Wedangan Gareng, HIK-nya Orang Solo yang Bersahabat

1
2187
Suasana yang nyaman untuk bercengekerama, dengan sajian aneka makanan unik dan enak (Foto: Purwono Nugroho Adhi/Travel Today)

Wedangan Gareng merupakan mini resto yang mengangkat sentuhan kuliner “angkringan.” Letaknya di Jalan Basuki Rahmat No.6, Kerten, Laweyan, Solo. Konsepnya, sebenarnya ingin mengangkat kembali sentuhan HIK, kepanjangan dari “Hidangan Istimewa Kampung.”

Travel Today Indonesia berkesempatan mengunjungi kemenarikan Wedangan Gareng yang areanya tidak terlalu luas. Kedai ini memanfaatkan teras sebuah rumah tua yang ditata sedemikian rupa untuk memunculkan kesan Vintage.

Sajian nasi tumpang khas asli Boyolali dan Klaten yang enak, apalagi ditemani teh hangat dan gorengan (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Di samping kesan vintage, Wedangan Gareng juga menyajikan sentuhan ornamen tradisional ala Solo dengan tata ruang, bangku, dan cermin tua yang lebar. Ruangan diolah secara temaram, dengan pilihan bangku yang beragam agar orang nyaman untuk ngobrol dan bersantai.

Jika Anda datang dari pintu masuk utama, Anda akan langsung disuguhi berbagai macam makanan, dari gorengan, berbagai macam sate, makanan ringan hingga nasi bungkus. Anda dapat memilih sesuai selera seperti trend “angkringan” modern di beberapa kota besar, seperti Jogja, Semarang, Solo, dan berbagai tempat lainnya dewasa ini.

Beragam sajian makanan dengan konsep HIK- dan angkringan modern (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Bedanya, di Wedangan Gareng juga disediakan menu nasi tumpang khas Boyolali dan Klaten yang enak. Apalagi, menu wedang atau minuman hangatnya begitu komplit dari susu, jahe, teh kental, coklat, kopi, kencur, dan berbagai wedang rempah lainnya. Biasanya, resto atau kedainya dibuka setiap hari dari pukul 17.00 hingga tengah malam.

Letaknya yang strategis di sekitar daerah Kerten, Laweyan, Solo, dan olahan masakannya yang enak dan menarik, membuatnya senantiasa dikunjungi oleh berbagai kalangan, baik muda maupun tua, bahkan artis terkenal seperti Roy Marten dan mendiang Bondan Winarno. Sebagian besar dari mereka meluangkan waktunya untuk nongkrong sambil ngobrol dan bercengkerama.

Wedangan Gareng merupakan mini resto yang mengangkat sentuhan kuliner “angkringan.” Letaknya di Jalan Basuki Rahmat No.6, Kerten, Laweyan, Solo (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Wedangan Gareng mengangkat nama “Gareng” dari filosofi Jawa-Islam yang disebut dengan “Nala Gareng.” Istilah “Nala Gareng” berasal dari Bahasa Arab “Naala Qariin” yang artinya mencari dan memperoleh banyak teman.

Maka, filosofi ini juga diangkat dalam papan inspirational quotes di tengah ruangan, agar mengajak siapapun yang mampir di Wedangan Gareng untuk senantiasa bercengkerama dan bersahabat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY