Wajah Alam Taman Nasional Taka Bonerate yang Bisa Bikin Melongo

0
311
Foto: www.pesonaindo.com

Tahukah Anda, Traveler? Wajah alam Taman Nasional Taka Bonerate pastinya bisa bikin Anda melongo. Banyak fakta keajaiban sekaligus keindahan alam yang masih alami.

Bayangkan saja, ada sebanyak lima belas buah pulau di Taman Nasional Taka Bonerate, sehingga sangat bagus untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya.

Kawasan di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan ini sangatlah unik dan menarik.

Lautan yang jernih menyenangkan wisatawan. (Foto: felkizavinanda.blogspot.co.id)

Kawasan Atol, Surga Bawah Laut

Taman Nasional Taka Bonerate adalah kawasan atol terbesar ketiga di dunia! Apa sih ‘atol’ itu? Atol adalah terumbu karang cincin. Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang.

Terumbu karang cincin (atol) terluas di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Taka Bonerate juga merupakan satu dari 11 cagar biosfer di Indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Ya, tempat ini menjadi  wilayah atol terbesar ketiga setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maladewa. Selain atol, taman nasional ini terdiri dari 21 pulau kecil.Terumbu

Di sini, menurut beritagar.id, ada 242 spesies karang, 564 spesies ikan, 299 spesies moluska, enam spesies reptilia, 15 spesies krustasea, lima spesies mamalia, dan 64 spesies Echinodermata.

Menikmati alam Takabonerate di tengahan lautnya. (Foto: felkizavinanda.blogspot.co.id)

Surga bawah laut, begitu gambaran untuk taman nasional yang memiliki salah satu keanekaragaman laut tertinggi di dunia ini. Taman ini juga memiliki lebih dari 50 titik menyelam dengan pemandangan bawah laut nan fantastis.

Lihat Atraksi Kebudayaan di Taka BonerateKabupaten Selayar Juga Punya Sederetan Event Menarik di Sepanjang 2018

‘Oleh-oleh’ Bagi Wisatawan

Berada di kawasan Coral Triangle Initiative (CTI), kawasan ini merupakan habitat bagi beragam biota laut yang langka dan dilindungi. Topografi taman laut ini unik dan menarik.

Atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak.

Pulau eksotik ini adalah satu pulau yang termasuk dalam taman nasional yang dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan air laut jernih.

Bisa dibilang, semua keindahan ini bakal menjadi ‘oleh-oleh’ tak terlupakan bagi para wisatawan untuk ‘dibawa pulang’.

Para wisatawan yang hobi menyelam bisa melihat dan berenang dengan lumba-lumba, kura-kura, ikan pari. Bahkan bisa melihat kumpulan hiu jinak yang berenang bebas dengan mata telanjang.

Bermain dengan hiu jinak. (Foto: felkizavinanda.blogspot.co.id)

Traveler  juga bisa menemukan penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu belimbing Pasifik (Lepidochelys olivicea), dan penyu hijau (Chelonia mydas).

Selain wisata bawah laut yang bisa dinikmati, Taka Bonerate juga menawarkan wisata sejarah dan budaya.

Salah satu pertunjukan khas yang jadi daya tarik di Taka Bonerate adalah Manca, bela diri memadukan gerakan silat dan keterampilan memainkan pedang.

Kesenian tradisional lain adalah battik-battik, bela diri kuntau dan Tari Boda dan Tari Lambo.

Beberapa peninggalan sejarah yang juga menarik untuk dikunjungi di Taka Bonerate adalah jangkar raksasa, Gong Nekara, dan masjid tua Gantaran Lalang Bata.

Wow. Sanggup bikin Traveler melongo bukan?

Ingin Kunjungi Taman Nasional Indonesia?: 7 Taman Nasional yang Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

LEAVE A REPLY