Tirta Gangga, Istana Air di Bali yang Akan Membuat Traveler Terkesima

0
105
Tirta Gangga di Karangasem, Bali. (Foto: sabrinabali/wikipedia)

Berkunjung ke Kabupaten Karangasem, Bali menjadi pengalaman tersendiri bagi Travel Today Indonesia. Apalagi ketika singgah di destinasi wisata yang jadi ikon Karangasem, yaitu Tirta Gangga.

Perjalanan kami dari Denpasar nyaris diiringi teriknya sinar matahari. Namun, begitu memasuki batas kabupaten justru mendung menggantung. Bahkan, ketika kami tiba di Tirta Gangga gerimis turun malu-malu.

Istana air

Salah satu kolam di Tirta Gangga dengan batu-batu titian. (Foto: Manuae/wikipedia)

Tirta Gangga adalah istana air. Menurut penduduk setempat yang sempat kami gali informasinya, tempat ini dimaknai sebagai air dari Sungai Gangga. Tentu saja, ada makna penghormatan kepada masyarakat Hindu Bali.

Begitu memasuki area, kolam-kolam berair jernih menjadi pemandangan yang menyamankan mata dan hati. Lalu, ketika melongok ke dalam kolam begitu banyak ikan berenang mondar-mandir seperti ingin mengucapkan selamat datang kepada pengunjung yang berjalan-jalan di atas kolam.

Istana air ini berupa labirin kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh taman yang rimbun serta patung-patung. Ada beberapa kolam di taman yang luasnya sekitar satu hektare itu.

Terbayang, betapa damainya Raja Karangasem Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem ketika beristirahat di istana ini. Ia mendirikan tempat peristirahatan ini pada 1948.

Melompati batu-batu

Ada pula kolam yang memungkinkan pengunjung melangkah di atasnya. Sejumlah batu tertata di sana untuk dilangkahi dan dipijak.

Serunya, jantung Anda akan dibuat berdegub sedikit lebih kencang ketika melangkah atau melompati batu-batu itu. Sebab, jika keseimbangan Anda kacau, maka bersiaplah basah karena tercemplung ke dalam kolam.

Travel Today Indonesia merekomendasikan tempat ini bagi traveler yang pelesir ke Bali. Sebab, Karangasem akan melengkapi wawasan wisata Anda di Pulau Dewata.

LEAVE A REPLY