Yuk, Belajar Kearifan Lokal di Galeri Wayang Purwakarta

0
46
Galeri Wayang yang terletak di kawasan Kantor Bupati Purwakarta (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Galeri Wayang yang tepatnya terletak di area kawasan Kantor Bupati Kabupaten Purwakarta memang dibangun untuk memberikan wisata edukatif bagi para generasi muda untuk semakin mengenal kekayaan dan nilai-nilai budaya nusantara. Galeri ini memang sengaja dibangun satu kompleks dengan Kantor Bupati, agar warga lebih leluasa untuk mengenal dan sadar akan kearifan budaya nusantara.

Travel Today Indonesia menyambanginya untuk menelisik kemenarikan Galeri Wayang ini. Letaknya yang berada di kawasan kompleks Kantor Bupati Purwakarta, membawa galeri ini sebagai media edukatif bagi siapapun pengunjungnya. Bapak Bupati Dedi Mulyadi memang menginginkan agar galeri ini menjadi sarana edukatif bagi setiap warga yang berkunjung ke kantornya.

Tata ruang yang apik, dengan relief dan digital book yang interaktif (Purwono NA/Traveltoday)

Maka, tak heran jika galeri yang dibangun dengan begitu evokatif dan edukatif ini dibuat gratis tanpa tiket masuk. Tujuannya, agar setiap warga yang berkunjung ke Kantor Bupati dapat belajar mengenai kearifan wayang. Bahkan, di Kawasan kantor Bupati Purwakarta ini juga akan dilengkapi dengan bangunan untuk pengembangan seni dan budaya.

Oleh karena itu, selama dua tahun ini, Purwakarta dikenal sebagai salah satu kota kabupaten yang mengembangkan Pesona Sunda yang begitu masif dan aktif di segala sektornya. Galeri Wayang ini akan membawa Anda mengenal secara sepintas informasi mengenai sejarah wayang nusantara dan secara khusus Pasundan.

Tata Ruang yang Edukatif dan Menarik

Di dalamnya, Anda akan disajikan ruang syahdu dengan tata lampu yang apik, dari relief hingga ruang pamer berbagai wayang unik nusantara. Galeri Wayang ini juga menampilkan khasanah Wayang Betawi, Wayang Golek, Wayang Cepak dan Babad Cirebon, Wayang Santri, hingga Wayang Kulit umumnya.

Disamping tata pamer, juga ditampilkan digital book yang dapat Anda gunakan untuk membaca sekilas sejarah berbagai wayang nusantara yang sudah berkembang selama ini. Menurut staf informasi galeri, relief dan tata pamer didesain oleh seorang pakar pengrajin Sunda bernama Bapak Isak  Perkasa. Sedangkan berbagai wayang juga diambil dari para pengrajin wayang yang terkenal dari Desa Cibiru Cileunyi Jawa Barat.

Relief cerita sejarah wayang nusantara dengan tata lampu yang apik (Purwono NA/Traveltoday)

Galeri Wayang ini dibuka setiap hari pada hari kerja pada Jam 10.00 hingga pukul 18.00. Biasanya para pengunjungnya adalah anak-anak sekolah sekitar Purwakarta yang diajak untuk belajar mengenal budaya. Namun, letaknya yang berdekatan dengan Kantor Bupati, tak menutup kemungkinan para tamu Bupati sambil menunggu juga diharapkan mengunjungi Galeri Wayang ini.

LEAVE A REPLY