Traveler, Jika Anda Hendak Mudik di Pulau Jawa, Ini Wajib Diperhatikan!

0
455
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi(kompasiana.com)

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengungkapkan sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat yang hendak melakukan mudik Lebaran 2018.

Hal-hal itu diungkapkannya setelah melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian/Lembaga (K/L) yang berwenang di Bina Graha, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Keseimbangan Arus Mudik

Arahan yang dilakukan memang terkait kepada para pemudik yang hendak melakukan perjalanan darat di Pulau Jawa. Keseimbangan arus menjadi perhatian dalam rapat koordinasi tersebut. Ada 3 poin penting yang perlu dipertimbangkan:

1. Pemudik perlu mempertimbangkan untuk mengambil jalur Pansela (Jalur Selatan) jika tingkat kemacetan di jalur Pantura (Jalur Utara) sudah terpantau semakin tinggi dan berpotensi parah.
Ilustrasi macet saat mudik. (wartakota)
2. Pansela adalah alternatif yang perlu dimaksimalkan untuk membagi dan menyeimbangkan arus mudik. Ada yang menarik, Pansela juga punya kelebihan dalam pemandangan alamnya yang indah. Titik kritis di tol Cikampek bisa diantisipasi dan diminimalisir, caranya dengan menyeimbangkan arus ke Pansela.
Masjid Kuno Manonjaya, Tasikmalaya yang dekorasinya ditampilkan di Bandung Indah Plaza. (Foto: asi7.wordpress.com)
3. Jembatan Kali Kuto di ruas tol Batang-Semarang masih belum bisa dilewati arus mudik. Akibatnya, kendaraan harus keluar dari jalur tol sejauh 500 meter dan baru kembali masuk ke jalur tol.
Foto udara pembangunan jembatan Kali Kuto di Proyek ruas Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung baja pertama di Indonesia yang perakitannya dilakukan di lokasi pekerjaan.

Ini akan mengakibatkan kemacetan sehingga para pemudik harus bersabar di titik ini. Pemerintah telah melakukan langkah antisipasi dengan membuat kantong parkir yang sekaligus bisa menjadi tempat istirahat di dekat Kalikuto.

Nah, Traveler, ada baiknya Anda mempertimbangkan tiga hal di atas. Tentu saja perjalanan mudik mesti dilakukan dengan asyik. Salah satunya dengan menghindarkan diri dari jebakan macet yang menyengsarakan.

LEAVE A REPLY