Yuk Menghilangkan Bayangan di Tugu Khatulistiwa, Pontianak.

0
48
Tugu Khatulistiwa ini menjadi lokasi Wisata Hari Kulminasi Matahari (Foto wisataterindah.net)

Tugu Khatulistiwa yang berada di Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, merupakan titik tepat dimana garis lintang nol derajat bumi, garis yang tepat membelah bumi bagian selatan dan bagian utara. Maka, di titik tugu ini, setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, ramai dikunjungi.

Hal itu dikarenakan, tepat pada periodisasi tanggal-tanggal tersebut, terjadi titik kulminasi, di mana matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Biasanya saat fenomena alam itu berlangsung, banyak wisatawan yang ingin melihat fenomena dimana tidak ada bayangan tugu selama beberapa detik meskipun diterpa sinar matahari.

Sejarah Tugu Khatulistiwa

Untuk itu, di Tugu Khatulistiwa ini menjadi lokasi Hari Kulminasi Matahari, dimana biasanya digelar juga beberapa festival untuk menarik para wisatawan dengan festival Khatulistiwanya. Dalam laman travel.detik.com, dikatakan bahwa tugu ini mempunyai sejarah yang cukup panjang, sejak didirikan pada tahun 1928. Tugu ini didirikan ketika ada rombongan ekspedisi internasional dari Belanda tiba di Pontianak yang bertujuan untuk menetapkan titik khatulistiwa.

Taman di sekitar Tugu Khatulistiwa (Foto tripadvisor.com)

Lalu, di tahun yang sama pula, dibangunlah Tugu Khatulistiwa. Tugu tersebut juga terus disempurnakan pembangunannya. Maka pada 1930, tugu tersebut disempurnakan dengan penambahan lingkaran di bagian atas tugu. Konon, tugu tersebut dibangun dengan menggunakan kayu belian, kayu asli yang berasal dari Kalimantan Barat.

Terus Berbenah dan Dikembangkan Sebagai Sarana Wisata

Dalam laman borneochannel.com, dikatakan bahwa Pemerintah Kota Pontianak sekarang secara rutin menggelar kegiatan Festival Kulminasi. Disamping mempunyai daya tarik mengenai fenomena kulminasi matahari, festival tersebut juga dimeriahkan dengan seni, berbagai expo, ada juga festival makanan untuk menyambut equinox.

Maket blue print rencana pengembangan wisata Khatulistiwa (Foto staticflickr.com)

Pemerintah kota Pontianak tampaknya memang serius menjadikan tugu tersebut sebagai tempat yang istimewa, secara khusus bagi kepentingan wisata. Hal tersebut, sekarang terlihat adanya beberapa renovasi pengembangan daerah sekitar tugu dengan taman kota dan area publik. Pada penataan ulang tugu tersebut nantinya akan dibangun beberapa fasilitas penujang wisata dari hotel, restoran, waterpark, waterfront, pusat souvenir, taman, dan fasilitas lainnya. Dipastikan tugu khatulistiwa nanti akan menjadi objek wisata yang sangat menarik.

LEAVE A REPLY