Uniknya Candi Sumur Sidoharjo

0
428
Candi Sumur menyajikan keindahan dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan bentuk-bentuk candi Hindu lainnya (Foto Sportourism)

Sidoarjo Jawa Timur, tidak hanya menyisakkan dengan lumpur Lapindonya, namun sebenarnya menyimpan potensi situs-situs candi yang bertebaran. Salah satu yang unik adalah Candi Sumur. Candi Sumur sebenarnya tidak akan dikenal tanpa Candi Pari. Candi Sumur  merupakan candi yang hanya teronggok 50 meter dari Candi Pari. Kompleksnya menjadi satu dengan kawasan Candi Pari.

Candi Sumur terletak di Desa Pari Wetan, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timur. Memang letak candi ini sekitar 2 km barat laut dari pusat semburan lumpur PT Lapindo Brantas. Candi Sumur memang berbeda dengan Candi Pari. Bentuk Candi Sumur unik, karena seperti candi yang belum jadi. Bangunan seperti terkesan separuh, dan uniknya di dalamnya terdapat sumur, maka orang mengatakannya dengan Candi Sumur.

uniknya di dalamn Candi Sumur terdapat sumur, maka orang mengatakannya dengan Candi Sumur (foto A WanderPALS – WordPress.com)

Dalam laman viva.co. Candi Sumur tidak dapat dipisahkan dengan Candi Pari sebagai salah satu candi peninggalan era Kerajaan Hindu. Candi Sumur konon kabarnya ditemukan oleh seorang arkeolog Belanda  NJ. Kroom pada tahun 1906. Candi ini pun sudah dipugar pada tahun 1994 oleh balai Arkeologi Jawa Timur.

Memang keadaan bangunan Candi Sumur sebenarnya sudah memprihatinkan, karena sudah banyak beberapa sudut yang runtuh, sehingga tinggal separuh bagian tubuh candi. Atap Candi Sumur pun sudah hilang. Uniknya lagi, Candi Sumur tidak berelief, sehingga kadang sulit untuk memperkirakan apakah candi ini juga sama dengan berdirinya Candi Pari. Namun, keunikan Candi Sumur inilah yang membuat candi ini menarik untuk foto. Apalagi sumur yang ada di dalamnya.

Bangunan Candi Sumur seperti terkesan separuh, namun menyajikkan suatu yang unik (Foto prian fotografer – blogger)

Maka, jika Anda mampir ke seputar Sidoharjo, janganlah lupa mampir di uniknya Candi Sumur. Walaupun memang tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan candi-candi lainnya, namun Candi Sumur menyajikan keindahan dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan bentuk-bentuk candi Hindu lainnya. Anda pun dapat berfoto dengan keunikan bentuk candinya yang terkesan hanya separuh.

LEAVE A REPLY