Yuk Eksplor Pesona Cilacap di Sodong Culture Symphony 2018

0
514
Di tempat keren ini, Pantai Sodong, event menarik Cilacap bakal digelar. (foto: Milik Kita Bersama)

Pesona Cilacap bakal kembali on. Eksotismenya, pantainya, keragaman budayanya, bakal kembali dieksplore habis-habisan. Semuanya akan tersaji dengan keren di Sodong Culture Symphony (SCS), 26 -28 Januari 2018.

Acaranya dicreate langsung oleh anak-anak Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Cilacap. Lokasinya dijamin keren. Spotnya di Pantai Sodong, Adipala Cilacap. Standarnya pun global. Di sana wisatawan akan diajak mengeksplor keindahan Pantai Sodong serta magisnya Gunung Selok, Cilacap.

“Yang ingin datang, silakan ke Cilacap. Cilacap bukan kota buntu. Dijamin SCS bakal tampil beda. Wisatawan akan kami ajak mengeksplor keindahan Pantai Sodong. Dan semuanya akan dibalut dengan musik serta seni budaya,” kata Program Director SCM Prastio Andi Prayogi, pekan lalu.

Foto: Kemenpar/Facebook

Yang suka seni budaya, ada Pesona Tari Jalungmas. Tarian unik perpaduan budaya Jawa dan Sunda. Dibawakan secara kolosal, tarian tersebut dipastikan akan menghipnotis para wisatawan. Bukan sekedar sajian tarian saja. Penonton nantinya juga akan diajak menari bersama di acara tersebut.

“Tariannya untuk mengapresiasi karya Maestro Tari Jalungmas ibu Tiek Entarti. Nanti juga para penari akan mengajak para wisatawan untuk ikut menari,” tambah pria yang akrab di sapa Pras tersebut.

Event tersebut juga menampilkan Sodong Carnival yang unik. Maklum, carnivalnya dilaksanakan di atas pasir Pantai Sodong. Spiritnya bunga Wijayakusuma, bunga magis pantai selatan. Busana pesertanya juga unik. Pada carnival ini para peserta diwajibkan untuk memadukan busana batik dengan bahan bekas sebagai hiasannya.

“Temanya “Beauty of Wijayakusuma”. Konsepnya karnaval batik atau karya bahan bahan bekas di padu padankan dengan glamor atau pun bersayap. Sekitar 200 peserta dari daerah banyumasan akan mengikuti karnaval ini,” ujar Pras.

Kuliner serta pernak pernik khas Cilacap pun tak ketinggalan. Ada Pasar Cemaraan yang siap menemani. Kuliner khas seperti thempleng, lanthing, mendoan, lepet bakalan mengisi lapak di Pasar Cemaraan. Lapaknya pun digelar setiap hari di bawah pohon cemara pantai Sodong.

“Sampai saat ini sudah ada 18 lapak yang ikut. Ada dua konsep lapak yang akan kita hadirkan. Panggon Garing utk stand pernak pernik serta Panggon Tales buat kuliner. Kita bedakan sesuai jualannya. Biar wisatawan mudah,” ujar Pras.

Kemeriahan tak akan berhenti sampai di situ. Sodong Bejazz Pesisir bakalan bikin Malam Minggu wisatawan makin oke. Pengisi acaranya dijamin paten-paten. Ada Sruti Respati, Jess Kidding dan Nufi Wardhana yang bakalan menemani wisatawan bermalam mingguan. Balutannya 1000 obor dinyalakan di pinggir pantai.

“Konsep Jazz Pesisir kita angkat untuk mengenalkan betapa eksotiknya Pantai Sodong. Majestiknya Gunung Selok di Pesisir Selatan Jawa menambah daya magisnya. Apalagi acaranya bakalan di balut dengan 1000 obor. Pasti cozy abis,” kata Pras.

LEAVE A REPLY