Wah, 5 ‘Kuwe’ Legendaris Indonesia Ini Bikin Kangen!

0
470
Tan Ek Tjoan, salah satu roti legendaris Indonesia. (Foto: fabana.id)

Dari masa ke masa, penganan roti atau pada ejaan lama disebut ‘kuwe’ memang digemari di keseharian dan digunakan untuk berbagai hajatan khusus. Kuwe legendaris diam-diam menjadi incaran dan mampu bertahan hingga kini.

Nah, Travel Today menghimpun 7 kuwe legendaris Indonesia yang bakal bikin pencinta kuliner kangen berat dengan rasanya!

1. Sanitas, Semarang

Foto: foody.id

Berdiri sejak tahun 1920, masih tetap bertahan dengan rasanya yang khas. Tak hanya di Jl. Mataram, Semarang, Anda bisa menemukannya di Jakarta juga lho, yaitu di Mayestik, Kebayoran. Penganan yang menjadi andalan yaitu jajan pasar, dan tentu saja roti ontbijtkoek, roti kismis, dan beberapa roti lain menjadi andalan.

2. Tan Ek Tjoan, Jakarta

Foto: beautynesia.id

Sejak Indonesia belum merdeka, di tahun 1921, toko roti ini berdiri di Bogor. Seiring berjalannya waktu pindah ke Jakarta di tahun 1953 hingga kini. Cari saja di jalan Cikini Raya no. 61 Jakarta Pusat. Tan Ek Tjoan dikenal dengan rotinya yang cukup besar, namun dengan harga murah. Roti Gambang, wah, juara!

3. Sidodadi, Bandung

Foto: merahputih.com

Sejak 1945 toko roti Sidodadi ini masih saja eksis di Bandung. Coba saja ke Jalan Otista nomer 255 Bandung. Kemasannya amatlah kuno, sanggup membayar kerinduan Anda pada kakek nenek. Apalagi proses memasak yang menggunakan arang membuat roti ini tentulah memiliki sensasi rasa yang berbeda.

4. Mandarijn Orion, Solo

Foto: amazonaws.com

Teksturnya mirip spiku, lembut beraroma wangi dan digemari turis. Terkenal sejak tahun 1930, memang amat legendaris. Anda bisa dapatkan di Jalan Urip Sumoharjo Jawa Tengah. Kue-kue di sini bisa tahan selama satu minggu tanpa bahan pengawet buatan. Semua alami.

5. Djoen, Yogyakarta

Foto: deskgram.org

Hampir seratus tahun lalu Toko Djoen berdiri. Nama “Djoen Food & Beverage Bakery” terpampang gagah meski sangat kusam dan kuno. Datang saja ke Jalan Ahmad Yani No.80, Ngupasan, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Tanpa bahan pengawet, kue buatan Djoen memang hanya bertahan sehari.

LEAVE A REPLY