Unik, Restoran Papoea di Kemang Pakai Konsep Kuliner Serba Papua!

0
496
Ramai pengunjung. (Foto: Papoea Kemang/Facebook)

Traveler, Restoran Papoea di Kemang, Jakarta yang menyajikan konsep kuliner serba Papua ini, kini mulai berekspansi  dengan konsep baru bertema Papoea by Nature.

Pemilik Restoran Papoea, Amelia, menghadirkan tiga layanan tambahan, yaitu layanan antar dan katering makanan khas Papua buatan restorannya.

Lewat konsep ini pula, Papoea hadir dalam bentuk pop up di beberapa lokasi atau pameran.

“Saya menyadari bahwa budaya Papua tidak bisa tersebar dengan cepat jika kami hanya fokus bergerak di bisnis restoran saja. Faktor padatnya jalanan Jakarta turut ikut andil dalam konsep ini,” ujar Amelia, seperti dilansir femina.co.id.

Gaet ‘Jungle Chef’ Papua dan Ahli Kopi Papua

Restoran Papoea dengan hiasan etniknya. (Foto: www.checkinjakarta.id)

Demi menyempurnakan konsep, Amelia menggaet ‘jungle chef’ Papua, Charles Toto dan ahli kopi Papua, Glorio dalam meramu konsep Papoea by Nature ini.

Charles Toto sejak 1997 memang  giat memperkenalkan bahan dan tradisi makan khas Papua untuk membantu mematangkan konsep hidangan yang akan diluncurkan sejak beberapa bulan belakangan.

Ya, Charles termasuk aktif melakukan Gastrodiplomasi yaitu memperkenalkan makanan Papua

“Makanan asli Papua itu sebenarnya sangatlah sehat. Kesegaran bahan menjadi kunci dari hidangan kami. Dari laut hingga gunung. Tanpa bumbu pun sudahlah lezat,” tambah Charles yang juga pernah mendampingi dan memasak langsung untuk nama-nama besar seperti Mick Jagger dan Melinda Gates saat bertandang ke Papua.

Hmm, kopi Papua! (Foto: Kzara Draconis/Facebook)

Glorio, pemilik kedai kopi Otentik di daerah Waena, Jayapura, yang ikut andil dalam sebagai peyedia biji-biji kopi khas Papua menyatakan bahwa biji-biji kopi yang ada juga merupakan hasil kerja sama bersama kepala-kepala adat.

Didatangkan Langsung Dari Papua

Keseluruhan hidangan menggunakan sebanyak 60% bahan yang didatangkan langsung dari Papua. seperti Ikan Asar, Sayur Lilin, hingga Jamur Karang Batu yang diolah dengan metode bakar batu.

Konsepnya kata Amelia adalah makanan halal, non rekayasa genetika dan tidak pakai penyedap rasa. Makanan organik yang menyehatkan!

Pengemasannya seluruh makanan pun dibuat unik, yakni dengan penggunaan rantang dan tas asli Papua, noken! Untuk kemasan hantaran, Restoran Papoea menggunakan rantang dan memang mengurangi limbah plastik.

Testimoni kepuasan pelanggan. (Foto: Papoea Kemang/Facebook)

Kudapan rasa baru juga dapat ditemukan dalam hidangan Kue Lontar Durian Kelapa, Kroket Ubi Ungu, hingga Donat isi Selai Buah Merah yang memiliki khasiat tinggi, dapat mengatasi kanker dan HIV lho!

Nikmat saat disantap sambil menikmati segelas kopi dari biji kopi asal Moenamani, Okbab (Pegunungan Bintang), ataupun Amungme yang dikurasi oleh Glorio.

Penasaran mencicipi? Karena keseluruhan konsep ini rencananya akan siap di April 2018, Anda harus bersabar ya!

LEAVE A REPLY