Yuk, Cermati 4 Tips Diving Aman di Taman Nasional Komodo!

0
485
Foto: trekkingkomodo.com

Traveler, bagi Anda yang sangat menyukai keindahan bawah laut, tentu mesti memperhatikan beberapa hal agar Anda merasa nyaman melakukan diving. Berbagai wisata bahari di Indonesia memiliki keunikannya sendiri, tak terkecuali di Taman Nasional Komodo ini.

Berbagai spot menarik ada di Taman Nasional Komodo ini. Namun jangan terlena karena perairan bawah laut Taman Nasional Komodo memiliki arus bawah laut yang kuat. Nah, dikutip dari travelingyuk.com, berikut 4 tips agar diving saat liburan Anda tetap aman di Taman Nasional Komodo:

1. Taati instruksi

Instruksi di darat amat penting untuk diterapkan di bawah laut ini. (Foto: www.twofortheworld.com)

Meskipun terasa panjang dan membosankan, atau meskipun Anda sudah tak sabar untuk segera ‘bermain’ air, atau juga meskipun Anda telah terbiasa menyelam, jangan pernah sepelekan instruksi yang diberikan oleh dive master yang siap menjadi pemandu Anda.

Semua itu akan benar-benar berguna saat Anda mulai menyelam di bawah laut sana. Jangan pernah terlena dan selalu fokus. Tanyakan hal yang masih membuat Anda ragu.

2. Hafalkan isyarat tangan

Perhatikan habitat bawah air yang menakjubkan itu. (Foto: www.komododivecenter.com)

Komunikasi verbal sangatlah tak mungkin di bawah air, maka isyarat komunikasi yang bsa digunakan adalah dengan menggunakan isyarat tangan. Maka, hafalkan.

Beberapa isyarat tangan yang penting antara lain, jempol menunjuk ke atas yang berarti harus segera ke permukaan, jempol ke bawah untuk menyelam lebih dalam, telapak tangan yang bergerak seperti gelombang menandakan ada bahaya, dan garis horizontal di leher yang menandakan oksigen mulai menipis.

3. Jangan jauh-jauh dari pemandu

Meski sedang asyik berfoto bersama pari manta yang super populer itu, tetap dekat dengan pemandu ya. (Foto: media.travelingyuk.com)

Mengagumi pemandangan bawah laut yang menakjubkan sih oke-oke saja. Namun jangan sampai terlena lho ya. Apalagi jika hal ini membuat Anda jadi menjauh dari pemandu. Keasyikan mengambil gambar tanpa mewaspadai sekitar itu berbahaya. Bisa-bisa malah terseret arus tanpa Anda menyadarinya.

4. Tetap tenang

Marischa Prudence yang nampak tenang saat diving. (Foto: marischkaprudence.blogspot.co.id)

Jika kehilangan ketenangan lalu menjadi panik, Anda tak akan dapat melakukan apa yang telah diinstruksikan dengan baik. Ketakutan memang wajar, tapi hindari kepanikan. Sekali lagi, jangan jauh-jauh dari pemandu Anda!

LEAVE A REPLY