Wow, Ada Perahu Melayang di Lautan Pulau Salando Sulawesi!

0
477
Foto: travelingyuk.com

Libur Lebaran masih panjang? Berpetualanglah ke Pulau Salando. Lautan di pulau terluar Sulawesi Tengah ini begitu bening, sampai-sampai Traveler hanya akan dibuat takjub dengan perahu yang melayang!

Ya, tentu saja saking beningnya perairan Pulau Salando. Amat eksotis! Wisatawan lokal maupun mancanegara  tertarik menuju ke pulau mungil dengan suasana yang masih benar-benar alami.

Letak Pulau Salando

Terletak Desa Kapas, Kecamatan Dakopamean, Kabupaten Tolitoli, Pulau Salando menjadi destinasi wisata bahari favorit masyarakat setempat.

Secara adminstratif, sebenarnya merupakan pulau di perbatasan Indonesia dengan Filipina dan Malaysia ini berada di Kecamatan Toli-toli, Sulawesi Tengah.

Foto: limitsize.files.wordpress.com

Tempat ini bukan merupakan destinasi wisata yang telah dikelola oleh pihak tertentu. Karena itu juga suasana di sini benar-benar masih alami.

Perjalanan pun tak begitu jauh. Hanya butuh waktu delapan menit dari Desa Kapas, para wisatawan sudah bisa tiba di Pulau Salando.

Pantai di pulau ini memiliki pasir putih dengan kejernihan yang bahkan membuat Traveler mampu melihat dasar laut yang tak terlalu dalam. Keren kan?

Mirip Onggokan Gunung Batu dengan Mercusuar

Pulau Salando ini mirip onggokan gunung batu yang memiliki menara mercusuar, penanda perairan dangkal bagi kapal yang berlayar di sekitar perairan Pulau Salando. Maka, terkadang pulau ini dijuluki Pulau Lampu.

Dengan biaya yang relatif murah atau hanya dengan Rp 25 ribu, dalam Liputan6, destinasi ke Pulau Salando sudah bisa dinikmati para pengunjung atau wisatawan.

Foto: sorotsulteng.com

Tak jarang para Instagramer nampak berkunjung, untuk mengabadikan keindahan wisata Pulau Salando. Bahkan beberapa stasiun televisi nasional mengabadikannya lewat beragam program hiburan, akibat keindahannya.

Biota bawah laut menambah kekayaan yang dimiliki pulau yang dijaga oleh setidaknya sekitar empat keluarga, dan tiga petugas yang menyalakan lampu mercusuar.

Nah, kini menjadi tugas Anda dan kita semua menjaga kebersihan dan keutuhan pulau ini agar lestari dan tetap alami selamanya.

Sebab, ketersediaan air bersih, pengambilan fauna yang dilindungi, serta berbagai keterbatasan sarana dan prasarana untuk memelihara pulau ini masih menjadi masalah yang perlu  mendapat perhatian lho.

LEAVE A REPLY