Wow, Goa Liangkobori Masuk Nominasi API 2018!

0
78
Foto: renjanatuju.wordpress.com

Wow, ajang bergengsi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 dimulai, Goa Liangkobori turut masuk menjadi nominasi di salah satu kategorinya. API 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata ini, telah diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya.

Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mengusung gua pra sejarah Liangkobori menjadi salah satu nominasi dari 18 kategori yang dilombakan.

28 Gua Berisi Situs Para Sejarah

Dahlan Kalega, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna, menjelaskan dalam Sultrakini.com, bahwa dalam situs pra sejarah yang terletak di Desa Liangkobori, Kecamatan Lohia, terdapat 28 gua berisi situs pra sejarah.

Liangkobori diambil dari nama kedua gua yang berdekatan, gua Lia dan Ngkobori dan terletak di jalur pintu masuk kawasan situs ini berada. Semua gua di kawasan itu, terdapat gambar-gambar yang menceritakan kehidupan manusia pra sejarah di kala itu.

“Tatkala masuk ke dalam, kita akan melihat gambar pada dinding gua, orang yang sedang berburu, bercocok tanam, berinteraksi, bahkan menikah, dan masih banyak lagi,” kata Dahlan.

Foto: wewerehere.com

Gua Liangkobori yang masuk nominasi di ajang bergengsi ini, harap dia, bisa mengangkat popularitasnya sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Muna.

“Apalagi saat ini dibawah kepemimpinan LM. Rusman Emba yang begitu gencar mempromosikan kebudayaan Muna menjadi destinasi unggulan,” tambah Dahlan.

Cara Voting Liangkobori

Dahlan berpesan kepada segenap masyarakat Kabupaten Muna, untuk memberikan dukungan melalui vote yang disediakan oleh panitia, demi pelestarian kearifan budaya bersama.

“Marilah kita dukung Liangkobori dengan cara mengirim sms ketik API 10D kirim ke 99386,” ujar Dahlan.

Pemungutan suara telah dibuka sejak 1 Juni 2018 dan akan ditutup pada 31 Oktober 2018. Sedangkan pengumuman juara API 2018 akan dilakukan pada November 2018.

Setiap tahun ajang API 2018 yang merupakan ajang pariwisata terpopuler Indonesia itu didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata Rl.

Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Tujuannya jelas, dengan teknik partisipan, masyarakat berupaya mempopulerkan pariwisata di daerahnya hingga dikenal, demi meningkatnya perekonomian daerah lewat wisatawan yang berdatangan ke destinasi wisata yang menjadi pilihan.

LEAVE A REPLY