Sirup Tjampolay, Kesegaran Autentik dari Cirebon

0
1660
Sirup Tjampolay asli Cirebon.

Cirebon adalah kota dengan catatan sejarah budaya dan masyarakat yang menarik dicermati. Selain itu, kota ini juga memiliki sejumlah kuliner historis yang tentunya terkait dengan budaya dan masyarakat di sana. Sebut salah satunya: sirup Tjampolay.

Sirup bukan minuman yang asing bagi kita. Tak perlu berpanjang-panjang menjelaskannya. Tetapi, tak pas rasanya jika tidak mencoba merasakan sirup Tjampolay yang telah diakui sebagai kekayaan kuliner Cirebon.

Minuman ini diproduksi pertama kali oleh Tan Tjek Tjiu. Dari berbagai sumber, didapatilah tanggal tepatnya pada 11 Juli 1936. Setelah Tan Tjek Tjiu meninggal dunia pada tahun 1964, produksi sirup Tjampolay sempat berhenti beroperasi selama 6 tahun. Kemudian pada tahun 1970, sirup ini kembali diproduksi oleh Setiawan yang tak lain adalah anak dari Tan Tjek Tjiu.

Pabrik sirup Tjampolay tempo doeloe. (foto: kaskus.co.id)

Setiawan tak begitu mulus dalam meneruskan usaha ayahnya. Bahkan perusahaan legendaris ini sempat tutup setelah beberapa tahun sempat dihidupkan kembali.

Rupanya, masa itu hanyalah sekadar jeda untuk mengevaluasi diri. Sebab pada tahun 1983 usaha Sirup Tjampolay kembali bangkit. Bahkan, sirup Tjampolay pun kian ternama dan melekat pada nama Kota Cirebon. Demikian menurut laman seputar-cirebon.com.

Varian rasa

Sebagai kuliner legendaris, tentu saja memiliki varian rasa asli. Begitupun dengan sirup Tjampolay yang pada awalnya hanya memproduksi tiga varian rasa, yaitu rasa rozen rose, asam jeruk, dan nanas.

Seiring perkembangan jaman dan permintaan, sirup Tjampolay pun memproduksi sejumlah rasa baru. Kini, traveler bisa membawa pulang rasa pisang susu, melon, leci, mangga gedong, jeruk nipis dan kopi moka. Uniknya, rasa yang paling terkenal adalah rasa pisang susu.

Informasi penting yang perlu traveler catat adalah sirup Tjampolay terbuat dari bahan-bahan alami dan menggunakan gula murni. Inilah yang membuat cita rasanya tetap terjaga hingga saat ini.

Kemasan klasik

Nah, selain masih mempertahankan cita rasa asli, sirup Tjampolay juga masih setia dengan kemasan klasiknya. Sirup Tjampolay dikemas dalam botol kaca berukuran 630 ml. Botol itu diberi label kertas dan penutup botol yang sederhana. Asal tahu saja, kemasan ini mempertahankan konsep saat pertama kali diproduksi.

Menarik bukan? Sirup memang bukan minuman yang langka, tetapi sirup Tjampolay memiliki cita rasa yang berbeda. Ada nilai sejarah dalam setiap botolnya sehingga cocok jadi buah tangan para traveler yang kebetulan melintasi jalur Pantai Utara Jawa tempat Cirebon berada.

Oh iya, supaya lebih autentik, Anda bisa datang ke alamat Perusahaan Siroop Tjap Buah Tjampolay di Jalan Elang Raya K. 11-12, Kota Cirebon untuk membelinya. (*)

LEAVE A REPLY