Wah, Kedutaan RI Jadikan Budaya ‘Ngaliwet’ Sampai ke Argentina Juga

1
431
Masyarakat Argentina nikmati sensasi makan nasi liwet dengan tangan. (Foto: newswire.id)

Bagaimana jika tradisi ‘ngaliwet’ digelar di Argentina? Tradisi khas asal Indonesia ini amat unik dan menarik untuk dikenalkan di salah satu negara ‘sepak bola’ itu.

Ya, ngaliwet Ini memang merupakan tradisi makan salah satu suku yang ada di Indonesia yaitu suku Sunda. Uniknya beberapa waktu lalu, ‘ngaliwet’ digelar di Argentina.

Acara ‘ngaliwet’ ini merupakan kerjasama antara Kedutaan RI di Buenos Aires, Asosiasi Penjelajah di Amerika Selatan La Boussole, dan agen wisata perjalanan Argentina, Avolar.com.ar.

‘Ngaliwet’ adalah istilah makan bersama di atas daun pisang dengan berbagai lauk pauk.

Acara ini dikemas dalam acara Makan Malam Indonesia atau ‘Cena de Indonesia’ yang dihadiri lebih dari 30 orang penggiat wisata, pecinta kuliner dan akademisi di Buenos Aires.

“Mereka semua tertarik untuk kenal lebih jauh masakan Indonesia yang mana sulit didapatkan di Argentina dan masih belum banyak dikenal,” ujar Pelaksana Fungsi Sosial Budaya KBRI Buenos Aires seperti diinformasikan dalam newswire.id.

KBRI menilai bahwa kegiatan ini sangat positif untuk memperkenalkan masyarakat Argentina akan uniknya budaya Indonesia.

“Makanan adalah budaya yang sangat mudah dinikmati dan keunggulan ini yang menjadikan makanan sebagai jembatan budaya,” ujar Kepala Kanselerai KBRI Buenos Aires, Emil H. Dewantara.

Emil juga berharap dengan adanya kegiatan promosi ini, minat masyarakat Argentina untuk mengunjungi Indonesia semakin besar.

Nasi Liwet untuk Argentina

Tradisi Ngaliwet ini memang memiliki cara makan yang khusus, yaitu makan dengan tangan. Hal yang hampir tak pernah mereka lakukan.

“Awalnya mereka belum mengerti sama sekali cara makan dengan tangan, namun kita coba pandu satu per satu dan akhirnya semua bisa,” jelas salah satu juru masak, Rudi Henryadi.

Nasi liwet ala Sunda yang disediakan di tiga meja besar dengan beralaskan daun pisang dilengkapi dengan rendang, ayam goreng, tahu dan tempe goreng, telur puyuh, teri goreng, kerupuk, abon, serta lalapan.

Walaupun umumnya masyarakat Argentina tidak mengkonsumsi makanan pedas, liwetan dimasak apa adanya dengan bumbu Indonesia.

Tidak sedikit undangan yang datang meminta agar KBRI mengadakan kembali event makan ala liwetan di Buenos Aires.

Menurut undangan yang hadir, makanan Indonesia sangat unik dan dapat dinikmati masyarakat Argentina.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY