Tape Ketan Cigugur, Oleh-oleh Tradisional Enak Khas Kuningan

0
872
Kemasan tape ketan Kuningan yang unik dengan ember hitam (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Tape Ketan Cigugur Kuningan Jawa Barat merupakan sajian oleh-oleh khas tradisional yang pantas masuk dalam daftar Anda. Tape ketan ini memang unik dan khas, karena dibungkus dengan daun buah jambu yang membuatnya wangi dan memiliki rasa yang enak menyegarkan.

Pusat pengrajin oleh-oleh tape ketan ini berada di Desa Wisata Cigugur. Letaknya persis berseberangan dengan obyek wisata terapi ikan dewa. Anda dapat menemukan beberapa rumah di lorong gang sempit desa ini yang memang telah lama membuat oleh-oleh tape ketan ini secara turun temurun.

Selain ember, juga ada kemasan yang plastik (Foto Purwono NA/traveltoday)

Maka, di Desa Wisata Cigugur ini, juga dikenal sebagai sentra pengrajin oleh-oleh tape ketan dan beberapa makanan khas lainnya. Travel Today Indonesia mencoba mampir dan mengulik sentra pembuat tape ketan khas Cigugur ini.

Rumah Ibu Murnah, Perintis Tape Ketan

Salah satu perintis pengrajin oleh-oleh khas tape ketan ini adalah rumah Ibu Murnah. Di rumah Ibu Murnah ini sudah beberapa generasi yang meneruskan untuk membuat tape ketan yang mempunyai aroma dan rasa khas ini. Biasanya tape ketan diolah dalam kuali besi yang digunakan untuk merendam sehingga terjadi fermentasi.

Biasanya setelah beberapa hari, ketan yang sudah diolah tersebut lalu dibungkus dengan daun jambu yang akan membuat aroma rasa yang menyegarkan. Ketan yang sudah terfermentasi menjadi tape tersebut, lalu dikemas dan dibungkus untuk siap disajikan.

Rumah Ibu Murnah,s alah satu pelopor pengrajin tape ketan khas Kuningan ini (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Menarik, Dikemas Dengan Ember Hitam

Sajian oleh-oleh Tape Ketan Cigugur ini memang unik, karena diletakkan dalam ember hitam yang biasanya dijual dengan harga paket kiloan. Kemasan dengan ember hitam tersebut memang digunakan untuk mempermudah orang membawanya, dan juga air yang biasanya merembes tidak membuatnya tumpah.

Kuali yang digunakan untuk mengolah tape (Purwono NA/Traveltoday)

Maka, jika Anda mampir di pesona Wisata Cigugur Kuningan Jawa Barat, terutama di kawasan Wisata terapi ikan dewa, jangan lupa sempatkan mampir di desa terdekat untuk mencicipi olahan tape ketannya yang enak dan khas itu. Anda pun juga dapat membeli oleh-oleh lain yang juga khas Kuningan lainnya seperti kue satu dan opak.

LEAVE A REPLY