baluran.

9. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Tempat wisata terpopuler di Banyuwangi, tentu saja Kawah Ijen. Blue firenya benar-benar go-international, tetapi panorama matahari keluar di sini mengagumkan lho!

Kawah Ijen sebagai salah satunya tempat wisata terkenal di Banyuwangi untuk beberapa pengunjung di Indonesia. Lokasi kawah Ijen ada di tepian di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso Propinsi Jawa Timur. Bukan hanya populer dengan kawah hijau dengan pemandangan cantik, tapi Kawah Ijen sebagai lokasi pertambangan belerang.

Kawah Ijen tawarkan salah satunya peristiwa unik yakni api biru atau blue Fire. Peristiwa ini terjadi karena ada gas sulfur yang terbakar pada retakan Gunung Api Ijen dengan suhu capai 600 derajat Celsius.Blue Fire di Kawah Ijen itu sebagai yang terbesar di dunia dan lokasi yang lain di bumi ini yang memiliki peristiwa blue fire ada di Gunung dallol persisnya di Ethiopia.

Salah satunya aktivitas yang bisa kamu kerjakan ke kawah Ijen dengan hiking atau mendaki. Beberapa pengunjung wajib melakukan pendakian sepanjang 3 km dengan saat yang diperlukan sekitaran 1,5 sampai 2 jam, ikuti kecepatan jalan.

Pendakian dan berbau belerang kuat disekitaran kawah membuat tempat wisata Banyuwangi ini bukanlah jadi opsi pas untuk lanjut usia, pengunjung dengan disabilitas, pengunjung dengan permasalahan masalah peranan tulang, masalah peranan hati, masalah pernafasan, mata peka, atau keadaan klinis yang serius. Lokasi ini bukan opsi pas untuk beberapa pengunjung yang hamil.

Karena lokasi kawah Ijen ada pada tepian Kabupaten, karena itu bila kamu dari pusat Banyuwangi, kamu harus tempuh perjalanan lumayan jauh. Jika kamu pilih memakai kendaraan beroda 4, kamu dapat menuju ke lokasi dalam kurun waktu 1 jam.

Dari pusat perkotaan, kamu harus menuju ke Kecamatan Licin, menuju Paltuding sebagai pos pertama pendakian. Umumnya ada paket tur menuju ke kawah Ijen dengan kegiatan pendakian saat larut malam agar kamu dapat menyaksikan blue fire dan matahari keluar di saat yang akurat.

10. Bangsring Underwater

Bangsring Underwater

Bangsring Underwater ini salah satunya tempat wisata yang tawarkan pengalaman berlainan, yaitu snorkeling bersama hiu. Kapan kembali dapat nyobain snorkeling bersama hiu yakan?
Bila kamu benar-benar menyenangi aktivitas snorkeling, jadi tidak ada kelirunya untuk singgah ke alam bawah air Banyuwangi. Jika kamu tertarik, kamu dapat singgah ke Bangsring Underwater dan nikmati daya tariknya.

Sisi menarik dari tempat wisata ini ialah pengendalian yang diatur secara langsung Swadaya oleh nelayan di tempat. Hingga karena sangat bagusnya pengendalian itu, membuat lokasi ini sanggup menyikat gelar Penghargaan Kalpataru pemerintahan pusat.

Untuk menuju ke lokasi, kamu dapat mengawali perjalanan menuju Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Jam operasional tempat wisata ini yakni tiap hari pada jam 7 pagi sampai 6 malam. Selanjutnya untuk tiket masuk tidak ada biaya benar-benar atau cuma-cuma, tapi ada biaya retribusi untuk menyeberang pada spot rumah apung yakni sejumlah Rp5.000.

Itu dia informasi lengkap mengenai apa alternatif tempat wisata Banyuwangi yang buat kamu jadi malas pulang karena daya tariknya. Dari semua tempat wisata itu, mana lokasi yang paling ingin kamu datangi?

Jelajahi indahnya alam Indonesia. Cari beragam spot wisata, kuliner, tips dan pengalaman liburan tak terlupakan di traveltodayindonesia.com.

Leave a Comment