Trik Piknik Asyik, Saat Bersama Balita

0
689
Asyiknya piknik bersama balita dalam keluarga. (foto: liveyourlegend.net)

Bepergian ke suatu tempat di luar kota untuk bersenang-senang, biasanya selalu menjadi bagian dari perencanaan keluarga. Berbagai macam persiapan tentu perlu dilakukan. Apalagi bila anak balita turut bersama keluarga, dan hendak pergi selama beberapa hari.

Segalanya harus benar-benar diperhitungkan agar siap dalam segala situasi. Sebab kebanyakan, perjalanan akan diwarnai hal tidak menyenangkan sewaktu-waktu, bila balita anda tiba-tiba merasa kurang nyaman.

Anda bisa membuat checklist, setelah memeriksa trik ini:

  1. Kesehatan

Periksa keadaan kesehatan balita anda. Bila perlu minta pendapat ke dokter keluarga anda. Pertimbangkan penundaan keberangkatan apabila kesehatan balita Anda kurang baik.

  1. Peralatan Lengkap

Pakaian nyaman dan menyerap keringat, juga dapat dipilih pakaian mix and match. Jangan lupa jaket, kaos kaki dan alas kaki, topi, selimut, yang  akan berguna di segala cuaca. Bantal kecil mungkin perlu.

Anda perlu membuat perhitungan cermat dengan memperhatikan kebiasaan balita anda. Apakah termasuk anak yang aktif atau tidak, mudah menumpahkan makanan minuman atau tidak, dan sebagainya. Oh ya, jangan lupa pakaian dan perlengkapan renang. Ya, siapa tahu ada perubahan rencana.

Botol minum dan peralatan makan, peralatan mandi, obat-obatan tentu perlu dibawa juga.

Jangan lupa siapkan tas lebih kecil untuk menempatkan barang-barang yang sewaktu-waktu dibutuhkan dan mudah diambil.

  1. Makanan dan Minuman

Jangan biarkan perut balita kosong selama berada dalam perjalanan. Bisa saja karena asik bermain, balita tidak merasa lapar. Andalah yang memperhitungkan waktunya.  Dalam hal ini, sediakan makanan berkalori cukup dan mudah dicerna. Lebih disarankan produk olahan daging, roti, atau buah-buahan saja.

Jangan segan membawa minuman demi memenuhi kebutuhan cairan balita selama di perjalanan.

  1. Mainan

Selalu bawa mainan favorit anak agar terhindar dari kebosanan. Selain itu, anda perlu juga berupaya melakukan kreativitas dengan menciptakan mainan sendiri. Ini akan menjadi momen sangat spesial bagi anak-anak.

  1. Psikologis

Kontrol emosi anda karena anda harus selalu siap dengan perubahan mendadak. Selalu siapkan rencana cadangan apabila balita berubah mood. Batasi acara jalan-jalan dan jangan memaksakan untuk pergi seharian penuh. Anda pun perlu istirahat, jadi jangan ciptakan kelelahan.

Nah, demikian trik piknik asyik saat bepergian dengan balita. Sedikit tambahan, Anda perlu kenali tempat tujuan, hindari tempat yang terlalu ramai, juga jauhkan balita Anda dari paparan sinar matahari secara langsung.

Oke baiklah, kini Anda bisa memulai membuat checklist.

 

Sumber tambahan: doktersehat.com, parenthing.net

 

LEAVE A REPLY