Wow, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang Amat Memukau!

0
507
Presiden Jokowi kunjungi terminal baru Bandara Ahmad Yani. (Foto: presidenri.go.id)

Traveler, terminal baru bandara di Semarang memang amat memukau. Penampilannya begitu mempesona dan membanggakan. Ya, terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang ini belum lama mulai dioperasikan secara resmi oleh PT Angkasa Pura I (Persero).

Bandara ini layak dipandang sebagai ikon baru dan kebanggaan masyarakat Semarang, Jawa Tengah. Bayangkan saja, Bandara Ahmad Yani menjadi terminal bandara terapung pertama di dunia. Wow!

Ya, berada di atas rawa dan dikelilingi kolam, terminal ini dibangun dengan kokoh. Bahkan Presiden Jokowi saja merasa kaget dengan rampungnya terminal baru ini karena selesai lebih cepat dari target semula. Apresiasi diberikan oleh Bapak Presiden.

Konsep Eco-airport, Apa Itu?

Terminal baru ini mengusung konsep eco-airport. Ini merupakan hal yang sungguh menarik perhatian.

Ruang tunggu. (Foto: seputarsemarang.com)

Menurut krjogja.com, desain terminal baru Bandara Ahmad Yani mengadopsi konsep eco-airport, di mana bandara direncanakan, dikembangkan, dan dioperasikan dengan tujuan menciptakan sarana dan prasarana perhubungan yang ramah lingkungan, serta berkontribusi positif kepada lingkungan hidup.

Sebagian besar bangunan terminal berdiri di atas air dan dikelilingi kolam, mulai dari gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park area.

“Hal ini dimaksudkan untuk mengakomodir konteks lahan yang sebelumnya merupakan lahan rawa,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Jumat (8/6/2018).

Untuk mendukung pelestarian lingkungan yang dapat menghadirkan banyak keistimewaan, baik dari aspek fisik, ekologi, maupun ekonomi, Pada area bandara juga ditanami 24 ribu bibit mangrove.

“Keberadaan hutan mangrove di sekitar bandara nantinya dapat dikembangkan sebagai obyek wisata alam tersendiri,” tambah Faik.

Ruang lain yang lebih besar. (Foto: seputarsemarang.com)

Target Gold Certificate

Bandara ini juga ditargetkan mendapatkan Gold Certificate dari Green Building Council Indonesia (GBCI), di mana saat ini aspek desain Bandara Ahmad Yani sedang dalam proses untuk mendapatkan Gold Certification Design Recognition dari GBCI.

Dalam hal fasilitas, bangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani memiliki luas 58.652 meter persegi, serta apron baru yang mampu menampung 12 pesawat.

Terminal ini juga dilengkapi dengan 30 konter check-in, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, serta 3 buah garbarata. Tersedia pula gedung parkir yang mampu menampung 1.200 kendaraan. Luar biasa!

LEAVE A REPLY