Tahu Gimbal Simpanglima, Kuliner Khas Semarangan

0
302
Gerobak Tahu Gimbal yang khas di seputar Semarang (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Tahu Gimbal sudah dikenal sebagai legenda kuliner khas Kota Semarang. Di berbagai sudut Kota Semarang, khususnya di daerah Jalan Menteri Supeno atau sekitar kawasan Taman KB Semarang, banyak berjajar para pedagang kuliner khas Tahu Gimbal ini. Namun, enak jika Anda nikmati Tahu Gimbal sambil duduk lesehan di trotoar depan Masjid Baiturrahman yang berada di sekitar kawasan Simpanglima Semarang.

Sajian Tahu Gimbal yang lezat dengan sambal kacang dan gimbal udang (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Menikmati Tahu Gimbal di seputar Simpanglima menjadi lebih meriah, apalagi sambil menikmati duduk santai menikmati sore Kota Semarang. Tahu Gimbal di seputar Simpanglima, khususnya yang berada di kawasan trotoar depan Masjid Baiturrahman terbilang ramai karena tempatnya enak, sambil lesehan. Apalagi, Tahu Gimbal yang disajikan begitu lengkap dengan taoge, lontong, kubis, telur, sambal kancang dan gimbal udangnya.

Tahu Gimbal memang dikenal kuliner khas, walaupun sajiannya mirip Ketoprak, tahu Blora, Lotek atau Pecel. Perbedaannya adalah pada gimbal udang yang disajikan begitu menggoda, disusun bersama lontong dan telurnya yang membuat Anda akan berselera.

Tahu Gimbal di trotoar depan Masjid Baiturrahman yang berada di sekitar kawasan Simpanglima Semarang.(Foto Purwono Nugroho Adhi)

Sajian Tahu Gimbal biasanya memberikan adonan petis di sambal kacangnya, sehingga sambal terasa gurih dan lezat. Biasanya juga, Anda akan disajikan gimbal udang yang besar dan mengundang selera, apalagi digoreng secara garing dan gurih. Harga Tahu Gimbal, jika yang spesial dan komplit, per porsinya mencapai Rp. 20.000.

Gerobak dengan pengorengannya yang khas Tahu Gimbal Semarangan (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Setiap Anda mendatangi para pedagang Tahu Gimbal, Anda akan bertemu dengan kekhasan gerobaknya yang lengkap dengan penggorengan, tumpukan gimbal udang, dan berbagai pernak-pernik unik lainnya. Gerobak Tahu Gimbal memang sudah menjadi ciri yang melegenda di sudut Kota Semarang. Anda akan menemuinya tidak hanya di Simpanglima, namun juga Taman KB, Jalan Pahlawan, dan beberapa sudut wisata Kota Semarang, termasuk Gedung Batu, Lawang Sewu dan Kota lama.

LEAVE A REPLY