Wow, Modal Rp1 Juta Bisa Liburan 5 Hari di Bali! Ini Tipsnya

1
355
Seorang turis dengan motor yang disewanya di Bali. (foto: Blog Gotravela)

Banyak orang berpikir bahwa liburan ke Bali itu mahal. Sebenarnya tidak juga. Asal kita tahu cara menyiasatinya. Tentu saja dengan perencanaan yang matang dan penghitungan pengeluaran secara detail.

Apakah mungkin hanya dengan modal Rp1 juta selama 5 hari bisa menginap di hotel, makan, dan mengunjungi semua wisata andalan di Bali? Tentu saja sangat bisa.

Travel Today punya tips yang dapat Anda jadikan sebagai referensi liburan murah. Mari kita mulai.

Kalau dihitung secara kasar, Rp1 juta untuk lima hari berarti satu hari itu dijatah Rp200 ribu. Itu sudah termasuk semuanya. Kok sepertinya enggak mungkin ya? Coba kita bedah satu per satu.

Kebutuhan utama liburan ada empat, yaitu penginapan, transportasi, makan, dan kunjungan ke destinasi wisata. Anda bisa langsung bagi uang anda dengan tiga komponen utama.

Penginapan murah

Rp100 ribu untuk penginapan per malam. Berarti Rp400 ribu untuk pos penginapan. Ada banyak hostel domitory yang biayanya Rp100 ribu per malam. Satu kamar bisa berempat sampai berdelapan. Coba telusuri di daerah Poppies satu dan dua. Di sepanjang jalan itu banyak penginapan murah yang sesuai dengan budget anda.

jl poppielane - Wow, Modal Rp1 Juta Bisa Liburan 5 Hari di Bali! Ini Tipsnya
Jalan Popies atau dikenal dengan Poppies Lane di Kuta, Bali. (foto: Blog sayainginkesana)

Jika tidak mau ramai-ramai. Anda bisa juga sewa kamar. Asal patungan berdua bersama teman. Bisa juga sewa homestay yang terdapat di rumah-rumah penduduk dengan tarif berkisar Rp100 ribu sampai dengan Rp250 ribu per malam. Jadi sisa uang anda masih Rp600 ribu.

Makan

Komponen kedua adalah makan. Karena ini berhubungan dengan perut sehingga harus diutamakan.

jinggo bu jero 9 e1511930492731 - Wow, Modal Rp1 Juta Bisa Liburan 5 Hari di Bali! Ini Tipsnya
Nasi jinggo Bali.

Untuk makan, jangan khawatir. Pagi hari bisa sarapan roti dengan teh manis modal Rp5 ribu sampai Rp10 ribu saja. Atau beli nasi jinggo yang banyak terdapat di sepanjang jalan raya Kuta dan Legian dengan harga yg sama.

Untuk makan siang dan malam, bisa cari warung ibu-ibu yang terdapat di Pasar Kuta atau Pasar Legian. Dengan modal Rp20 ribu sudah lengkap dengan sayur, lauk ikan atau ayam serta es teh manis. Jika anda berada di lokasi wisata, carilah warung makan ibu-ibu yang agak di luar area wisata. Harganya jauh lebih murah.

Transportasi lokal

Sedangkan untuk kendaraan, traveler bisa menyewa sepeda motor seharga Rp50 ribu per hari. Itu bisa dua belas jam. Kalau patungan berdua bersama teman tentu saja bisa lebih murah. Sisa uangnya bisa dipakai untuk membeli bensin.

Tempat wisata? Banyak yang gratis!

Untuk tempat wisata, jangan khawatir. Sebagian besar tempat wisata di Bali itu gratis. Hari pertama habiskan waktu anda di sekitar kuta. Kunjungi pantai-pantai yang sangat terkenal di Bali seperti Pantai Kuta, Legian, Seminyak, dan Kerobokan. Disana anda bisa berenang, berjemur atau bermain bola bersama anak-anak pantai. Semuanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari daerah Poppies.

Kuta Bali - Wow, Modal Rp1 Juta Bisa Liburan 5 Hari di Bali! Ini Tipsnya
Pantai Kuta, Bali. (foto: readtiger.com)

Hari kedua sewalah motor dan bawalah menuju daerah Uluwatu. Ada banyak pilihan pantai yang sangat indah. Seperti Pantai Pandawa, Blue Point, Pantai Padang-padang, dan juga Pantai Suluban.

Cukup dengan membayar biaya masuk sebesar Rp5 ribu anda sudah bisa masuk dan berenang sepuasnya. Jangan lupa nikmati sunset di pantai-pantai tersebut yang terkenal keindahannya.

Hari ketiga anda bisa menuju Tanah Lot. Pura Tanah Lot dari dulu sudah menjadi ikon wisata Bali. Saat surut anda bisa naik ke atas mendekati pura dan berfoto di sana. Anda juga bisa menyusuri tebing-tebing yang indah di bagian kanan. Berfoto dengan latar belakang Pura Tanah Lot, batu bolong dan juga hamparan laut yang biru.

tanah lot IMG 0232 2 - Wow, Modal Rp1 Juta Bisa Liburan 5 Hari di Bali! Ini Tipsnya
Tanah Lot, Bali. (foto: indosurflife.com)

Ketika sunset tiba, carilah spot yang bagus dan abadikanlah. Karena jika anda terlambat, semua tempat akan terisi penuh dengan cepat.

Hari keempat, paculah motor anda ke arah Ubud. Nikmati hijaunya alam Ubud dan terasiring di Tegalalang yang sangat terkenal itu. Kemudian lanjutkan perjalanan anda ke Kintamani. Duduk di ketinggian memandangi danau dan Gunung Batur. Membuat lelah anda terbayar lunas.

Hari terakhir cukup habiskan waktu berjalan-jalan di sepanjang jalan raya Kuta dan Legian. Nikmati hari terakhir anda di Bali sambil memilih beragam oleh-oleh khas bali. Jangan takut untuk menawar. Semakin pintar anda menawar semakin murah barang yang anda beli.

Jadi tunggu apalagi? Segeralah atur waktu untuk menghabiskan waktu berlibur di Bali. (ZH)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY