Uniknya Panorama Sawah Lodok, Cancar Manggarai

0
625
Sawah tidak berbentuk petak-petak persegi, namun berbentuk semacam jaring laba-laba. (Foto bp.blogspot.com)

Panorama Sawah Lodok terlihat unik karena cara membagi luas tanahnya dalam tradisi Lingko di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, merupakan keindahan Nusantara yang patut Anda kunjungi. Pembagian tanah dengan model tradisi lingko ini, membuat sawah tidak berbentuk petak-petak persegi, namun berbentuk semacam jaring laba-laba.

Dalam laman travel.idntimes.com, salah satu hal unik Sawah Lodok karena lebih terpusat di tengah. Ada titik tengah yang ditarik garis panjang menuju bidang terluar. Maka, semakin jauh dari titik tengah, semakin luas pula tanah yang dimiliki. Hal itulah yang dinamakan dengan tradisi lingko, yaitu tradisi pembagian tanah yang sudah ada secara turun temurun sejak nenek moyang.

Sawah Unik Menyerupai Sarang Laba-laba

Hal itulah yang membuat sawah di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai mempunyai panorama unik yang terlihat indah, ketika Anda memandangnya dari kejauhan dan ketinggian di atas sebuah bukit. Tentu, hal itu akan menarik perhatian karena keelokan pemandangan dan panoramanya yang begitu indah.

Untuk melihat pesonannya, harus mendaki ke tempat yang tinggi (Foto cdns.klimg.com)

Anda seperti menyaksikan sebuah jaring laba-laba yang berwarna hijau menghampar luas. Bentuknya berupa lingkaran-lingkaran konsentris ini memang meniru bentuk lodok yang selalu menjadi ciri rumah di Manggarai Flores, seakan membentuk satu titik terpusat dengan garis-garisnya, yang memang membuatnya semakin menawan.

Pemandangan Indah Menawan

Apalagi, pemandangan itu berdekatan dengan Desa Wae Rebo yang memberikan pesona alamnya yang begitu memukau. Diperkirakan di daerah ini, masih ada sekitar lebih dari 12 lingko yang berada di sekitar area Desa Cancar ini.

Untuk menuju ke Desa Cancar menyaksikan pemandangan persawahan unik ini, Anda diperkirakan harus menempuh kurang lebih sekitar 15 kilometer dari Kota Ruteng. Traveler dapat mempergunakan angkutan kota dari Ruteng, lalu turun di Pasar Cancar. Nah, dari Pasar Cancar ini, Anda dapat mempergunakan ojek yang jarak tempuhnya sekitar 2,5 kilometer.

Pemandangan indah berketana dengan desa wisata terkenal Desa Wae Rebo (Foto cdn.idntimes.com)

Maka, jika Anda tertarik, siapkanlah kamera untuk mengabadikan bentuk persawahan yang begitu unik ini. Tentu, Anda dapat memotretnya jika Anda naik ke atas bukit dahulu, sehingga terlihat hamparan bentuk sawah lodok ini.

LEAVE A REPLY