Wah, Ada “Big Yellow Taxi” di Museum Angkut

0
35
“Big Yellow Taxi” yang terkenal dan legendaris (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Jika Anda berwisata ke Museum Angkut, Batu, Malang, perhatikanlah, ada salah salah satu sudut evokatif koleksi mobil kuno dengan “Big Yellow Taxi” nya. Ingatkah dengan sebuah lagu yang berjudul “Big Yellow Taxi” yang dinyanyikan oleh Joni Mitchell pada tahun 1970? Sebuah tembang lawas yang mengkaitkan pengalaman dari seorang wartawan Alan McDougall ketika menggunakan “Big Yellow Taxi” berkeliling Hawaii.

Lagu “Big Yellow Taxi” pun juga dinyanyikan ulang oleh Maire Brennan, Amy Grant dan grup Counting Crows. Mobil taxi dengan sebutan “Big Yellow Taxi” sebenarnya merupakan jenis mobil yang dikatakan sebagai New York Cab. Dalam laman telegraph.co.uk, mobil taxi berwarna kuning menarik ini merupakan salah satu rangkaian medallion taxis yang terkenal di tahun-tahun 1967.

Koleksi mobil kuno lainnya di Gangster Town (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Pada tahun 1967, New York memang memerintahkan semua “taksi” ini dicat kuning untuk mengurangi para supir yang tidak resmi, sehingga membuat taksi lebih mudah dikenali. Model New York Cab dengan medallion taxis ini juga yang akhirnya banyak digunakan di daerah Karibia dan Hawaii sebagai bagian dari budaya Amerika.

Maka, jika Anda menemukan “Big Yellow Taxi” ketika mengunjungi Museum Angkut, jangan terburu-buru pergi, berswa fotolah untuk mengingat sejarah panjang kemenarikan “Big Yellow Taxi” ini. Tentu koleksi evokatif mobil di Museum Angkut tidak hanya dengan “Big Yellow Taxi” ini saja. Masih ada banyak koleksi mobil kuno yang mempunyai dimensi sejarah, khususnya ada yang lebih kuno yaitu keluaran 1910, dengan Buick Ten Toy Tonneau dari Amerika Serikat.

Di beberapa sudut, ada banyak koleksi mobil kuno yang klasik (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Luas dan banyaknya koleksi di Museum Angkut, tentu kadang akan membuat Anda melewati beberapa koleksi. Namun, jika Anda mulai memasuki area Gangster Town, perlahanlah dan amatilah dengan seksama, karena ada “Big Yellow Taxi” yang legendaris itu. Apalagi sambil Anda mengingat dan mendendangkan lagunya yang pernah disenandungkan oleh Counting Crows,

“No no no

Don’t it always seem to go,

That you don’t know what you’ve got

Til its gone

They paved paradise

And put up a parking lot”……

LEAVE A REPLY