Wajah Baru Pulau Belibis Kota Solok

0
60

Nadia Adela, S.I.Kom
Mahasiswi Pascasarjana Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Andalas

WWW.TRAVELTODAYINDONESIA.COM, – Pulau Belibis merupakan salah satu taman rekreasi Kota Solok yang terletak di Kelurahan Kampung Jawa, berjarak kira-kira 3 kilometer dari pusat Kota. Kawasan wisata ini dulunya didukung oleh beberapa objek wisata seperti Taman Pramuka dan Arena Pacuan Kuda, Ampang Kualo yang berjarak beberapa kilometer dari Pulau Belibis.

Pulau Belibis berada di lahan seluas lebih kurang 4 hektar yang diperuntukkan sebagai taman rekreasi bernuansa alam. Sesuai namanya, di tengah telaga kecil di kawasan ini, kata masyarakat setempat memang terdapat gundukan tanah seperti pulau. Dulu di pulau tersebut sering bermain burung belibis. Oleh karena itu, masyarakat setempat menamakan tempat tersebut sebagai Pulau Belibis.

Sebelum dikelola, kawasan tersebut hanyalah taman yang mati suri. Dulu, keberadaannya tidak banyak diketahui masyarakat secara luas. Kemudian masyarakat setempat dan Pemerintah Kota Solok tahap demi tahap terus membenahi dan menyulapnya menjadi objek wisata. Dilengkapi arena pancing dan taman burung. Juga ada arena bermain anak-anak, seperti ayunan, seluncuran, dan lainnya. Di sepanjang tepian telaga ada pendopo untuk duduk beristirahat serta makan siang sambil menikmati pemandangan di taman itu.

Wajah baru Pulau Belibis sangat menarik perhatian khususnya bagi anak-anak, seperti adanya perahu bebek (itik), balon air, dan mini trail. Kini taman ini juga dilengkapi dengan permainan flying fox untuk memacu adrenalin dari ketinggian melintasi telaga. Semua wahana pun dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Pada tahun 2019 lalu , objek wisata Pulau Belibis ini membuka fasilitas baru bagi pengunjung yang gemar berenang dan bermain air, adanya kolam Renang yang terletak disisi timur kolam pancing menarik pengunjung tidak hanya dari kota Solok sekitarnya akan tetapi juga pengunjung dari berbagai daerah di Sumbar maupun luar Sumbar. Tiket masuk yang dikenakan ke lokasi ini juga tergolong murah yakni Rp. 2000,- per orang.  Pengunjung baru dikenakan biaya tambahan jika ingin menikmati wahana yang rata-rata Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) per sekali main.

Nah tunggu apalagi, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pulau Belibis. Ajak deh keluarga, pacar atau teman yang lain untuk sekedar jalan-jalan atau menikmati pemandangan alam yang indah sambil ber-selfie bersama. Dan jangan khawatir bakal menyesal apalagi bagi yang suka travelling yuk cus datang ke Pulau Belibis nya Kota Solok.

LEAVE A REPLY