Tangkuban Perahu, Eksotisme Wisata Gunung Api

0
348
Tangkuban Perahu, wisata gunung berapi nan eksotis. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Indonesia  dikenal sebagai salah satu negara dengan wisata gunung berapi yang begitu beragam. Wisata gunung berapi merupakan trend yang dikenal sudah cukup lama. Jika kita baca dalam Erfurt-Cooper, Introduction to Volcano and Geothermal Tourism, wisata kunjungan ke kawasan vulkanik yang sudah tidak aktif dan punah, dimana masih ada sisa-sisa aktivitas yang menarik sebagai warisan geologi merupakan sesuatu yang patut untuk menjadi lahan wisata.

Sebagai sebuah konsep, wisata gunung berapi dikenal juga sebagai wisata berbasis alam dengan menggunakan sumber daya geologi yang berkelanjutan. Kita sudah ketahui bahwa dewasa ini kawasan vulkanik sudah sering digunakan dan ditetapkan sebagai taman nasional, kawasan warisan dunia, dan geopark. Bahkan kawasan bentang alam geologi telah dikombinasikan dengan kegiatan rekreasi yang juga berkontribusi terhadap ekonomi lokal.

Pemandangan Tangkuban Perahu yang menawan. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Maka, jika Anda ke daerah Bandung Jawa Barat, sempatkanlah mampir di salah satu dari ratusan wisata vulkanik di Indonesia yang sudah sangat terkenal yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Dalam laman pesonawisataindonesia.com, ada banyak kawah yang menarik dan menjadi tujuan wisata di kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini. Kawah-kawah tersebut meliputi Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Jarian dan Pangguyangan Badak. Di antara kawah-kawah tersebut, Kawah Ratu merupakan kawah yang terbilang paling besar, baru dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan.

sempatkanlah mampir di salah satu dari ratusan wisata vulkanik di Indonesia yang sudah sangat terkenal yaitu Gunung Tangkuban Perahu. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Kawah Ratu sebagai kawah yang terbesar di kawasan Tangkuban Perahu memberikan sensasi pemandangan tersendiri. Ketika Anda memasuki kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ini, akan terlihat panorama kawah yang menghampar. Jika Anda berjalan kurang lebih 1 kilometer ke sebelah timur, akan tampak Kawah Domas dan beberapa kawah lainnya yang kadang mengepulkan asap belerang.

Tentu, wisata Gunung Tangkuban Perahu sebagai wisata geologi memberikan kekayaan wisata tersendiri. Panorama cekungan kawah yang menghampar luas dengan asap belerang dan padas yang kecoklatan memberikan pesona wisata gunung berapi yang menarik. Disamping sebagai kawasan wisata geologi, Gunung Tangkuban Perahu juga menampilkan pesona kawasan hutan lindungnya yang menawan.

LEAVE A REPLY