Surga Tersembunyi Sumba, Pantai Nihiwatu yang Diakui Dunia

1
812
Keindahan Pantai Nihiwatu yang diakui dunia ini mendapat prestasi API II 2017 sebagai tempat wisata yang terpopuler kebersihannya. Masyarakat lokal juga turut menjaganya lho. (foto: Travelingyuk.com)

Pantai Nihiwatu, surga tersembunyi yang dikenal dunia ini berada di wilayah Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ya, dikenal terutama karena pernah memiliki prestasi sebagai peringkat ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia, juga satu-satunya pantai di indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Bahkan Pantai Nihiwatu dianggap lebih indah dari Pantai Hanalei Bay di Hawaii.

Untuk mencapai ke Pantai Nihiwatu, harus menempuh penerbangan dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai di Bali ke Bandara Tambolaka di Sumba Barat dan kemudian berkendara selama 90 menit.

Pantai Nihiwatu ini merupakan salah satu tujuan para surfer atau peselancar kelas dunia yang penasaran dengan keganasan ombak pantai tersebut. Bahkan para peselancar menjuluki pantai ini dengan sebutan God’s Left. Oleh karena itu, justru banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Pantai Nihiwatu dengan ombaknya yang tercepat di dunia dan diburu para surfer. (foto: saaski.com)

Ombak di Pantai Nihiwatu, menurut ksmtour.com,  merupakan salah satu yang tercepat di dunia dan ikan yang paling banyak disini adalah mackerel Spanyol, wahoo, dan trevally. Tidak diragukan kalau Nihiwatu merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik di Indonesia.

Untuk dapat menikmati keindahan dan kedahsyatan ombak di Pantai Nihiwatu tidak sembarang orang yang dapat melakukannya, termasuk orang Sumba sendiri. Pantai Nihiwatu memang merupakan salah satu pantai yang mempunyai sifat privasi bagi kalangan tertentu. Hal ini memang terdengar sedikit aneh, tetapi itulah kenyataan yang berlaku untuk Pantai Nihiwatu.

Pantai Nihiwatu dikelola oleh resort internasional bernama Resort Nihiwatu yang memenangkan penghargaan sebagai hotel terbaik ke-2 di Indonesia pada tahun 2012. Bahkan di tahun 2016, hotel di Pantai Nihiwatu mendapat peringkat pertama. Walaupun pemilik resort ini adalah seorang warga negara asing, namun karyawannya adalah penduduk lokal dan mereka menjaga dengan baik kebersihan pantai dan fasilitas yang ditawarkan.

Benar-benar surga tersembunyi. Pantai Nihiwatu dengan Resort Nihiwatu-nya yang mendapat prestasi tingkat dunia. (foto: assets-a1.kompasiana.com)

Sayangnya, tak banyak wisatawan domestik mengenal Pantai Nihiwatu yang justru terkenal di dunia ini. Wisatawan mancanegaralah yang malahan banyak berdatangan menikmati pantai elok ini. Meski di sisi lain, Pantai Nihiwatu ini sangat cocok bagi yang ingin menyepi, dan menikmati hawa pantai yang asli, karena selain jauh dari keramaian kota, tempat ini belum banyak di jamah oleh tangan-tangan industri.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY