Tujuan Wisata Penuh Petualangan? Coba Saja Gunung Papandayan!

0
255
Pesona Papandayan, wisata penuh petualangan. (foto: www.asliindonesia.net)

Gunung Papandayan, gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan ini memang kerap menjadi tujuan wisata penuh petualangan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Pada Gunung Papandayan, menurut Wikipedia, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Sebut saja Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Direktur PT Asri Indah Lestari (AIL) pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan dalam Antara menyatakan, minat berwisata ke Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus meningkat hingga 700 orang setiap hari pada musim libur Natal dan menjelang pergantian tahun, dibandingkan hari biasa.

Memperhitungkan trekking sekaligus membayangkan keindahan Papandayan yang menakjubkan. (foto: blog.reservasi.com)

“Kunjungan saat ini ada peningkatan dibandingkan hari-hari biasa,” kata Direktur Utama PT AIL, Tri Persada kepada wartawan.

Ia menuturkan, pengunjung wisata Papandayan dominan dari kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi serta dari Bandung, sedangkan wisatawan lokal tergolong sedikit.

Menurut Tri Persada, promosi yang besar-besaran telah cukup berhasil untuk menarik minat masyarakat berwisata ke Gunung Papandayan.

“Promosi yang telah kami lakukan cukup berhasil, respon masyarakat bagus, banyak yang mengaku baru tahu ada Papandayan,” katanya.

Hutan mati di Papandayan, misteri keindahan yang lain lagi. (foto: ksmtour.com)

Ia menyebutkan, tingkat kunjungan wisatawan sejak 24 hingga 28 Desember mencapai 500 sampai 700 orang setiap harinya, padahal sebelumnya hanya 150 sampai 200 orang setiap harinya.

Wisatawan, kata dia, tujuannya tidak hanya berkemah, tetapi ada yang sekadar jalan-jalan menikmati keindahan kawah, taman edelweis dan hutan mati.

“Sekarang banyak yang camping dari kalangan masyarakat menengah ke atas, mereka datang ke sini untuk menikmati alam,” katanya.

Objek wisata Gunung Papandayan dapat Anda tempuh sekitar satu jam dari kawasan Garut Kota menuju selatan Garut. Wisatawan dapat membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu pada hari biasa dan Rp30 ribu hari libur per orang.

Oh, ya. Traveler dapat menikmati kawah Gunung Papandayan, Pondok Saladah, kawasan hutan mati, taman edelweis dan pemandian air hangat alami.

LEAVE A REPLY