Traveler Harus Tahu 7 Destinasi Danau Terbesar di Indonesia

0
112
Masyarakat suku Dayak Iban yang tinggal di salah satu danau terbesar Indonesia; Danau Sentarum. (foto: www.pesonaindo.com)

Indonesia memiliki ribuan danau dengan berbagai bentuk dan keunikannya. Traveler harus tahu bahwa terdapat danau terbesar di Indonesia selain Danau Toba. Semua menyimpan keunikan dan cocok dijadikan destinasi wisataAnda.

Definisi “Danau” menurut kamus bahasa Indonesia adalah genangan air yang amat luas dan dikelilingi oleh daratan. Danau memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia, selain sebagai sumber air, danau juga dapat difungsikan menjadi berbagai kegiatan ekonomi seperti Irigasi, Transportasi, Perikanan, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), objek wisata serta pengendalian banjir.

Nah, untuk Traveler, berdasar data ilmupengetahuanumum.com, Travel Today meghimpun 7 destinasi danau terbesar di Indonesia, yaitu:

1. Danau Paniai

Luas: 145 km2 (14.500 hektar)
Kedalaman Maksimum: 50m
Jenis Danau: Tektonik
Provinsi: Papua
Pulau: Papua

Foto: kartikasarikawula.files.wordpress.com

Danau yang terletak di kabupaten Paniai, Papua ini merupakan danau terbesar ke-7 di Indonesia. Danau ini juga dianggap danau terindah sedunia. Wow, mengagumkan bukan? Danau Paniai ini tersohor memiliki panorama alam yang rancak, alami, dan terawat dengan baik. Bila beruntung, di Danau Paniai wisatawan dapat melihat udang endemik Papua yang kini sudah mulai langka, yaitu udang selingkuh (cherax albertisii). Dinamakan demikian karena udang tersebut memiliki capit/jepit besar seperti halnya kepiting.

2. Danau Jempang

Luas: 150 km2 (15.000 hektar)
Kedalaman Maksimum: 6m
Jenis Danau: Floodplain
Provinsi: Kalimantan Timur
Pulau: Kalimantan

Foto: www.omiapah.com

Lokasinya di kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Bersama 70an danau lain, danau terbesar ke-6 di Indonesia ini ikut memberi limpahan air ke Sungai Mahakam. Danau ini masih memiliki pemandangan alami yang asli, belum banyak terjamah wisatawan. Terdapat pemukiman suku Dayak Benuaq yang turun temurun tinggal di sekitaran Danau.

3. Danau Matano

Luas: 164,1 km2
Kedalaman Maksimum: 590m
Jenis Danau: Tektonik
Provinsi: Sulawesi Selatan
Pulau: Sulawesi

Foto: backpackerjakarta.com

Selain menjadi danau terbesar kelima Indonesia, Danau Matano juga menjadi danau terdalam ke-8 di dunia.  Tak hanya itu, menurut Wikipedia, umur danau diperkirakan berkisar antara 1-4 juta tahun yang lalu. Berdasarkan analisa karakteristik endapan, Danau Matano merupakan danau tertua di antara empat danau lainnya yang membentuk sistem danau Malili (Towuti, Mahalona, Masapi, Lontoa).

4. Danau Sentarum

Luas: 275 km2
Kedalaman Maksimum: 8m
Jenis Danau: Floodplain
Provinsi: Kalimantan Barat
Pulau: Kalimantan

Foto: ksmtour.com

Danau terbesar keempat di Indonesia ini, merupakan kumpulan dari sekitar 70-an danau dan rawa yang adanya di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Terdiri dari cekungan-cekungan yang berisi air hujan, yang jika curah hujan tinggi maka cekungan-cekungan akan bergabung jadi satu, nah inilah Danau Sentarum.

5. Danau Poso

Luas: 323,2 km2
Kedalaman Maksimum: 450m
Jenis Danau: Tektonik
Provinsi: Sulawesi Tengah
Pulau: Sulawesi

Foto: www.indonesiakaya.com

Danau Poso merupakan danau terbesar dan terdalam ketiga di Indonesia. Letaknya di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.  Anda akan menemukan pasir putih layaknya di pantai. Inilah salah satu keunikan Danau Poso. Ia memiliki pasir putih yang menutupi sebagian besar tepi danau. Selain itu, tepian Danau Poso juga diselimuti dengan pasir kuning. Menarik bukan

6. Danu Towuti

Luas: 561,1 km2
Kedalaman Maksimum: 203m
Jenis Danau: Tektonik
Provinsi: Sulawesi Selatan
Pulau: Sulawesi

Foto: picture.triptrus.com

Terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki lima pulau menawan di tengah danau yang luas yaitu Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar. Danau ini termasuk danau purba yang berumur jutaan tahun.

7. Danau Toba

Luas: 1.130 km2
Kedalaman Maksimum: 529m
Jenis Danau: Vulkanik
Provinsi: Sumatera Utara
Pulau: Sumatera

Foto: services.sportourism.id

Nah, Traveler, Danau Toba memang danau terbesar di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, Danau di Provinsi Sumatera Utara ini juga menjadi danau terbesar di Asia Tenggara.  Di tengahnya terdapat pulau Samosir yang merupakan keunikan dari danau ini. Danau yang satu ini telah diakui sebagai sebuah keajaiban alam yang menakjubkan. Bahkan, banyak orang yang telah berkunjung ke sana berani mengatakan tak ada tempat yang lebih indah di Sumatera Utara selain Danau Toba ini. Keindahan pesona danau ini amat terkenal dan memukau wisatawan lokal maupun mancanegara.

LEAVE A REPLY