Ziarah Paskah di Bukit Masbait Pulau Kei Maluku Tenggara

0
483
Bukit Masbait dengan Patung Yesus yang sedang memberkati diatas bola dunia (Foto triptrus.com)

Bukit Masbait atau yang juga dikenal dengan nama Bukit Kelanit yang berada di Pulau Kei, merupakan Bukit Doa yang terletak di Desa Kelanit, Kabupaten Maluku Tenggara. Bukit ini merupakan bukit yang sering digunakan untuk perayaan dan ziarah bagi umat Katolik.

Dalam laman lifestyle.okezone.com, Tiara Putri melaporkan bahwa Bukit Masbait di hari-hari menjelang Hari Raya Paskah, biasanya banyak wisatawan Kristiani terutama Katolik yang datang untuk berziarah. Dan, di hari Jumat Agung, di bukit doa ini juga rutin diselenggarakan prosesi jalan salib.

Dipadati Setiap Hari Raya Paskah

Bukit Masbait merupakan bukit doa yang berada di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pada liburan di puncak Perayaan Paskah, biasanya selalu dipadati oleh banyak peziarah. Mereka tidak hanya berdoa, namun juga melakukan ibadat Jalan Salib di area kawasan bukit doa ini.

Area doa dengan Jalan Salibnya (Foto tripadvisor.com)

Di Bukit Masbait ini, memang dibangun secara khusus bagi umat Katolik untuk berdoa dan berziarah Jalan Salib. Selain, are aJalan Salib, di bukit ini, juga ada Patung Yesus yang berdiri tegak di atas menara dalam posisi memberkati. Namun, selain sebagai tempat ziarah bagi umat Katolik, Bukit Masbait ini juga kerap dikunjungi oleh siapapun wisatawan dari berbagai agama yang ingin menyaksikan keindahan pemandangan pulau-pulau kecil yang terhampar dari kejauhan.

Spot, Pemandangan yang Juga Indah

Di samping itu, bukit ini juga mempunyai spot yang menarik untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Sehingga banyak orang disamping untuk berziarah, mereka juga memanfaatkannya untuk berwisata, bersantai menyaksikkan keindahan alam Pulau Kei ini. Hal itu didukung juga, ada beberapa tempat wisata yang tak jauh dari Bukit Masbait ini, selain Bukit Masbait, Pulau Kei terkenal juga Pantai Pasir Panjang atau Pantai Ngurbloat. Begitu juga ada pemandian di Ewu yang airnya segar dengan pantai yang indah mengelilingi pulau ini.

Kawasan doa dengan pemandangan yang asri dan indah (Foto kei-islands.com)

Bukit Masbait memang berada di desa yang mayoritas dihuni oleh masyarakat yang beragama Katolik. Namun yang jelas, bukit doa ini dikelola bersama sebagai aset masyarakat luas baik yang Kristiani maupun yang beragama lainnya. Menariknya lagi, bukit doa ini dikelilingi oleh tiga desa yang penduduknya memiliki agama berbeda-beda, namun bersama –sama saling menjaga toleransi dan kebersamaannya.

 

LEAVE A REPLY