Yuk Mampir di Sentra Gudeg Mbarek Sleman Jogja

0
206
Gerbang memasuki kawasan sentra gudeg Sleman (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sentra Gudeg Mbarek Sleman yang tepatnya berada seputar Jalan Kaliurang KM. 4.5, Caturtunggal, Depok, Sleman dan khususnya di area Jalan Argo ini merupakan salah satu sentra gudeg Jogja yang sudah terkenal selain Wijilan. Nama “Mbarek” sendiri dikenal oleh masyarakat Jogja karena areanya berada di seputar kampung tua Jogja bernama Barek.

Perintis penjual gudeg di Sentra Gudeg Mbarek Sleman ini adalah Warung Gudeg Bu HJ. Ahmad. Warung Gudeg Bu Hj. Ahmad sudah merintisnya sejak tahun 1990an, disusul kemudian beberapa warung gudeg yang sekarang juga terkenal yaitu Yu Djum, Yu Narni dan beberapa lainnya.

Semenjak itulah Mbarek menjadi sentra gudeg selain di Wijilan. Bahkan, para penjual gudeg besar di Jogja, sudah mulai merintisnya di daerah Mbarek ini. Namun dalam sejarahnya yang telah dirilis laman slemankab.go.id, kawasan Mbarek sebenarnya adalah Dusun Kocoran yang masuk wilayah Desa Catur Tunggal.

Salah satu penyaji gudeg yang terkenal di Mbarek ini, yaitu Gudeg Bu Hj. Ahmad (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sejarah Mbarek

Pada era tahun 1950an sebenarnya sudah ada banyak para penduduk yang berjualan gudeg di area Dusun Kocoran yang sekarang menjadi Mbarek ini. Hal itu dilakukan karena di seputar kawasan dusun ini banyak sekali pohon nangka dan mereka ingin berjualan untuk menyediakan para pelajar awal yang mulai ramai mendiami kampus UGM waktu itu.

Di dusun itulah yang dikenal paling banyak usaha gudegnya, yaitu di wilayah Karangasem. Bahkan konon sejak sebelum Kemerdekaan RI, sudah ada warga Mbarek yang berjualan gudeg. Maka, sejak itulah kawasan Mbarek juga dikenal sebagai sentra gudeg Jogja.

Sentra Gudeg selain Wijilan

Jika Anda ke Jogja, Anda tidak hanya dapat mencicipi aneka sentra gudeg di Wijilan, namun juga di Mbarek ini. Kawasan Mbarek telah menjadi kawasan yang yang ramai karena berdekatan dengan pusat studi dan aneka kampus di Jogja. Anda pun dapat memilih langsung ke sentra gudeg ikon Jogja seperti Bu HJ. Ahmad, Yu Djum, dan Yu Narni atau ke beberapa kampung sekitarnya yang juga menjual aneka gudeg.

Beberapa penyaji gudeg lainnya yang juga terkenal di Mbarek ini, yaitu Yu Djum (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Pada intinya, di kawasan Mbarek ini, Anda akan terpuaskan untuk mencari berbagai macam oleh-oleh kuliner gudeg Jogja. Tentu tergantung pilihan Anda, dari yang sudah terkenal atau langsung ke penyajinya yang lebih merakyat di kampung Kocoran sekitarnya.

LEAVE A REPLY