Tips Agar Siap Berwisata Olahraga

0
141
Wisata olah raga yang perlu dipersiapkan dengan baik. Lokasi arung jeram sungai Panglayang. (foto: sewatoyotahiace.com)

Wisata olahraga begitu marak di Indonesia. Upaya untuk hidup sehat juga telah menjadi kebutuhan masyarakat yang mendambakan kesehatan. Panorama yang indah nampaknya amat mendukung minat pencinta olahraga outdoor yang berjiwa traveler pada wisata olahraga. Dengan demikian, kesehatan yang didapatkan menjadi berlipat ganda.

Tentu dibutuhkan beberapa persiapan apabila Anda hendak memilih wisata olahraga sebagai penyemarak hidup Anda kali ini. Ada beberapa tips untuk membantu mengingatkan Anda yang sedang bersiap ikut program wisata olah raga.

Pelajari Daerahnya

Anda bisa mengumpulkan berbagai keterangan terkini seputar wisata olahraga lewat berbagai media. Web, buku wisata, bisa juga teman yang pernah ke sana. Pastikan Anda tahu akan menghadapi situasi dan kondisi seperti apa, sekaligus cara mengatasinya. Semua informasi itu akan menentukan keputusan Anda untuk ikut terlibat sebuah program wisata olahraga atau tidak.

Persiapkan Kondisi Tubuh

Berwisata dengan tubuh prima amatlah penting , dapat membangun semangat gembira bagi tubuh. Persiapkanlah kondisi Anda sebaik mungkin. Jaga daya tahan tubuh, bila perlu siapkan vitamin agar tubuh fit.

Jangan lupa pemanasan sebelum melakukan olah raga. Peregangan otot sebelum berolah raga pendting untuk menghindari cedera tubuh.

Bawa Keperluan Secukupnya

Sesuaikan barang bawaan yang terkait dengan wisata olahraga anda. Tak perlu berlebihan karena akan merepotkan Anda nantinya. Siapkan tas yang bisa Anda bawa ke mana-mana, dan tas yang Anda tinggal di suatu tempat seperti di hotel misalnya. Pisahkan barang bawaan yang mudah dibawa kemana-mana dan yang harus ditinggal.

Berjaga-Jaga Dengan Obat-Obatan

Tak ada salahnya membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga. Belum tentu paramedis di lokasi wisata olah raga akan cepat datang ketika Anda membutuhkan bantuan secepatnya. P3K pribadi yang bisa Anda siapkan sesuai dengan kebutuhan riwayat kesehatan Anda.

Siapkan Kondisi Psikologis

Jaga emosi Anda. Anda yang paling tahu karakter pribadi Anda. Kenyamanan dan kenikmatan Anda dalam wisata olah raga bergantung pada suasana hati Anda. Jadi upayakan untuk menjada kestabilan emosi dan mengaturnya sebaik mungkin. Berikan reward pada diri Anda apabila berhasil menyelesaikan satu tantangan.

Siapkan Dokumentasi Pribadi

Rekaman berupa foto, tulisan, video, bisa menambah semarak perjalanan wisata olahraga Anda. Siapkan peralatannya, penuhi baterai dan sebagainya.

LEAVE A REPLY