Bertemu Orangutan di Bukit Lawang

0
440
Wisatawan bersama orangutan di tempat penangkaran Bukit Lawang Sumatra. (foto: image.jimcdn.com)

Bukit Lawang, merupakan tempat wisata di Sumatra Utara yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan eksotis. Wisata alam ini berada di Kecamatan Baharok, Kabupaten Langkat. Bukit Lawang langsung berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, yang memiliki lahan yang sangat luas, sampai membentang ke provinsi Aceh.

Tempat ini menjadi Konservasi Alam dan Penangkaran Orangutan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di kawasan tempat wisata ini, Anda akan melihat keindahan sungai Baharok, yang mengalir deras melewati Bukit Lawang. Dalam portalwisata.co.id, di Bukit Lawang terdapat goa-goa yang terbentuk secara alami. Anda bisa rafting menyusuri sungai dan mampir ke goa-goa indah tersebut.

Untuk mengunjungi pusat penangkaran orangutan, Anda bisa menempuh jarak kurang lebih 20 menit berjalan kaki menyusuri sungai Bahorok, dan naik perahu kecil menyeberangi sungai.

Panorama Bukit Lawang Sumatra. (foto: 2.bp.blogspot.com)

Dalam www.wego.co.id,  trekking merupakan kegiatan wajib yang harus kamu lakukan saat berkunjung ke Bukit Lawang. Bukit Lawang yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser ini memiliki kontur tanah relatif berbukit. Jadi, trekking Anda tak bakal datar-datar saja dan penuh tantangan.

Selain itu, kondisi tanah di kawasan ini juga cenderung basah dan berlumpur layaknya jenis tanah di kawasan hutan hujan tropis. Dijamin petualangan membelah hutan menjadi seru karena ada acara kotor-kotoran terkena lumpur. Ditambah, vegetasi yang ada di kawasan ini juga tinggi dan besar yang bikin suasana jadi terasa sangat rimba. Kalau beruntung, Anda  juga bisa melihat Bunga Bangkai yang sedang mekar.

Selayaknya sebuah taman nasional, Bukit Lawang juga menjadi habitat dari beragam satwa yang hidup secara liar. Saat kelelahan trekking menyusuri hutan, jangan kaget jika Anda lihat banyak binatang. Misalnya, Orangutan, Harimau Sumatera bahkan Badak Sumatera.

Selain itu, Anda juga bisa melihat wujud asli Beruang Madu yang ternyata suka makan buah, bukan madu. Supaya aman, Anda harus jaga jarak dengan satwa liar tersebut, jangan dekat-dekat. Karena prinsipnya, jika mereka tak merasa terganggu, mereka akan tenang saja bahkan cenderung acuh dengan kehadiran Anda.

LEAVE A REPLY