Wow, Etnomusiklopedia Mulai Digelar Besok di Yogyakarta! Ayo, Belajar Budaya Indonesia!

0
427
Salah satu bentuk Etno Musik ISI Yogyakarta. (Foto: scontent-frx5-1.cdninstagram.com)

Etnomusiklopedia yang akan mulai digelar besok, berbagai program disajikan selama hampir sepekan ke depan.”PESONA ETNONESIA, Ragam Budaya Dendang Nusantara”

Acara ini, menurut Lukman Nurhakin dalam Kompasiana, berangkat dari issue/topik; “Di tengah kehidupan masyarakat zaman now yang serba instan sehingga menjadikan budaya konsumtif sebagai tujuan hidup, maka patut dipertanyakan kembali peran kesenian dalam keseharian masyarakat”.

Mahasiswa Sebagai Penggagas

Lalu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Etnomusikologi menggagas acara yang bertajuk ETNOMUSIKLOPEDIA #3 : Art in Education and Entertainment dengan tema “PESONA ETNONESIA, Ragam Budaya Dendang Nusantara” dengan basis etnomusikologi.

Foto: Lukman Nurhakim/kompasiana

Tema ini dipilih sebagai upaya merajut keberagaman budaya dalam bentuk pesta rakyat. Pesta rakyat yang dimaksudkan ini bukan pesta rakyat seperti pada umumnya, melainkan pesta rakyat yang wahananya adalah kajian-kajian budaya.

Acara ini merupakan wujud bakti dari mahasiswa seni kepada masyarakat dan upaya merumuskan peran mahasiswa seni ditengah masyarakat global.

ETNOMUSIKLOPEDIA #3 akan disajikan oleh HMJ Etnomusikologi di kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada 5-9 Maret 2018.

Nah, HMJ dengan bangga mengundang seluruh masyarakat dari berbagai kalangan untuk ikut hadir dan berpartisipasi dalam perhelatan kebudayaan ini.

Ragam Acara

Acara ini akan dibuka dengan selametan dan arak-arakan seputar lingkungan kampus ISI Yogyakarta. Kemudian, acara selanjutnya kami susun menjadi enam program acara, yakni :

Lomba Sastra Lagu Nusantara

Pentas Kerakyatan dari berbagai komunitas seni

Pameran Eksplorasi Alat Musik dan Produk Seni

Pentas Kampus ISI se-Indonesia

Seminar Kebudayaan

Bazaar/Stand Kuliner

ETNOMUSIKLOPEDIA #3 merupakan proram dua tahunan dari HMJ Etnomusikologi di bawah naungan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori maupun kecakapan berkesenian yang dipelajari di kelas kedalam dunia bermasyarakat yang nyata.

Dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan, ETNOMUSIKLOPEDIA #3 diwujudkan dan dijunjung bersama sebagai sumbangsih lembaga pendidikan kesenian pada masyarakat, memulangkan kembali kesenian itu pada rahimnya yaitu : masyarakat itu sendiri.

Nah, Traveler, bila masih penasaran rangkaian acaranya, silahkan Anda hubungi lewat:

Awan Khotimullatif (Awan) selaku Ketua Panitia: 089619316661

IG : @etnoisiyk, @etnomusiklopedia.

LEAVE A REPLY