Yuk Cicipi Aneka Jajan Pasar Tradisional di Pasar Wisata Tawangmangu

0
536
Aneka Jajan Pasar di Pasar Wisata Tawangmangu (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Pasar Wisata Tawangmangu memang sudah dikenal menjadi ampiran menarik bagi wisatawan yang menuju atau pulang dari berwisata di seputar Tawangmangu, Karanganyar Solo ini. Selain sebagai sentra ubi ungu, di pasar wisata ini, Anda juga dapat menemukan kuliner jajanan tradisional yang tersedia dengan berbagai macam ragam dari jadah srundeng, sagon, cenil,  jenang hingga snack ringan.

Anda dapat menemukannya di beberapa sudut pasar, dari pintu masuk hingga sekitar area dalam. Ada yang disajikan dengan memajangnya di sekitar jalan, namun juga ada yang ditata dalam ruko-ruko. Hampir sebagian besar para penyaji memajang dengan baskom-baskom yang berisi berbagai macam jajanannya tersebut.

Bermacam Ragam dan Murah Harganya

Harganya juga sangat murah, per bungkusnya hanya sekitar Rp. 4000 hingga paling mahal Rp. 10.000 an. Dan, itupun tergantung dengan jenis pesanan Anda. Ada banyak jajanan khas tradisional Tawangmangu yang menarik dan mengundang selera ini. Salah satu yang paling enak dan terkenal adalah jadah srundeng dan cenil.

Ada bermacam ragam, dari sagon hingga jadah srundeng (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Jadah srundenganya ini memang termasuk khas dan favorit bagi para pengunjung Pasar Wisata Tawangmangu. Biasanya jika Anda membelinya, jadah srundeng ini diletakkan dan dibungkus dengan daun pisang yang ditangkupkan dengan kertas koran. Rasanya enak dan gurih, apalagi dengan rasa srundeng kelapa yang manis memikat.

Dari Srundeng Hingga Cenil

Tidak hanya jadah srundeng kelapa, juga ada cenil yang enak dan mengundang selera dengan berbentuk bulat-bulat kecil, seperti buah berry itu. Cenil ini pun, biasanya ditaburi tirisan parutan kelapa atau taburan gula pasir yang membuat rasanya semakin enak. Biasanya, di dalam satu bulatan Cenil ini, ada gula Jawa yang membuatnya semakin nikmat.

Jadah Srundeng yang murah meriah dan enak (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Tentu, di Pasar Wisata Tawangmangu masih banyak tersedia berbagai makanan jajanan tradisional lainnya yang murah meriah berselera. Anda tinggal saja memburu dan mencarinya di sepanjang los pasar ini. Namun, yang patut diperhatikan, ketika di hari libur, tentu pasar ini akan ramai sekali, sehingga, bersiaplah Anda untuk berdesakan.

LEAVE A REPLY