Ternyata, 7 Festival Indonesia Ini Amat Terkenal  di Luar Negeri Lho!

0
58
Foto: masbidin.net

Traveler, belajar dan bicara soal kekayaan Indonesia tak akan pernah selesai setahun penuh! Lewat satu Festival Indonesia saya juga belumlah cukup.  Ya, bagaimana tidak, selain keindahan alam, kekhasan adat istiadat, tradisi budaya, suku, semua amat beragam dan menakjubkan.

Belum lagi soal tarian, lagu daerah, rumah adat, pakaian adat,upacara adat, masakan tradisional, dan masih banyak lagi yang semuanya kadang dimunculkan dalam sebuah festival budaya yang mampu menyedot perhatian wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Bahkan, tak jarang festival budaya di Indonesia ini bertaraf internasional dan sungguh mambanggakan. Nah, Travel Today menghimpun 7 festival budaya di Indonesia, yang ternyata sudah mendunia lho gaungnya. Yuk tengok!

1. Festival Danau Toba, Sumatera Utara

Festival Danau Toba dengan wisatawan yang membludak. (Foto: Kementerian Pariwisata/Facebook)

Festival Danau Toba  merupakan event budaya, pariwisata dan olahraga. Awalnya adalah Pesta Danau Toba dan dimulai tahun ‘80an, lalu berubah menjadi Festival Danau Toba tahun 2011. Sejak berganti menjadi Festival Danau Toba lokasi pelaksanaan event dilakukan secara bergantian di Kabupaten sekawasan Danau Toba. Tahun 2018 ini, Festival Danau Toba akan diadakan sekitar tanggal 05 – 08 Desember 2018.

2. Jakarta International Java Jazz Festival, Jakarta

Java Jazz Festival 2018, Sabtu (3/3/18). (Foto: Kumparan.com)

Java Jazz menjadi acara yang ditunggu-tunggu penikmat jazz di seluruh dunia. Bagaimana tidak, musisi papan atas kelas dunia tak jarang dihadirkan di sini. Biasanya sih, diadakan di bulan Maret, dan sejak 2005 hingga kini, acara ini makin berkembang dan menyedot wisatawan mancanegara.

Peter F. Gontha menjadi orang di balik kemegahan festival jazz. Ia termotivasi dan terinspirasi dari visi bahwa orang-orang dari seluruh dunia dapat bekerja bersama dalam damai dan harmoni melalui media musik yang indah. Tanggal 1, 2, dan 3 Maret 2019 acara bertaraf internasional ini bakal digelar lagi.

3. Jember Fashion Carnaval

Salah satu kemeriahan festival di Jawa Timur, Jember Fashion Festival. (Foto: ANTARA FOTO/Seno/ama/15)

Jember, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini ternyata punya gelaran besar yang patut diacungi jempol. Jember Fashion Carnaval, menurut www.ticket2.com merupakan ajang tahunan yang diadakan oleh masyarakat Jember dan didukung oleh pemerintah setempat.

Acara yang digagas oleh Dynand Fariz yang juga selaku pendiri JFC Center ini telah mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan potensi pariwisata daerah lho. Sekitar 400 peserta karnaval akan berarak-arakan melewati jalan utama Kota Jember sepanjang 3,6 kilometer dengan ragam kesenian dan juga tata busana yang nyentrik.

Jember Fashion Carnaval 2018 rencananya digelar pada 7-12 Agustus, dengan mengusung tema Asia Light. Ayo datang Traveler!

4. Imlek dan Cap Go Meh, Singkawang

Suasana Imlek di Singkawang. Foto: www.infopublik.id

Walau perayaan Tahun Baru Cina di Indonesia diselenggarakan di banyak tempat, Singkawang, yang terletak sekitar 145 kilometer dari Pontianak, bisa jadi adalah tempat yang merayakannya dengan paling meriah.

Seperti dilansir Kaskus, salah satu atraksi yang paling ditunggu dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang adalah Tatung. Uniknya, pertunjukan Tatung ini tak cuma melibatkan warga keturunan Tionghoa, tetapi juga warga suku Dayak.

5. Semana Santa, Larantuka NTT

Peristiwa sakral di Larantuka. (Foto: picture.triptrus.com)

Setiap minggu sebelum Paskah, Kota Larantuka di Provinsi Nusa Tenggara Timur akan merayakan Pekan Suci dengan cara yang unik dan dikenal dengan nama Semana Santa.

Selama satu minggu, ribuan peziarah yang nggak hanya berasal dari pulau-pulau di sekitar Flores namun juga dari Jawa, Bali, bahkan mancanegara akan berkunjung ke Larantuka yang sebelumnya sepi.

Perayaan ini sangat unik karena tak semata berkaitan dengan agama, tetapi juga memadukan sejarah bangsa Portugis dengan tradisi lokal.

Tahun ini rangkaian doa dan prosesi berlangsung dari tanggal 30 Maret sampai 1 April 2018 yang baru lalu.

6. Festival Danau Sentani, Papua

Festival Danau Sentani yang unik dan kental tradisi budaya. (Foto: upload.wikimedia.org)

Festival ini diselenggarakan sejak 2007 dan telah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalender pariwisata utama. FDS ini banyak diikuti oleh turis Belanda maupun turis lokal. Festival Danau Sentani diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahunnya selama lima hari berturut. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Tiga agenda pokok FDS, selain karnaval nusantara di antaranya adalah pagelaran budaya, pameran barang seni papua, dan tour wisata. Tahun ini, Festival Danau Sentani akan diselenggarakan pada 19-23 Juni 2018, di Kawasan Wisata Pantai Kalkothe, Distrik Sentani Timur, Jayapura. Nonton ya!

7. Festival Tabuik, Padang Pariaman, Sumatera Barat

Festival Tabuik dan suasana magisnya. (Foto: www.indonesiakaya.com)

Festival Tabuik jadi tradisi tahunan di masyarakat Pariaman, telah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu; kira-kira sejak abad ke-19 masehi. Perhelatan Tabuik merupakan bagian dari peringatan hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Hussein bin Ali yang jatuh pada tanggal 10 Muharram.

Setiap tahunnya puncak acara tabuik selalu disaksikan puluhan ribu pengunjung yang datang dari berbagai pelosok Sumatera Barat. Festival ini mendapat perhatian tak hanya masyarakat lokal, namun juga turis asing. Festival Tabuik menjadi perhelatan besar yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

LEAVE A REPLY