Wow, Sebulan Raih 3.000 Wisatawan Akibat Bantul Permak Sawahnya!

0
478
Hasil foto demikian yang membuat Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) jadi nge-hits. (Foto: phinemo.com)

Traveler, apa sih yang membuat wistawan lokal, bahkan mancanegara beramai-ramai ke sawah di Bantul? Sampai 3.000 wisatawan sebulan lho!

Apa ini karena magnet dari nama Sawah Sukorame yang identik dengan suka ramai?

Seperti dilansir goriau.com, Wisata Sawah Sukorame, Dlingo, Mangunan yang sempat heboh menjadi obyek selfie anak muda yang ingin tampil eksis dengan foto kecenya, telah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dan Provinsi DI Yogyakarta,.

Wisata sawah Sukorame yang kini bernama Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) ini berada di Persawahan Bowongan, Songgo Langit, Mangunan, Dlingo, Bantul.

Gardu pandang, salah satu titik foto di objek wisata Jelajah Sawah Pertanian Bawongan “Songgo Langit” Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Kamis, 25 Januari 2018. (Foto: Agustin Rudiana /Beritagar.id)

Belum Resmi Sudah Ramai

Rupanya sebelum tempat ini dibuka dan diresmikan secara umum, wisata ini sudah mendapat antusiasme dari warga dan wisatawan.

“Per Januari 2018, tercatat sebanyak 3.000 wisatawan lokal dan mancanegara telah hadir di tempat ini, 73 di antaranya adalah wisatawan asing,” kata Widodo, Ketua Pokdarwis Desa Mangunan dalam sambutannya.

Destinasi wisata ini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan di akhir 2017. Terlebih banyak akun sosial media yang memposting lansekap berlatar persawahan tersebut.

Meski fasilitas belum komplet namun wisata sawah ini tampaknya sudah cukup representatif untuk dikunjungi pelancong untuk menikmati hamparan sawah dengan angin sepoi-sepoi khas persawahan.

Hamparan sawah hijau menyehatkan mata. (Foto: jogjaholic.com)

Kreatif, Inovatif, Inspiratif

Apa yang dilakukan warga Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul ini memberi inspirasi. Lahan persawahan yang berada di pinggir jalan dusun, disulap menjadi arena berswa foto alias selfie.

Tak butuh waktu lama, objek wisata baru ini menjadi viral dan ramai dikunjungi wisatawan.

Wilayah Dlingo menuurut Sindonews memang tengah booming. Banyak objek wisata baru di daerah ini. Warga Dlingo sekarang mereka tak lagi malu jika wilayahnya yang berada di pengunungan ini disebut sebagai “Yogya lantai dua”.

Banyak objek wisata yang hadir akibat ide kreatif  dan inofatif dari warga setempat. Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgo Langit di Dusun Sukorame ini salah satu bukti kreatifnya warga.

Areal jelajah sawah ini tepat berada di pinggir jalan yang menghubungkan antara objek wisata hutan pinus di Mangunan dan Grojokan Lepo di Desa Dlingo.

Lokasinya cukup strategis dan mudah terlihat dari piinggir jalan.

LEAVE A REPLY