Takjil Enak dan Melegenda dengan Bongko Kopyor Gresik

0
558
Bungkusan Bongko Kopyor yang biasanya dibungkus daun pisang (Foto pinimg.com)

Bongko Kopyor dari Gresik, merupakan menu Takjil yang telah melegenda. Dalam masa Ramadhan ini ada banyak makanan khas yang bermunculan untuk mengiringi menu takjil sebelum berbuka puasa. Salah satu yang unik dan menarik serta telah melegenda adalah sajian Bongko Kopyor dari Gresik Jawa Timur ini. Konon, makanan kudapan ini sudah ada sejak abad 15 di masa Syekh Maulana.

Bongko Kopyor memang telah dikenal sebagai kudapan takjil khas Gresik, yang biasanya hanya dijual dan muncul di saat bulan Ramadhan. Dilansir dari kumparan.com, biasanya di saat bulan Ramadhan Bongko Kopyor banyak dicari orang, khususnya masyarakat Jawa Timuran. Kudapan ini memang pas untuk menu takjil, karena selain menghilangkan dahaga, namun juga manis dan mengembalikan kesegaran tubuh setelah seharian berpuasa.

Menu Favorit Takjil Ramadhan

Cita rasanya yang manis dan enak dibalut daun pisang ini, tentu membuat kudapan ini menjadi buruan orang-orang menjelang buka puasa. Biasanya, banyak masyarakat yang berjualan menjajakannya. Bongko Kopyor memang menyajikan adonan bubur nangka dan kelapa kopyor. Biasanya, tersaji dari potongan roti tawar, serutan kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara dan siraman santan. Cara memasaknya pun dengan dikukus.

Bongko Kopyor terkenal sebagai kudapan khas yang aslinya dikenal berasal dari daerah Manyar, Gresik. Maka, tak heran jika di daerah ini, setiap sore sebelum berbuka puasa akan banyak para pedagang yang menjajakannya. Namun tidak hanya di Gresik, di tempat lain pun sudah banyak dikenal makanan khas Gresik ini. Teksturnya yang begitu lembut dan biasanya ada campuran nangka dan kelapa dengan rasa manis dan gurih membuatnya menjadi favorit hidangan takjil.

Kelezatan Bongko Kopyor yang telah melegenda (foto faktualnews.co)

Namun, dewasa ini banyak sekali sajian Bongko Kopyor yang dibuat variasi dengan bahan sagu, kacang ijo, tepung beras dan santan, bahkan coklat. Jika Anda tertarik, kudapan ini tidak hanya ditemukan di Gresik, namun di beberapa tempat juga dapat ditemukan. Rasanya yang mengenyangkan dan mampu memulihkan energi yang hilang selama berpuasa, membuatnya menjadi sajian takjil favorit seperti halnya es pisang hijau.

LEAVE A REPLY