Yuk! Datangi Pertunjukan Wayang Cenk Blonk di Lokasi Pengungsian Karangasem Bali!

0
541
Foto: cdn.idntimes.com

Datang yuk di Pagelaran Wayang Cenk Blonk dan perlombaan kesenian serta permainan tradisional, di Lokasi Pengungsian UPT Pertanian, Rendang, Karangasem, Bali.

Menurut info Kemenpar, acara ini akan diselenggarakan pada 23 Febuari 2018, pk.15.30 – selesai. Rangkaian acarapun telah disusun sedemikian rupa.

Berbagai dasar kegiatan dari pagelaran di tempat pengungsian ini memanglah mempunyai tujuan mulia. Salah satunya, menyediakan hiburan bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Agung Bali.

Wayang Cenk Blonk sendiri apa sih?

Nah, menurut wikipedia, Wayang Cenk Blonk merujuk pada nama kelompok pertunjukan wayang kulit kontemporer yang berasal dari Bali dan dipimpin oleh I Wayan Nardayana sebagai dalang.

Kelompok pertunjukan wayang kulit kontemporer Cenk Blonk, merupakan salah satu kelompok pertunjukan wayang kulit paling populer di Bali saat ini.

Foto: Kemenpar/Facebook

Ini karena dalam pertunjukannya, wayang Cenk Blonk menghadirkan alur cerita klasik namun dinamis dan penuh lelucon yang berkaitan dengan isu sosial-politik yang tengah berkembang di masyarakat.

Tidak hanya alur cerita, modifikasi juga dilakukan terhadap pensuasanaan pertunjukan wayang. Dalam pertunjukan wayang kulit Cenk Blonk biasanya ditemukan tambahan lampu warna-warni sebagai penghias layar, suara latar tambahan untuk mendukung cerita, dan layar yang lebih besar jika dibandingkan dengan layar pada pertunjukan wayang kulit pada umumnya.

Selain itu, dibandingkan kelompok pertunjukan wayang kulit di Bali pada umumnya, kelompok pertunjukan wayang kulit Cenk Blonk memiliki jumlah kru pendukung lebih banyak yakni dapat mencapai 50 orang.

Wayang Cenk Blonk yang sarat pesan sosial dan dikemas dengan penuh humor ini sejatinya akan menghibur penduduk di lokasi pengungsian Karangasem itu.

LEAVE A REPLY