Aneh, Mata Air Cidehem Bergelembung Jika Wisatawan Berdehem!

0
812
Foto: @dangiangtirta/Instagram

Mata Air Cidehem mulai dilirik potensi pariwisatanya lho. Mata air di Ciamis ini, selain cantik juga punya keunikan. Ya, cobalah Anda bergumam atau berdehem, mata air ini akan mengeluarkan gelembungnya. Wow.

Mata Air Cidehem terletak di Dusun Citaman Desa Sandingtaman Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Unik dan cantik, sepertinya layak melekat pada gambaran destinasi ini.

Cidehem yang Berdehem

“Dinamakan Mata Air Cidehem karena sesuai dengan keunikannya, air akan bergelembung-gelembung ketika mendengar orang mengeluarkan suara seperti bergumam atau dalam bahasa sunda ngadehem. Gelembung itu berasal dari dasar karena air yang keluar lebih deras saat ada getaran suara,” ujar Atong Hidayat pemelihara mata air didehem yang juga warga setempat, seperti dilansir Detik Travel.

Atong mengatakan, umumnya yang datang ke Mata Air Cidehem hanya sebatas wisatawan lokal wilayah Kecamatan Panjalu saja.

Foto: deskgram.org/#buligir

Namun kini diharapkan Pemerintah Ciamis melakukan penataan baik di lokasi maupun akses jalan supaya kedepan bukan hanya wisatawan lokal, namun juga dari berbagai daerah.

Menurut cerita, mata air ini dulunya peninggalan dari Syeh Abdul Manaf. Ia merupakan tokoh yang menyebarkan agama islam pertama di wilayah Sandingtaman.

Jauh sebelum itu, sumber Mata Air Cidehem ini juga peninggalan dari Eyang Jagad Nata Tirta Sukma yang konon merupakan manusia pertama di tatar Sunda.

Kelebihan Lain

Mata air ini juga bisa dijadikan sebagai tempat pemandian dengan sensasi dingin, karena air ini bersumber dari kaki pegunungan. Diatasnya juga terdapat sebuah pohon caringin yang menutupi bagian atas kolam, sehingga menjadi teduh.

Mata air ini terletak di kaki pegunungan wilayah setempat. Saat ini belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Oleh karenanya, mata air ini juga menjadi salah satu sumber pengairan bagi warga setempat.

Konon menurut mitos yang berkembang, air di mata air Cidehem ini memiliki khasiat tersendiri tergantung maksud dari masing-masing orang. Namun, hal itu kembali atas seiizin dari sang pencipta dan niat masing-masing.

Sayangnya belum ada pengelolaan yang baik dari pihak pemerintah. Padahal bila dikelola dengan baik, sumber mata air Cidehem bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Ciamis.

LEAVE A REPLY