Traveler, Ini ‘5 Wajib + 4 Jangan’ Saat Berpetualang ke Pulau Komodo

0
159
Foto: assets.rappler.com

Pulau Komodo? Traveler, Anda pasti sangat kenal dengan namanya. Pulau cantik terkenal di dunia, di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tempat Anda bisa menjumpai komodo, yang telah menjadi bagian New7Wonders of nature dan warisan UNESCO.

Belum sempat dan penasaran sekali dengan destinasi unik ini? Dihimpun Travel Today, berikut ‘5 Wajib + 4 Jangan’ hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke Pulau Komodo:

1. Ikuti instruksi dan tetaplah bersama rombongan dan ranger

Foto: komodotour.co.id

Ranger sendiri adalah penjaga hutan dan Taman Nasional Komodo, mereka juga berfungsi sebagai pemandu wisata bagi para turis yang datang berkunjung. Menurut komodotour.co.id, prinsipnya mereka paham betul dengan prilaku dan tingkah komodo serta bagaimana cara aman agar bisa berdiri dari jarak dekat dengan komodo.

Ikutilah aturan yang ranger berikan, serta selalu ingatkan teman Anda agar jangan sampai tertinggal rombongan. Selalu berada di belakang ranger.  Biasanya, komodo menyerang mangsa yang sendirian!

2. Siapkan fisik yang kuat

Anda bisa pilih trekking jarak pendek, sedang, atau jauh. Siapkan fisik Anda secara prima, sebab Pulau Komodo memiliki luas sekitar lebih dari 1.000 km persegi, itu belum ditambah pulau-pulau kecil di sekitar Pulau komodo yang indah.

Belum lagi panasnya sinar matahari yang terik, perjalanan akan terasa berat. Latihan seperti joging atau olahraga kecil sebelum ke Pulau Komodo, sangatlah diwajibkan!

3. Pakai topi, krim dan kacamata hitam

Sinar matahari di Pulau Komodo sangat menyengat dan terik. Siapkan topi atau kacamata hitam, hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam perjalanan. Tidak ada salahnya membawa krim untuk melindungi kulit Anda dari teriknya matahari.

4. Selalu waspada saat bertemu komodo

Sepanjang perjalanan menyusuri Pulau Komodo, Anda akan menjumpai ratusan komodo di pulau tersebut. Jangan pernah membuat gerakan panik saat bertemu komodo, seperti lari atau memanjat pohon, tetaplah tenang saat bertemu komodo. Selalu waspada terhadap sekitar Anda juga tidak kalah penting. Biasanya, banyak orang yang terkecoh antara batang pohon atau pun komodo. Apa pun yang terjadi jangan panik.

Komodo merupakan hewan karnivora yang bisa menyelam, berlari secepat 18 kilometer per jam, dan memanjat pohon. Selalu di dekat ranger saat Anda bertemu komodo, karena ranger mempunyai tongkat khusus untuk menghalau komodo.

5. Jika dikejar komodo juga??

Menurut travel.kompas.com, Larilah secara zig-zag. Komodo tidak bisa lari secara zig-zag, dan ia akan kesusahan berbelok. Namun, jangan remehkan kecepatan komodo. Ia mampu berlari 18 kilometer per jam.

Artis Jepang yang dikejar Komodo . (foto: mister angka/youtube)

Naik ke tempat tinggi, naiklah ke rumah panggung yang ada di dekat Anda. Umumnya bangunan di kawasan ini dibangun dalam bentuk seperti rumah panggung. Dengan begini, komodo akan kesulitan naik tangga.

Masih ada, 4 ‘Jangan’ yang harus Anda cermati, seperti dilansir travel.detik.com:

1. Jangan nyalakan api

Pulau Komodo adalah daerah yang gersang dan tandus. Satu percikan api saja, dapat menyebabkan sebagian pulau ini terbakar. Khususnya bagi Anda para perokok, tahanlah hasrat untuk merokok saat di pulau ini. Dengan tidak menyalakan api, Anda turut berperan dalam melestarikan Pulau Komodo dan habitat di dalamnya

2. Jika sedang haid, jangan datang ke Pulau Komodo!
Bagi wanita yang sedang haid, disarankan untuk tidak menginjakan kaki di pulau ini. Komodo adalah hewan yang indera penciumannya sangat peka dan sensitif. Jangan heran, komodo dapat mencium darah dalam radius kilometer.

Laporlah ke ranger, jika Anda sedang haid atau tiba-tiba haid saat di Pulau Komodo. Ranger akan memberikan saran atau perlindungan ekstra.

3. Jangan berisik, berteriak, melambaikan tangan, apalagi lari

Pengelihatan komodo memang buruk, tetapi indera pendengaran dan penciumannya sangatlah tajam. Jangan berisik dalam rombongan, karena itu akan menggangu komodo.

4. Jangan pakai baju berwarna merah dan pakai parfum yang menyengat

Bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Komodo, disarankan untuk tidak memakai baju berwarna merah. Sedikit mirip dengan banteng, komodo pun merangsang naluri komodo untuk menyerang target yang berwarna merah. Juga parfum yang menyengat, jangan deh…!

LEAVE A REPLY