Ya’ahowu Nias Festival, Lestarikan Budaya Leluhur!

0
532
Foto: kementerian Pariwisata/Facebook

Ya’ahowu Nias Festival bakal digelar demi lestarikan budaya leluhur. Event tahunan daerah yang kaya akan budaya leluhurnya ini akan berlangsung di Nias Selatan pada 16-20 November 2018.

Peluncurannya, yang diadakan pada Senin malam (25/06/2018) di Balairung Soesilo Soedarman, diresmikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Menteri Hukum dan HAM yang juga sebagai tokoh masyarakat Nias, Yasonna Laoly.

Turut hadir, Bupati Nias Selatan, Hilarius Huda. Event yang berhasil masuk dalam agenda Top 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia ini dulu dikenal dengan nama pesta Ya’ahowu. Ini merupakan pesta budaya masyarakat Kepulauan Nias.

Potensi Pariwisata Nias

Atraksi budaya Kepulauan Nias, lompat batu dan tari perang menjadi pembukaan pada launching Yaahowu Nias Festival 2018.

Selain itu, pesta ini diisi dengan pagelaran seni dan budaya leluhur masyarakat Nias dari empat kabupaten dan satu kotamadya.

Foto: Kementerian Pariwisata/Facebook

Ya, Kepulauan Nias memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata. Banyak hal yang bisa Anda nikmati mulai dari pariwisata alam, budaya, hingga wisata buatan manusia.

Surfing kelas dunia, panorama bahari pantai pasir putih, serta keunikan atraksi budaya lompat batu di Desa Bawomataluo.

Rangkaian Acara Menarik

Rangkaian acara menarik telah dipersiapkan untuk mengajak anda mengenal budaya Nias di Ya’ahowu Nias Festival 2018.

Ada atraksi tari perang spektakuler, seperti dilansir Kompas.com, yang didukung oleh 1.000 penari, pameran pembangunan, produk unggulan dan kuliner Nias, Ya’ahowu Nias Parade, atraksi budaya dari kabupaten kota se-Kepulauan Nias, Ono Niha Sea Food, and Barbeque Festival, dan lomba voli pantai.

Tak ketinggalan budaya unik pelompatan batu kolosal yang didukung oleh 100 pelompat batu yang akan masuk rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Selain memperkenalkan budaya leluhur dan wisata, pada kesempatan yang sama juga akan diadakan event World Surfing League (WSL) Nias 2018 untuk memperkenalkan Pulau Nias sebagai destinasi wisata surfing kelas dunia.

Acara yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata ini akan diadakan pada 24-28 Agustus 2018 di Pantai Sarake, Nias Selatan.

Acara ini diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisata ke Nias sekaligus mendukung program pariwisata nasional. Tahun ini Ya’ahowu Nias Festival menargetkan sekitar 50.000 pengunjung.

LEAVE A REPLY