Yuk, Intip Berbagai Destinasi Wisata di Gayo Lues!

0
51
Salah satu wisata seribu di Kota Seribu Warung Kopi, Aceh, di perkebunan kopi. Termasuk juga wisata edukatif untuk melihat proses panen kopi arabica varietas Gayo. (foto: Rahmat JK From Gayo)

Gayo Lues terkenal dengan Kampung Wisata Agusen atau disebut Kampung Inggris. Namun tak hanya itu, berbagai destinasi wisata menarik di Gayo Lues mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara lho.

Apa saja sih destinasi wisata di Gayo Lues Ini? Menurut Serambinews.com, berbagai destinasi wisata itu adalah:

Pintu utama pendakian Gunung Leuser di Kedah

Orangutan Sumatra di Taman Nasional Gunung Leuser yang wajib dilindungi. (foto: http: travel.grivy.com)

Pintu utama ini ada di Penosan, Kecamatan Blang Jerango. Dari sini, untuk bisa mencapai puncak Gunung Leuser yang tinginya 3.119 mdpl, Anda harus melewati Pintu Rimba, Simpang Air, Bipak I, Puncak Angkasan, Kulit Manis I, Kulit Manis II, Kulit Manis III.

Lalu lanjut ke Lintasan Badak, Pepanji, Blang Beke/Padang Rumput, Camp Alas, Rantau Panjang, Kolam Badak, Bipak III, Camp Putri, Bipak Kaleng, Bipak Batu, Krueng Kluet, Simpang Tanpa Nama, Lapangan Bola, Puncak Loser dan Danau Leuser. Kini sampailah Anda di puncak Leuser setelah menempuh perjalanan sejauh 51 km.

Berawang Pungkih

Merupakan lokasi wisata pemandian alam di Sungai Agusen yang berhulu langsung di kaki Gunung Leuser. Terletak di wilayah Uken, Kampung Wisata Agusen, Berawang Pungkih juga menawarkan wisata kebun kopi serta permainan tubing sungai untuk keluarga.

Lokasi ini juga menjadi satu jalur pendakian ke puncak Gunung Leuser yang menawarkan hutan alami dengan keanekaragaman hayati, serta aliran mata air yang sangat jernih di wilayah Aih Gembolo.

Di lokasi wisata ini dapat dilakukan kegiatan wisata antara lain: pemandian keluarga, tubing sungai, taman bermain, serta wisata minat khusus seperti hiking, birdwatching, wildlife camping, dan sarana penelitian sebagai laboratorium alam.

Foto: seberugayo.blogspot.co.id

Tanjung Lipet

Sebuah ngarai atau lembah sungai berupa tebing batu yang curam dan dikelililingi oleh hutan yang masih alami di wilayah Toa, Kampung Wisata Agusen. Keindahan alam serta keanekaragaman hayati Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) menjadi satu atraksi/aktivitas wisata unik yang dapat dijumpai dengan di Tanjung Lipet ini. Di lokasi wisata ini dapat dilakukan kegiatan wisata minat khusus seperti tracking, tubing jeram, birdwatching, wildlife camping, dan lain-lain.

Pemandian Air Panas di Kecamatan Putri Betung

Setiap akhir pekan, para pengunjung memadati lokasi pemandian air panas di Desa Air Panas, Kecamatan Putri Betung, Gayo Lues. Banyak warga datang ke lokasi ini untuk menikmati kehangatan air yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Misalnya, ada warga pengidap reumatik sengaja berendam di kolam air panas untuk menyembuhkan penyakitnya itu.

Masih banyak lagi lho, berbagai objek wisata alam di Gayo Lues. Sebagian besar sudah dikenal masyarakat seperti air terjun Akang Siwah di Kecamatan Blang Pegayon, air terjun Rerebe di Kecamatan Terangon, wisata ekosistem Leuser di Kecamatan Puteri Betung, dan berbagai serta aktivitas wisata lainnya yang bisa dilakukan jika kita berkunjung ke Gayo Lues. Asyik kan?

LEAVE A REPLY