hit tracker
Wisata

Menikmati Alun-Alun Bandung yang Begitu Gandrung

TravelTodayIndonesiaAlun-alun Bandung memang dikenal sebagai salah satu alun-alun yang inovatif di Indonesia. Konon ruang publik Bandung ini sering berganti wajah ketika Wali Kotanya berganti. Alun-alun yang terletak di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat ini dilengkapi dengan inovasi hamparan rumput sintetis berwarna hijau.

Alun-alun Bandung memang dikenal sebagai salah satu alun-alun yang berinovasi mempergunakan rumput sintetis untuk melapisi hamparan seluas 4.000 meter persegi ini. Rumput sintetis inilah yang menarik minat wisatawan. Bayangkan saja, Anda dengan nyaman bertiduran, bersenda gurau dan duduk-duduk santai di hamparan hijau rumput sintetis yang rapi.

Tentu hal itu, membuat Alun-alun Bandung menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan malam bagi warganya, khususnya di liburan weekend. Maka, jika di waktu liburan, alun-alun ini begitu ramai dan dipadati oleh pengunjung dari segala umur. Travel Today Indonesia mencoba mampir untuk melihat menariknya Alun-alun Bandung ini di malam hari.

Alun-alun Modern dengan Filosofi Tradisional

Alun-alun Bandung 2

Jika Anda mampir di Alun-alun Bandung ini, Anda dapat melihat bagaimana banyak para polisi pamong praja menjaga agar rumput sintetis tersebut tidak rusak. Maka,  Anda tidak diperkenankan membawa makanan di area rumput alun-alunnya. Anda hanya boleh makan dan minum di pinggiran alun-alun yang disediakan dengan lahan khusus untuk sentra kuliner.

Alun-alun Bandung memang seperti halnya rancangan alun-alun tradisional di Pulau Jawa, yang selalu dilengkapi dengan masjid raya, pendopo, dan beberapa perkantoran pemerintahan. Ketiga unsur itu, senantiasa ada di setiap alun-alun kota besar di Jawa, yang konon mencerminkan tiga hal penting dalam kekuasaan, yaitu agama, pusat pemerintahan dan kerakyatannya.

Ruang Publik Hijau

Ruang Publik Hijau Alun-alun Bandung

Maka, selain Anda dapat menikmati nyamannya rumput sintetis tersebut, Anda juga bisa menikmati malam dengan keindahan menara Masjid Agung Bandung yang bercahaya dan suasana santai dengan berbagai permainan untuk anak di beberapa sudut alun-alun.

Alun-alun Bandung memang dibangun sebagai ruang terbuka hijau yang memberikan suasana pada warganya untuk menikmati ruang publik yang menyenangkan. Jika ruang publik kota nyaman, tentu akan menambah indeks kebahagiaan masyarakatnya. Maka, jika Anda mampir di Bandung, sempatkanlah nongkrong malam di Alun-alun Bandung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button