Yuk, Kenali Surga Tersembunyi Sintang; Air Terjun Nokan Nayan!

0
698
Foto: backpackerjakarta.com

Sudah pernah dengar Air Terjun Nokan Nayan, Traveler? Air terjun tertinggi  di Indonesia ini memang jarang terdengar. Ya, Kabupaten Sintang di Kalimantan Barat ini punya ‘kejutan’ surga wisata alam yang luar biasa.

Maka jangan heran bila Air Terjun Nokan Nayan ini masuk Nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018! Lokasi persisnya ada di Desa Deme, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Air Terjun Tertinggi dan Terbesar

Air Terjun Nokan Nayan berada di pedalaman Pulau Kalimantan yang merupakan salah satu air terjun tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Saking tingginya, menurut www.travedisi.com, pemandangan derasnya air pada dasar air terjun tersebut hanya menghasilkan gumpalan embun saja, hal tersebut dikarenakan banyak nya bebatuan yang memecah jatuhan air terjun hingga menjadi embun.

Air Terjun Nokan Nayan terdiri dari dua air terjun dengan dua sumber sungai berbeda namun jatuh dalam satu tempat diujung sebuah lembah, yaitu Air Terjun Nokan Nayan dan Air Terjun Jongonoi.

Debit air kedua air terjun di ketinngian ini sangatlah besar, apalagi  saat musim penghujan, sehingga penampakan kabut yang membumbung tinggi dan membentuk pelangi abadi dibawahnya saat siang terik terbentuk. Wow!

Foto: sakatiganews.com

Deru suara jatuhnya air begitu bergemuruh, indah, dan mendebarkan.  Lukisan alam yang luar biasa. Bisa Anda saksikan dari hasil bidikan kamera beberapa wisatawan yang pernah melihatnya secara langsung. Wow, menakjubkan sungguh!

Kisah Ghaib dan Pantangan

Tak hanya cerita keindahan Air Terjun Nokan Nayan saja yang menarik lho, tapi juga mitos cerita ghaib yang santer terdengar. Masyarakat percaya Air Terjun Nokan Nayan merupakan kampung mahluk halus.

Air Terjun Nokan Nayan juga dijadikan tempat ritual adat tertentu oleh masyarakat, baik itu hanya memberikan persembahan atau pun menyampaikan keinginan cita-cita pribadi maupun kelompok.

Nah, untuk itu, terdapat beberapa pantangan yang tak boleh dilanggar. Anda tidak boleh mengucapkan kalimat sembarangan, apalagi dalam volume suara yang tinggi. Bersopan santunlah terhadap penghuni lama di sana.

Anda juga tidak boleh bernafas terlalu berlebihan, baik itu karena kecapekan atau tidak sengaja,  aneh ya?

Yang berikutnya lebih aneh lagi, Anda tidak boleh istirahat sambil bersandar. Hmm, saat istirahat lebih baik langsung berbaring saja atau hanya jalan-jalan di sekitaran air terjun, sambil mengontrol nafas yang terlelah karena perjalanan.

Jangan lupa bawa perbekalan dan makanan yang lebih, sebab perjalanan menuju ke Air Terjun Nokan Nayan butuh tantangan lebih, sementara lokasi air terjun ini jauh dari keramaian pasar.

LEAVE A REPLY