Yuk Berziarah Nasional di Makam RA. Kartini, Rembang

0
446
Kompleks Makam RA. Kartini di Rembang. (Foto: rri.co.id)

Makam RA. Kartini yang berada di Jalan Raya Rembang – Blora, Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, merupakan salah satu makam nasional yang sekarang sudah dikenal cukup luas, sejak diresmikan sebagai wisata sejarah dan ziarah nasional pada tahun 2017.

Dalam laman regional.kompas.com, diberitakan bahwa Makam RA. Kartini ini pada tahun 2017 diresmikan langsung sebagai tempat ziarah nasional oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz, tepat di hari peringatan Kartini ke-138.

Semakin Ramai untuk Berziarah Nasional

Lokasi Makam RA. Kartini memang di dalam kompleks pemakaman keluarga besar Kanjeng Raden Mas Adipati Arjo Singgih Djojoadiningrat yang juga sebagai bupati pertama Rembang. Dalam laman travel.detik.com, dikatakan bahwa ketika memperingati hari lahir Kartini setiap tahunnya, makam ini selalu dikunjungi banyak orang untuk mengikuti tahlil umum.

Sukinah, seorang perempuan Kendeng yang berziarah nasional ke makam (Foto mongabay.co.id)

Makamnya memang dibuka untuk umum, apalagi makam ini untuk tujuan berziarah nasional. Untuk berkunjung ke Makam RA. Kartini, memang tidak ada persyaratan khusus atau ketentuan tertentu. Makam ini memang dibuka untuk umum setiap harinya. Apalagi juga tidak ada restribusi khusus, hanya sumbangan sukarela saja untuk perawatan.

Disamping wisata sejarah dan memorial Kartini yang lainnya, seperti Museum dan Rumah Perjuangan RA. Kartini, kunjungan ke Makam RA. Kartini ini termasuk tujuan wisata ziarah yang favorit, apalagi mendekati peringatannya. Ada banyak kunjungan dan ziarah, termasuk anak-anak sekolah yang diboyong oleh gurunya untuk mengenal perjuangan RA. Kartini sebagai tokoh emansipasi di Indonesia.

LEAVE A REPLY