Tips Agar Tidak Tersesat Mendaki Gunung saat Turun Kabut

0
170
foto: pixabay

BELAKANGAN sobat pendaki mungkin banyak mendengar kabar tentang pendaki yang tersesat bahkan kehilangan nyawa karena kondisi cuaca di gunung yang tidak bersahabat. Padahal musibah semacam itu bisa diantisipasi.

Memang pilihan terbaik untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan adalah tidak mendaki sama sekali. Namun, jika Anda dan teman-teman sudah memastikan diri untuk pergi ke gunung, lakukan persiapan fisik dan lengkapi keperluan mendaki sebelum pergi.

Jangan lupa melapor ke pengawas gunung agar mendapat informasi dan saran terbaik. Dan selama perjalanan, pastikan beberapa hal berikut dipahami oleh Anda dan teman mendaki lainnya, seperti disarankan oleh @WanitaGunung.

Kenali medan pendakian

giphy - Tips Agar Tidak Tersesat Mendaki Gunung saat Turun Kabut

Dari poin ini kita bisa memprediksikan manajemen waktu pendakian. Cari sebanyak mungkin informasi jalur dan rute, serta cuaca gunung yang hendak didaki, bisa dari internet atau teman yang sudah pernah mendaki gunung tersebut sebelumnya.

Tetap tenang

giphy - Tips Agar Tidak Tersesat Mendaki Gunung saat Turun Kabut

Jangan panik! Kepanikan akan membuat kita sulit berpikir dengan jernih dan mudah putus asa. Pada saat panik hal-hal yang sebenarnya sederhana dan mudah bisa menjadi terlihat susah. Dalam kondisi tersesat ada baiknya kita duduk sejenak bersama tim untuk mendiskusikan langkah selanjutnya.

sumber: okezone.com

LEAVE A REPLY